Friday 16 September 2011

Setiap Cerita Memiliki Amanat

"ga ada cerita yang ga punya hikmah, amanat"

Kenapa?!?

Setiap orang membuat cerita, karena ingin menyampaikan sesuatu. Terkadang kita berpikir "apaan sih ini cerita, perasaan ga ada amanatnya." Kita salah berpikir seperti itu. Tidak semua amanat tertulis dalam cerita. Suatu cerita kadang membuat kita bingung untuk menentukan amanat. Ada tipe penulis yang langsung menulis amanatnya, tapi ada juga tipe penulis yang membuat pembacanya menyimpulkan sendiri hasil perjuangan dari masalah dengan adanya ending.
1. Berita merupakan suatu cerita yang memiliki amanat. Dengan adanya informasi kita dapat mengetahui apa yang harus kita lakukan dan tidak.
2. Eksposisi merupakan karangan berupa ajakan. Amanatnya,
kita tidak boleh melakukan hal hal yang telah dijelaskan dalam teks, maka dari itu teks mengajak kita melakukan sesuatu.
3. Narasi merupakan karangan yang ditulis secara berurutan. Amanatnya, perjuangan itu pasti ada akhirnya, dan semua masalah terjadi secara berurutan, tidak ada yang langsung terjadi begitu saja.
4. Novel atau cerpen merupakan karangan yang bersifat menghibur. Jika kita pahami dan telusuri setiap percakapan, setiap omongan yang diucapkan akan terbukti di akhir dan itu merupakan pelajaran bagi kita. Novel atau cerpen itu itu lebih dapat dipahami amanatnya, karena kita dibawa untuk terjun ke dalam cerita dan masalah.


~buat yang mau copas, pikir dulu! Ini 100% argumen saya. Jadi tidak ada teorinya~

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥