Saturday 11 August 2012

Kenangan

Hari ini, aku selesei baca truth or dare-nya ka yoana sama ka winna. Kesan yang aku dapet setelah baca itu adalah jangan sia-siain waktu, kalau kamu pengen ngungkapin sesuatu, ungkapkanlah sesuatu itu jangan ditunda-tunda.

Truth or dare, novella yang berbeda dari novella yang udah aku baca. Yaaa, dari sekian banyak duet novella yang gagas media terbitin, cuma 2 sih duet novella yang aku beli; beautiful mistake + truth or dare. Nah kalo dibandingkan beautiful mistake dan duet novella lain yang aku liat dari tweet orang, truth or dare ini beda. Ceritanya 1, tapi beda sudut pandang. Sedangkan yang lain, 2 cerita dan tentunya beda konflik dan ga ada kaitan sama sekali sama cerita sebelum atau sesudahnya. Di truth or dare ini nyeritain tentang 2 cewe dan 1 cowo, ya udah ketebaklah, pasti salah 1 cewe suka sama cowo itu, masalah siapa itu cewe yang beruntung, al atau cat itulah yang jadi tantangan para pembaca untuk memahami seluk beluk truth or dare.

Sudut pandang truth or dare yaitu alice (al) yang dibuat oleh ka wina dan catherine (cat) yang dibuat oleh ka yoana. Saat kita baca tentang alice dan disana terdapat kejadian, kita membaca kejadian ala alice dan ketika alice berselisih dengan cat, ada perasaan sebel sama cat, soalnya kita kan baca cerita ala al, tapi disaat itu juga aku mikir kita ga bisa nge judge cat kaya gitu juga, cat pasti punya alasan. Dan saat kamu baca cerita ala cat, bener cat punya alasan. Di truth or dare juga kita nemuin hal-hal yang sesuai sama kehidupan. Saat kamu baca cerita ala al, dan disana dijelasin gimana sikap cat menurut al dan kata al, cat baik-baik aja. Dari penggambaran cerita itu, aku juga nangkap cat baik-baik aja tapi pas baca cerita ala cat, cat ga baik-baik aja. Ini gambarin kehidupan kita banget. Saat kacamata kita bilang seseorang baik-baik aja dan itu yang membuat kita terlena sama keadaan, itu cuma pandangan kita aja, kata kacamata baik-baik aja ga menjamin keadaan seseorang itu baik-baik aja.

Yang aku suka dari truth or dare, cerita ini nyeritain tentang kenangan. Dan hatiku terenyuh waktu ngebaca kata-kata;
"kegilaan kami di junior high" > aku inget sama sahabat smp aku, apa yang aku lakuin.
"berlanjut ke kehidupan yang menyenangkan saat kami duduk di senior high" > apa kenangn manis
waktu aku di SMA sama sahabat smp-ku itu ya? Aku inget, dia yang ngubah segalanya.

Sampai akhirnya aku baca bagian cd yang diputar. Aku inget waktu al bilang pembuka video itu awalnya gelap terus ada suara cat, "Al, kau sudah mulai merekam belum, sih?" kemudian layar berubah warna menjadi biru, sebiru laut. Setelah video itu selesei dibuat, al bilang, "I wish Cat could see this. I wish she would remember." Dan di truth or dare, cat cerita tentang apa yang dikatain al sebagai penutup video
"Cat... Bagiku, persahabatan adalah satu-satunya hal yang tidak pernah mati di dunia. Saat semua berubah, hanya persahabatan yang tidak berubah. Cat, persahabatan kita tidak pernah berubah. Hanya perasaan dan emosi kita saja yang berubah, berjalan beriringan dengan persahabatan yang kita bentuk. Tapi jujur Cat, aku rindu saat kita masih tertawa dan bercanda bersama. Aku selalu ingat perkataanmu Cat, tidak perlu alasan untuk menjalin persahabatan dengan orang lain. Aku akan selalu inget itu. You are my best. Cat, truth or dare?"
Video berakhir
"Truth," gumam Cat. "Al, kali ini aku memilih truth."

JLEB...
Sedih, nyesek. Emang ga ada air mata yang keluar tapi nyeseknya. Hhh... Ngebuat ngejauh lagi dari i for you, terus mikir lagi, gimana nasib hujan punya cerita tentang kita.

"Al, kali ini aku menjawab truth."

Truth...
Jujur...
Ya... Truth .... Jujur.

Aku inget sama sahabat aku, aku inget apa yang udah dia lakuin ke aku dan aku belum pernah jujur ke dia mungkin kenangan yang kita buat ga seberapa, dan buat orang lain tugasmu yang kubantu dan bantuanku untukmu ga seberapa, tapi semua itu menorehkan arti buatku.
Thanks...
Thanks buat semuanya

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥