Monday 14 October 2013

#3

Hai guys, sharing lagi nih tentang rasanya jadi anak akuntasi tuh gimana :)

Hmmm, ya gini sih ya nasib orang bego. Dikasih waktu banyak, tetep aja ga cukup. Di kasih buku, masih aja ga ngerti. zzzzzz. Lama kelamaan streess saya tuh bisa tingkat tinggi. Oiya, mau tau gimana cara ngukur tingkat kesetrees-an? nanti deh ya kalau ADA WAKTU saya posting.

Libur, 4 hari kan ya. Tapi si tugas tetep aja numpuk. :'( Padahal tugasnya tuh ya, cuma dikit ko. Cuma Akuntasni keuangan, agama, sama Aplikasi Akuntansi. Agama yang disuruh nulis surat itu, ya udah selesei lah ya. Terus akuntansi keuangan suruh merangkum foto copy an yang jumlah halamannya ada 20 halaman dalam bentuk BAHASA INGGRIS ala AKUNTANSI. . Terus herannya ko temen-temen aku pada seneng gitu ya ngerangkumnya dalam bahasa Indonesia. Ngerti ga sih apa maksudnya? intinya ya kita tuh suruh translate itu foto copy-an. Ini aku yang bego apa mereka yang bego sih? Ko seneng gitu ngerangkumnya pake bahasa Indonesia, coba kalo bahasa inggris, ga perlu translate kan? Ya emang sih harus paham, tapi ya kita tuh ga perlu gitu ya pusing-pusing nyari istilah dalam bahasa Indonesia. Contohnya ya, trade discount. Hayooooh, bahasa Indonesianya apa??? pengertiannya sih tau gitu trade discount tuh apa, tapi ya nama kerennya dalam bahasa kita apa????? Jadi ya trade discount tuh diskon yang diberikan ke sesama toko yang jenis usahanya sama. Kaya penerbit ngasih trade discount toko buku. Begitu. Tapi, trade discount ala Indonesianya apa apa coba? Ya coba nge search kali ya di gugel. Good nya ga ada.... terus ya coba deh ke google translate. di translate tetep aja trade discount. Kalo di artikan satu-satu nggak banget kan? trade itu perdagangan, kalo discount ya diskon. Masa jadinya diskon perdagangan? Nggak banget. Terus juga cash discount. Ya tau apa itu cash discount, jadi ya diskon yang diberikan saat kita bayar tunai. Tapi bahasa Indonesianya? Gatau. Masa diskon tunai. Ga enak banget lah. Itu baru sebagian yang aku kasih contoh, masih banyak istilah-istilah akuntansi yang bingung di ke bahasa kita-in. Akhirnya, solusinya aku campur-campur aja deh tu tugas. istilah aku pake bahasa inggris, sisanya bahasa indonesia.

Akuntansi keuangan. Belajar apa sih? Ya, intinya sih menyamakan dan memperjelas teori sesuai dengan IFRS (International Financial R.......) ah lupa kan. Ya intinya itu standar akuntansi secara internasional aja ya. Hmmmm, saran aku sih ya, mending beli akuntansi keuangan dari pada kitab IFRS-nya. Gilaaaaa, itu kitab tebel abis dan isinya tuh kaya pasal-pasal gitu aja gimana. bedanya mereka menyebutnya baris bukan ayat. Terus, harunsnya kita tuh bersyukur lah di lahirkan pada zaman sekarang terus belajar IFRS nya, soalnya ya tiap tahun, ketebelan IFRS itu bertambah. Edan ga sih? Sejarahnya nih ya, asalnya IFRS tuh cuma dalam hitungan lembar, 10 lembar, terus naik naik dan akhirnya setebel kitab. Beneran deh kitab suci aja kalah sama IFRS. Nih gambarnya...... Itu teh dengan tulisan times new roman 11 apa 10 gitu. Huahahaah, silahkan baca dan harusnya DIHAPALIIIIIN. -.-" Mending sekalian mutasi deh ke fakultas kedokteran.


Jujur ya kalau milih mending hatam-in al quran da dari pada itu. Hmmm, pengetahuan dapet, surga pun dapet *amiiin*. Kalau dipikir-pikir ya, IFRS tuh sama kok sama SAK (Standar akuntansi) ya gitu gitu aja sih, tapi sebenarnya ada sih perbedaannya. makannya di akuntansi keuangan ini kita belajar perbedaanya. Ya secara garis besar sih IFRS dan SAK itu bedanya masalah cakupan. Kalo IFRS tuh udah internasional, itu berlaku buat perusahaan yang go internasional aja, tapi kalo perusahaan yang masih nasional pake aja SAK, nah tapi lagi nih, kalo buat perusahaan yang khusus, kaya UKM, koperasi, yayasan, itu pake SAK ETAP. Apa pula itu ya???? Iya jadi di SAK ETAP tuh ada aturan tentang akun-akun khusus yang jarang di perushaaan lain. contohnya nih kalo di yayasan mereka kan dapet dana sosial yang diakui sebagai pendapatan, terus koperasi punya SHU. Ya semacamlah.....

Libur tuh 4 hari. Tapi buat aku itu ga cukup buat aku ngejar ketertinggalan aku. Aku belum belajar T account yang ga ngerti-ngerti. Terus ya ada soal yang aku mah ga ngerti da penjelasannya ko bisa kaya gitu ya.... Besok deh ya aku posting soalnya kaya apa. Aaaaaa, aku belum belajar akuntansi biaya, akuntansi keuangan, ya allah banyak banget yang mau aku pelajarin. padahal niat aku udah baik hayoh, aku udah mau belajar, pengen bisa, tapi karena terlalu bego jadi buat mahamin 1 paragraf aja susah banget -.-". Ya allah, ya semoga aja sih dimudahkan, yakin Allah pasti ga akan salah ngasih balesan :)

Oiiya, terakhir nasibnya aplikasi akuntansi alias si myob gimana ya????? Hahaha, itu teh lucu tau ga sih? udah ada jawaban ngerjain soal, tinggal di praktek-in aja, tapi masih aja tetep salah. Hahaha, aplikasi macam apa coba. -.-" Ah, jujur saya lebih suka visual basic dari pada myob......

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥