2.1 Produk
Kami memiliki tujuh macam produk, dan dari keenam produk
tersebut kami memiliki empat macam produk, yaitu novel fiksi, novel non-fiksi,
novel terjemahaan, dan novel psikologi.
1. Novel Fiksi
Dari
sekian banyak novel, novel fiksi adalah novel yang sangat digemari oleh para
pembaca terutama para remaja. Walaupun didalam novel fiksi segala sesuatu yang
diungkapkan tidak dapat dibuktikan kebenarannya dalam kehidupan sehari-hari
atau bisa dibilang rekaan, tetapi kebenaran yang terjadi di dalam novel fiksi
adalah bukan kebenaran obyektif melainkan kebenaran logis yaitu kebenaran yang
masih ada dalam penalaran. Novel fiksi ini biasanya bercerita mengenai remaja
yang terlibat dalam seluruh aspek kehidupan penokohan fiksi yang mampu
mempengaruhi dan membentuk sifat dan sikap pembaca. Semua tokoh, setting dan pokok persoalan yang ada
dalam novel fiksi merupakan realitas imajinatif, bukan obyektif. Kebenaran
logis yang ada dalam novel fiksi pun mampu menyebabkan setiap fiksi selalu
multi interpretable yang artinya
setiap pembaca yang membaca novel fiksi akan mempunyai tafsiran.
Biasanya novel non-fiksi bercerita mengenai
fakta, realita atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan
sehari-hari. Cerita nonfiksi biasanya memiliki ide yang ditulis secara jelas
dan logis serta sistematis. Tidak semua novel berisi cerita yang benar-benar
terjadi, biasanya cerita berisi pengembangan berdasarkan imajinasi. Selain itu
dalam pemilihan kata dan gaya penulisan no-nfiksi harus menggunakan kata yang
baku sesuai dengan kamus umum Bahasa Indonesia.
3. Novel Terjemahan
Novel terjemahan ialah
novel yang berasal bukan dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri, lalu
oleh pihak dalam negeri akan dialih bahasakan atau diterjemahkan ke dalam
bahasa yang sesuai, yang dalam hal ini adalah bahasa Indonesia.
Buku psikologi ini biasanya
disukai oleh semua pembaca dari remaja hingga orang tua. Membaca buku psikolog
dapat membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri. Di dalam buku psikologi
berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan setelah itu jawabannya
disesuaikan dengan aturan yang ada dalam buku, setelah itu pembaca akan
mengetahui tentang diri mereka yang sebenarnya.
2.2 Kompetitor
Kompetitor
merupakan orang atau perusahaan yang memiliki usaha atau produk sejenis dengan
yang kita miliki, sehingga di lapangan, kita harus bersaing untuk memenangkan
kompetisi yang ujungnya pembeli akan membeli produk kita dan tidak membeli
produk kompetitor.
2.2.1 Jumlah
Produk Sejenis di Pasaran
Novel merupakan barang yang mudah di dapat apalagi di
kota besar seperti Bandung. Banyak toko buku ataupun toko online yang menjual
novel dengan berbagai penawaran menarik. Untuk mengukur seberapa besar peluang
kami untuk mendapat pelanggan, kami melihat beberapa pesaing yang berada di
kota Bandung.
Lokasi
: Jl. Sukajadi No. 137-138, Cipedes, Bandung ; Istana Plaza, Jalan Pasirkalki
Blok C No. 1 Bandung; Jl. Peta No. 241, Jl Merdeka No. 43
Deskripsi:
Toko buku yang berdiri sejak tahun 1970 dan memiliki koleksi novel, buku
psikologi terlengkap dan terbaru.
2.
Rumah Buku
Lokasi : Jalan W.R
Supratman No. 96 Bandung
Deskrpsi
: Toko buku yang menjual harga buku lebih rendah dari harga normal pada saat
tertentu dan toko ini memberikan sampul buku gratis.
3. Togamas
Lokasi
: Jalan W.R Supratman No. 45 Bandung
Deskripsi
: Toko buku yang berdiri semenjak tahun 1990 menjual harga buku lebih rendah
15% dari harga normal dan memberikan sampul gratis setiap pembelian buku di
atas Rp 50.000,-
Lokasi
: Jl. Banda 12-S Bandung
Deskripsi : Taman bacaan
yang telah berdiri semenjak tahun 2003 dengan koleksi buku lengkap dan
menyediakan program –
program menarik.
Lokasi
: Jl. Pager Gunung 3 Bandung
Deskripsi
: Taman bacaan yang berfungsi bukan saja taman bacaan. Zoe Corner menyediakan
fasilitas cafe, penyewaan film, penjualan buku, dan penyewaan buku.
2.2.2 Keunggulan dan
Kelemahan Pesaing
Setiap pesaing memiliki
kelemahan dan keunggulan masing-masing. Berikut ini merupakan kelemahan dan
keunggulan pesaing yang kami sajikan dalam tabel
No
|
Nama Pesaing
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
1
|
Gramedia
|
1. Memiliki
banyak cabang
2. Memiliki
koleksi buku lengkap terbaru
3. Menyediakan
pembelian secara online
|
1. Tidak
menyediakan sampul buku
2. Harga
mahal
|
2
|
Rumah Buku
|
1. Menyediakan
sampul buku gratis
2. Harga
lebih rendah 15% - 25% dari harga normal
3. Menyediakan
pembelian online
|
1. Sampul
gratis diberikan pada buku yang memiliki diskon 15%, diskon di atas 15%
dikenakan biaya Rp 1000,-
2. Buku
yang dijual tidak lengkap dan tidak terbaru
|
3
|
Togamas
|
1. Menyediakan
buku yang lengkap dan terbaru
2. Harga
lebih rendah 15% dari harga normal
3. Menyediakan
pembelian online
4. Menyediakan
sampul gratis
|
1. Sampul
gratis diberikan hanya untuk pembelian di atas Rp 50.000,-
|
5
|
Pitimos
|
1. Memiliki
koleksi buku lengkap
2. Menggunakan
teknologi canggih dalam peminjaman buku
3. Memberlakukan
sistem poin reward
4. Hari
minggu dan hari libur nasional, pengunjung dapat membaca gratis
|
1. Buku
yang dijual tidak lengkap
2. Koleksi
komik lebih banyak dari pada novel (60% : 40%)
3. Tidak
memiliki ruang privasi untuk membaca
|
6
|
Zoe Corner
|
1. Menyediakan
berbagai macam fasilitas
2. Buku
yang dijual lebih rendah 10% - 20% dibawah harga normal
3. Sering
menyelenggarakan event menarik
|
1. Buku
yang dijual tidak lengkap dan hanya menjual buku pop-ilmiah
2. Tidak
memiliki ruang privasi untuk membaca
|
Tabel: 2.1 Keunggulan dan Kelemahan Pesaing
2.2.3 Proyeksi
Penawaran (Per Produk)
Pada tabel di bawah ini
akan dipaparkan jumlah penawaran dari tiap produk yang ada. Jumlah penawaran
dari tahun ke thun tidak jauh berbeda, maka kami hanya memaparkan jumlah
penawaran produk kedai kami
Produk
|
Jumlah Penawaran/ Minggu
|
Jumlah Penawaran/ Bulan
|
Jumlah Penawaran/ Tahun
|
|||
Penjualan Novel Fiksi
bertanda-tangan
|
50
|
unit
|
200
|
unit
|
2.400
|
unit
|
Penjualan Novel Fiksi
|
20
|
unit
|
80
|
unit
|
960
|
unit
|
Penjualan Novel Fiksi
Terjemaahan Populer
|
2
|
unit
|
4
|
unit
|
48
|
unit
|
Penjualan Novel Non-Fiksi
bertanda-tangan
|
20
|
unit
|
80
|
unit
|
960
|
unit
|
Penjualan Novel Non-Fiksi
|
10
|
unit
|
40
|
unit
|
480
|
unit
|
Penjualan Buku Psikologi
|
10
|
unit
|
40
|
unit
|
480
|
unit
|
Penyewaan Novel Fiksi
|
500
|
unit
|
2000
|
unit
|
24.000
|
unit
|
Penyewaan Novel
Terjemaahan
|
70
|
unit
|
280
|
unit
|
336
|
unit
|
Penyewaan Novel Non-Fiksi
|
100
|
unit
|
400
|
unit
|
4.800
|
unit
|
Penyewaan Buku Psikologi
|
350
|
unit
|
1400
|
unit
|
16.800
|
unit
|
Denda Peminjaman Novel
Fiksi
|
100
|
unit
|
400
|
unit
|
4800
|
unit
|
Denda Peminjaman Novel
Non-Fiksi
|
25
|
unit
|
100
|
unit
|
1200
|
unit
|
Denda Peminjaman Novel
Terjemahan
|
20
|
unit
|
80
|
unit
|
960
|
unit
|
Denda Peminjaman Buku
Psikologi
|
50
|
unit
|
200
|
unit
|
2400
|
unit
|
Kue
|
50
|
pcs
|
200
|
pcs
|
2400
|
pcs
|
Minuman Kemasan
|
70
|
btl
|
280
|
btl
|
3360
|
btl
|
Air Mineral
|
20
|
btl
|
80
|
btl
|
960
|
btl
|
Tabel: 2.2 Proyeksi dan Penawaran (per produk)
2.3
Lokasi dan Layout
2.3.1 Lokasi
Pemasaran
Lokasi pemasaran kami terletak di Jalan Sarimanah 1
No.109 Sarijadi Bandung. Alasan kami memilih
lokasi tersebut dikarenakan lokasi tersebut adalah lokasi yang strategis ,
karena terletak sekitar universitas, SMA, dan terletak di berbagai jalan yang
selalu ramai dilalui banyak orang terutama anak muda.
Dengan adanya toko buku ini, kami berharap toko kami
dapat menyediakan fasilitas atau sarana bagi anak muda dan masyarakat untuk
menyalurkan hobi mereka dalam membaca, mengoleksi, dan memperluas pengetahuan
mereka akan novel-novel dan buku-buku psikologi terbaru yang kami sediakan.
Berikut ini merupakan lokasi toko kami;
2.3.2
Layout
Berikut ini merupakan layout
dari toko buku kami
2.4 Main Customer
Pelanggan utama kami adalah masyarakat sekitar Kota
Bandung terutama yang berada di sekitar Sarijadi. Karena lokasi kami terletak
di antara Universitas, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, dan
tempat, pelanggan utama kami adalah 90% pelajar atau mahasiswa dan 10% sisanya
adalah masyarakat umum.
2.5 Promosi
Promosi merupakan hal terpenting untuk meningkatkan
penjualan. Melalui promosi, kami dapat memperkenalkan toko kami dengan harapan
bahwa toko kami akan diterima dengan baik serta menjadi pilihan utama
pengunjung dalam mencari buku,
khusunya novel dan buku psikologi .
Kami menganggarkan biaya promosi untuk tahun pertama
dalam membuka toko kami,
yaitu Rp 1.200.00,-. Adapun bentuk promosi yang kami lakukan, yaitu:
WOM merupakan salah satu media terbaik dan efektif dan tidak membutuhkan
biaya. Media promosi ini adalah dengan cara memberikan infromasi secara
langsung kepada kerabat, teman, sahabat, dan relasi. Pihak-pihak yang tergabung
dalam perusahaan berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga konsumen
puas dan konsumen sendiri yang mempromosikannya. Adapun program yang kami lakukan untuk melakukan WOM,
yaitu, kami akan memberikan reward
pada setiap member yang mengajak
temannya untuk menjadi member kami.
Untuk meningkatkan aktivitas pemasaran, kami melakukan penyebaran brosur
di tempat-tempat umum,
khususnya di lingkungan Sarijadi dan kami menyebarkan brosur di sekolah,
kampus, dan warung makan yang ada di lingkungan Sarijadi
3. Media Online
Kami juga memasarkan produk melalui media online
seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan web karena dapat memberikan
manfaat yang optimal tanpa mengeluarkan modal yang banyak.
previous topic >> Business Plan - Bab I (Pendahuluan)
Next Posting saya akan mem-posting Bab III - Produksi dan Operasi
Download here for full business plan (design, picture, and many more) >> Business Plan
Credit : Shein Shein
Please take full kredit for taking out
No comments:
Post a Comment
Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥