Saturday, 9 April 2016

Business Plan - BAB II (Pasar dan Pemasaran)

Berdasarkan kasus yang di posting di postingan sebelumnya mengenai pembuatan business plan, maka inilah Bab II dari business plan yang terdiri atas produk, kompetitor, lokasi dan layout, main customer, dan promosi


2.1    Produk


Kami memiliki tujuh macam produk, dan dari keenam produk tersebut kami memiliki empat macam produk, yaitu novel fiksi, novel non-fiksi, novel terjemahaan, dan novel psikologi. 

1. Novel Fiksi

Dari sekian banyak novel, novel fiksi adalah novel yang sangat digemari oleh para pembaca terutama para remaja. Walaupun didalam novel fiksi segala sesuatu yang diungkapkan tidak dapat dibuktikan kebenarannya dalam kehidupan sehari-hari atau bisa dibilang rekaan, tetapi kebenaran yang terjadi di dalam novel fiksi adalah bukan kebenaran obyektif melainkan kebenaran logis yaitu kebenaran yang masih ada dalam penalaran. Novel fiksi ini biasanya bercerita mengenai remaja yang terlibat dalam seluruh aspek kehidupan penokohan fiksi yang mampu mempengaruhi dan membentuk sifat dan sikap pembaca. Semua tokoh, setting dan pokok persoalan yang ada dalam novel fiksi merupakan realitas imajinatif, bukan obyektif. Kebenaran logis yang ada dalam novel fiksi pun mampu menyebabkan setiap fiksi selalu multi interpretable yang artinya setiap pembaca yang membaca novel fiksi akan mempunyai tafsiran.

2. Novel Non-Fiksi
Biasanya novel non-fiksi bercerita mengenai fakta, realita atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Cerita nonfiksi biasanya memiliki ide yang ditulis secara jelas dan logis serta sistematis. Tidak semua novel berisi cerita yang benar-benar terjadi, biasanya cerita berisi pengembangan berdasarkan imajinasi. Selain itu dalam pemilihan kata dan gaya penulisan no-nfiksi harus menggunakan kata yang baku sesuai dengan kamus umum Bahasa Indonesia.

3. Novel Terjemahan
Novel terjemahan ialah novel yang berasal bukan dari dalam negeri, melainkan dari luar negeri, lalu oleh pihak dalam negeri akan dialih bahasakan atau diterjemahkan ke dalam bahasa yang sesuai, yang dalam hal ini adalah bahasa Indonesia.



4. Psikologi
Buku psikologi ini biasanya disukai oleh semua pembaca dari remaja hingga orang tua. Membaca buku psikolog dapat membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri. Di dalam buku psikologi berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan setelah itu jawabannya disesuaikan dengan aturan yang ada dalam buku, setelah itu pembaca akan mengetahui tentang diri mereka yang sebenarnya.




2.2    Kompetitor

Kompetitor merupakan orang atau perusahaan yang memiliki usaha atau produk sejenis dengan yang kita miliki, sehingga di lapangan, kita harus bersaing untuk memenangkan kompetisi yang ujungnya pembeli akan membeli produk kita dan tidak membeli produk kompetitor.

2.2.1    Jumlah Produk Sejenis di Pasaran

Novel merupakan barang yang mudah di dapat apalagi di kota besar seperti Bandung. Banyak toko buku ataupun toko online yang menjual novel dengan berbagai penawaran menarik. Untuk mengukur seberapa besar peluang kami untuk mendapat pelanggan, kami melihat beberapa pesaing yang berada di kota Bandung.

1.    Gramedia
Lokasi : Jl. Sukajadi No. 137-138, Cipedes, Bandung ; Istana Plaza, Jalan Pasirkalki Blok C No. 1 Bandung; Jl. Peta No. 241, Jl Merdeka No. 43
Deskripsi: Toko buku yang berdiri sejak tahun 1970 dan memiliki koleksi novel, buku psikologi terlengkap dan terbaru.



2.    Rumah Buku
Lokasi : Jalan W.R Supratman No. 96 Bandung
Deskrpsi : Toko buku yang menjual harga buku lebih rendah dari harga normal pada saat tertentu dan toko ini memberikan sampul buku gratis.


3.  Togamas
Lokasi : Jalan W.R Supratman No. 45 Bandung
Deskripsi : Toko buku yang berdiri semenjak tahun 1990 menjual harga buku lebih rendah 15% dari harga normal dan memberikan sampul gratis setiap pembelian buku di atas Rp 50.000,-



4.  Pitimoss
Lokasi : Jl. Banda 12-S Bandung
Deskripsi : Taman bacaan yang telah berdiri semenjak tahun 2003 dengan koleksi buku lengkap dan menyediakan program program menarik.





5.  Zoe Corner (Zone of Entertainment and Education)
Lokasi : Jl. Pager Gunung 3 Bandung
Deskripsi : Taman bacaan yang berfungsi bukan saja taman bacaan. Zoe Corner menyediakan fasilitas cafe, penyewaan film, penjualan buku, dan penyewaan buku.

2.2.2   Keunggulan dan Kelemahan Pesaing

Setiap pesaing memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing. Berikut ini merupakan kelemahan dan keunggulan pesaing yang kami sajikan dalam tabel
No
Nama Pesaing
Keunggulan
Kelemahan
1
Gramedia
1.     Memiliki banyak cabang
2.   Memiliki koleksi buku lengkap terbaru
3.   Menyediakan pembelian secara online
1.      Tidak menyediakan sampul buku
2.    Harga mahal
2
Rumah Buku
1.     Menyediakan sampul buku gratis
2.   Harga lebih rendah 15% - 25% dari harga normal
3.   Menyediakan pembelian online
1.      Sampul gratis diberikan pada buku yang memiliki diskon 15%, diskon di atas 15% dikenakan biaya Rp 1000,-
2.    Buku yang dijual tidak lengkap dan tidak terbaru
3
Togamas
1.     Menyediakan buku yang lengkap dan terbaru
2.   Harga lebih rendah 15% dari harga normal
3.   Menyediakan pembelian online
4.   Menyediakan sampul gratis
1.      Sampul gratis diberikan hanya untuk pembelian di atas Rp 50.000,-
5
Pitimos
1.     Memiliki koleksi buku lengkap
2.   Menggunakan teknologi canggih dalam peminjaman buku
3.   Memberlakukan sistem poin reward
4.   Hari minggu dan hari libur nasional, pengunjung dapat membaca gratis
1.      Buku yang dijual tidak lengkap
2.    Koleksi komik lebih banyak dari pada novel (60% : 40%)
3.    Tidak memiliki ruang privasi untuk membaca
6
Zoe Corner
1.     Menyediakan berbagai macam fasilitas
2.   Buku yang dijual lebih rendah 10% - 20% dibawah harga normal
3.   Sering menyelenggarakan event menarik
1.      Buku yang dijual tidak lengkap dan hanya menjual buku pop-ilmiah
2.    Tidak memiliki ruang privasi untuk membaca
Tabel: 2.1 Keunggulan dan Kelemahan Pesaing

2.2.3   Proyeksi Penawaran (Per Produk)

Pada tabel di bawah ini akan dipaparkan jumlah penawaran dari tiap produk yang ada. Jumlah penawaran dari tahun ke thun tidak jauh berbeda, maka kami hanya memaparkan jumlah penawaran produk kedai kami
Produk
Jumlah Penawaran/ Minggu
Jumlah Penawaran/ Bulan
Jumlah Penawaran/ Tahun
Penjualan Novel Fiksi bertanda-tangan
50
unit
200
unit
2.400
unit
Penjualan Novel Fiksi
20
unit
80
unit
960
unit
Penjualan Novel Fiksi Terjemaahan Populer
2
unit
4
unit
48
unit
Penjualan Novel Non-Fiksi bertanda-tangan
20
unit
80
unit
960
unit
Penjualan Novel Non-Fiksi
10
unit
40
unit
480
unit
Penjualan Buku Psikologi
10
unit
40
unit
480
unit
Penyewaan Novel Fiksi
500
unit
2000
unit
24.000
unit
Penyewaan Novel Terjemaahan
70
unit
280
unit
336
unit
Penyewaan Novel Non-Fiksi
100
unit
400
unit
4.800
unit
Penyewaan Buku Psikologi
350
unit
1400
unit
16.800
unit
Denda Peminjaman Novel Fiksi
100
unit
400
unit
4800
unit
Denda Peminjaman Novel Non-Fiksi
25
unit
100
unit
1200
unit
Denda Peminjaman Novel Terjemahan
20
unit
80
unit
960
unit
Denda Peminjaman Buku Psikologi
50
unit
200
unit
2400
unit
Kue
50
pcs
200
pcs
2400
pcs
Minuman Kemasan
70
btl
280
btl
3360
btl
Air Mineral
20
btl
80
btl
960
btl
Tabel: 2.2 Proyeksi dan Penawaran (per produk)

2.3      Lokasi dan Layout

2.3.1    Lokasi Pemasaran

Lokasi pemasaran kami terletak di Jalan Sarimanah 1 No.109 Sarijadi Bandung.  Alasan kami memilih lokasi tersebut dikarenakan lokasi tersebut adalah lokasi yang strategis , karena terletak sekitar universitas, SMA, dan terletak di berbagai jalan yang selalu ramai dilalui banyak orang terutama anak muda.
Dengan adanya toko buku ini, kami berharap toko kami dapat menyediakan fasilitas atau sarana bagi anak muda dan masyarakat untuk menyalurkan hobi mereka dalam membaca, mengoleksi, dan memperluas pengetahuan mereka akan novel-novel dan buku-buku psikologi terbaru yang  kami sediakan.
Berikut ini merupakan lokasi toko kami;

2.3.2      Layout

Berikut ini merupakan layout dari toko buku kami






2.4    Main Customer
Pelanggan utama kami adalah masyarakat sekitar Kota Bandung terutama yang berada di sekitar Sarijadi. Karena lokasi kami terletak di antara Universitas, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Pertama, dan tempat, pelanggan utama kami adalah 90% pelajar atau mahasiswa dan 10% sisanya adalah masyarakat umum.

2.5    Promosi

Promosi merupakan hal terpenting untuk meningkatkan penjualan. Melalui promosi, kami dapat memperkenalkan toko kami dengan harapan bahwa toko kami akan diterima dengan baik serta menjadi pilihan utama pengunjung dalam mencari buku, khusunya novel dan buku psikologi .
Kami menganggarkan biaya promosi untuk tahun pertama dalam membuka toko kami, yaitu Rp 1.200.00,-. Adapun bentuk promosi yang kami lakukan, yaitu:

1. WOM (World of Mouth)
WOM merupakan salah satu media terbaik dan efektif dan tidak membutuhkan biaya. Media promosi ini adalah dengan cara memberikan infromasi secara langsung kepada kerabat, teman, sahabat, dan relasi. Pihak-pihak yang tergabung dalam perusahaan berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga konsumen puas dan konsumen sendiri yang mempromosikannya. Adapun program yang kami lakukan untuk melakukan WOM, yaitu, kami akan memberikan reward pada setiap member yang mengajak temannya untuk menjadi member kami.

2. Penyebaran Brosur
Untuk meningkatkan aktivitas pemasaran, kami melakukan penyebaran brosur di tempat-tempat umum, khususnya di lingkungan Sarijadi dan kami menyebarkan brosur di sekolah, kampus, dan warung makan yang ada di lingkungan Sarijadi


3. Media Online

Kami juga memasarkan produk melalui media online seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan web karena dapat memberikan manfaat yang optimal tanpa mengeluarkan modal yang banyak.




Next Posting saya akan mem-posting Bab III - Produksi dan Operasi


Download here for full business plan (design, picture, and many more) >> Business Plan



Credit : Shein Shein
Please take full kredit for taking out

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥