Saturday 5 March 2011

Nanya apa "Nanya"

Hmm saya memang nekat orangnya, dan kalo kesal, lalala... Mantap sajalah wkwkwk... Saya bisa mengeluarkan kekesalan saya...
Well, waktu rabu, 3 Maret 2011, saya lagi kesel banget nih sama pelajaran biologi. Masa ada tugas buat poster dan pptx ttg rokok gitu, dan itu tuh tenggang waktu membuatnya cuma 2 hari. Terhitung dari Senin. Gila ga sih? Emang tugas tu cuma biologi aja? Ga kan.

Nah pas hari rabu tuh, temen aku belum buat poster. Ya, aku bisa maklumi, karena sebelumnya kan kita latian seni musik, dan pulangnya sore banget. Tinggalah aku bagian pptx. Dan aku belum nge burn cd. Eh tau ga sih? CD mestio dikumpulin hari rabu juga ditunggu pisan pas pulang sekolah. Arggh gebleg ga sih? aku benci bgt lah. Ga suka pisan. Yaudah deh aku kan bisa pulangnya langsung nge burn. Dan apakah sodara sodara tau? POSTER mesti dikumpulin besok dong!!! parah ga sih? AKu jadi makin benci aja sam biologi. Ihhh, emangnya pr tuh cuma biologi aja???? Ditambah pembuatan poster banyak syarat. Kalo mau di kertas gambar harus a3. Kalo di print boleh pake kertas foto, tapi ukuran a4 minimal.

Pas sesi tanya jawab, aku memberanikan diri buat nanya, yang emang sekalian buat nge jleb gitu deh. Nah, pas sesi tanya jawab dibuka, eh ibunya ga nunjuk saya lah. Kesel ga sih? Yow weis. Ada rumor nih kalo udah kelompok ini kelompoknya yunia yang maju. Aku bilang dulu ke yunia supaya nanti dia milih aku buat sesi tanya jawab dan aku bilang, kalo aku nanya bukan karena aku pengen ngajjatuhin kelompok dia, tapi buat nyepet ibunya. (cara licik *hh biarin yg penting kekesalan ku bebas*)

Tampilah kelompok yunia dan tibalah saat tanya jawab. Nah bagian yang menjawab dan menanggapi ternyata Reffabia



V : Saya eva, mau nanya. Kan semakin hari jumlah perokok itu banyak. Dan sepertiyang kita ketahui, udah mulai banyak poster poster tentang bahaya rokok gitu. Tapi menurut saya poster tersebut kurang efektif, soalnya semakin banyak poster tidak mempengaruhi berkurangnya jumlah perokok, yang ada makin meningkat. Lalu apa gunanya itu poster kalo ga membawa pengaruh apa-apa? Kan sayang buang-buang kertas. BUKANNYA KITA BELAJAR PLH YA JANGAN BUANG-BUANG KERTAS KAN SAYANG POHON *ngomongnya tuh sambil berkobar-kobar tea*. Jadi kalo kayak gitu, ngapain kita buat poster? Nah, menurut kelompok kalian, perlua ga sih penggunaan poster gitu?
R : Ya, sebenarnya kita juga ga bisa sih nyalahin kalo poster itu tidak berguna. Kalo di negara negara lain sih itu berpengaruh. Seperti di Singapore. Poster dibuat sangat menarik, dan ada gambar-gambar dampak-dampak bahaya rokok seperti apa, dan diperlihatkan kalo merokok, akan terjadi seperti apa.
E : Nah, itu kan di singapore, di INDONESIA sendiri bagaimana?]
R : Ya, Indonesia sendang merencanakan seperti yang di Singapore. Udah cukup puas?
E : Puas *sambil mengangguk, padahal ma ya, sebenarnya jujur aja, kau blm puas :(( tapi yaaa, karena intinya saya kurang suka buat poster, maka saya bilang puas sajja.)

Dan setelah pertanyaan itu saya merasakan lega sekali. Kayaknya bad mood saya, bisa terbayar dengan raut muka sang guru yang begitu masam. Dan sempat teman-teman saya melihat saya dan berkata "UPPS, NYEPET BANGET EVAAA". Dan saat teman-teman saya melihat saya dan berkata seperti itu saya hanya tersenyum pertanda biarin aja...

Tapi da emang bener coba wee kalian pikir, kata gurunya tar poster yang bagus bakal dipilih dan dipajang. Yang jadi pertanyaan adalah, kalo yang jelek digimanain?? Kalo jawabannya hanya disimpan ya mungkin saja disimpan. Tapi lama kelamaan juga dibuang da tar ma jadi numpuk ga jelas. Kalian bayangin aja ya, tiap kelas tuh ada yg 44 atau 46, nah suruh uat kelompok 4,5,6 orang, ya jadi bakal ada sekitar 8 kelompok lah ya sekelas. Gurunya ngajar 4 kelas. 8x4 = 32. Yang dipilih cuma 10, sisalah 22 poster. Then si kertas yang cantik itu mau dikemanain???
Coba aja kalian pikirin. Kalian mau usah kalian buat ampe malem, duit yang kalian pake nge print hanya berujung pada tong sampah? Apa kalian udah jadi manusia egois yang hanya mementingkan nilai? Pikirin deh...

2 comments:

  1. hem, gini deh va, aku mau coba menjadi orang bijak. Kalo kita ngerjain sesuatu tujuannya untuk kebaikkan, pastilah kerjaan kita itu memberikan manfaat kepada kita sendiri, untung-untung kalo orang lain kebagian. Begitu pula sebaliknya, kalo kita ngerjain sesuatu tujuannya aneh ato malah untuk kejahatan, ya Insya Allah, ujungnya juga keburukan bagi si pelaku. Nah dalam kasus ini sih aku nyoba positif thinking aja ke ibu biologi yang ngajar kelas kamu. Kita ngeliat si ibu-nya juga harus objektif jangan berdasarkan perasaan kamu ke si ibu, aku yakin si ibu ngasih tugas itu untuk kebaikan kita, lagian pelajaran biologi kan termasuk ke dalam mata pelajaran wajib kelas IPA, jadi kalo tugasnya banyak ya harus dikerjakan, karena itu emang udah jadi tanggung jawab kita sebagai anak IPA. Nah, masalah deadline, emang sih kesannya kaya si ibu nganggep kita tuh cuma belajar biologi, padahal masih banyak pelajaran lain selain biologi yg bikin kita lieur sampe pengen pingsan. Balik lagi ke tugas kita sebagai pelajar, ya belajar dan ngerjain tugas yg dikasih sekolah tanpa alasan (namanya juga WAJIB).
    Disini, aku bukan mau mojokin ato nyalahin kamu karena sikap guru biologi itu, tapi aku cuma pengen kamu melihat dari berbagai sisi, ga cuma dari sisi kamu (yang menurut aku subjektif). Kita harus liat dari sisi si ibunya juga, mungkin nilai harus segera masuk karena waktunya mepet, atau apalah, yang pasti kita harus selalu positif thinking (walaupun aku ga selalu positif thinking).
    terakhir, yang aku pengen dari kamu adalah, aku harap kamu ga terlalu frontal va, kamu tau kan di jaman edan ini, ngomong salah sedikit aja udah gawat apalagi banyak. well, ngomong tentang kebenaran itu bagus banget, ngingetin orang kalo dia itu salah, tapi resiko yang bakal kamu dapet juga sepadan.
    Inget ya va, aku ngomong kaya gini bukan mau mojokin kamu, tapi cuma ngingetin, kalo kamu ga ngerima, it's okay, tapi kalo nerima dan jadi sesuatu yang bermanfaat, alhamdulillah..

    ReplyDelete
  2. Dini, saya ga suka tuh dengan cara ngajarnya. Cara nya tuh kaya yang males. Belum lagi saya nggak suka dengan penilaian. Ga selamanya kan yang juara itu rank 100, dan ga usah diperiksa? Sakitlah digituin. Dibanggain, dipamerin cuma karea predikat.

    Nah, kalo yang masalah poster. Ibu juga tolong ngertiin orang yang ga punya printer di rumah. Ya, ngertiin kita juga dengan cara tenggang waktu yang cukup.

    ReplyDelete

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥