Thursday 16 August 2012

Lumia oh Lumia

Lumia emang bukan android, dan juga ga bisa BBM-an. Tapi buat aku lumia lebih dari segalanya. Lumia merupakan WINDOWS PHONE. Windows phone gitu ya, dan di dalemnya ada microsoft office-nya. Ngiler deh. Internetnya pake internet explorer super cepat.

Aku pake SE W595 yang slide, emang jadul sih, tapi buat aku itu segalanya. Bisa baca dokumen format word atau pdf tapi ya emang formatnya html sih, jadi ga bisa nampilin gambar, tapi seengganya jadi gambaran gitu ya, kalo emang itu penting, mau gamau buka kompi. Tau ga? Nokia asha aja kalah sama hp aku. Mereka masih 2G, nah aku? Jadul jadul begini juga udah pake 3G. Tapi sayang, kalo pake telkomsel jelek. Akhir-akhir ini, sering banget sim tidak terdeteksi pas kedeteksi sms kadang masuk kadang ga. Aku gatau ini hp-nya apa kartunya. Tapi kata orang SE emang jelek pake telkomsel, tapi kalo trouble-nya emang dari sim card ya aku juga terima soalnya emang udah tua, udah putih sim card-nya.

Hp aku udah aga bajret. Dan aku mau beli full pake uang aku. Tapi kalo emang hp udah mati bener, ya terpaksa minta nambah ortu. Nah waktu itu aku liat lumia yang paling murah lumia 610 harganya dibawah 2 juta tepatnya 1,75 juta. Udah seneng tuh ya. Paling pas hp ini udah mati harganya turun lagi. Pertanda hp ini udah mau mati kalo tombol navigasi udah ga jalan. Nah ini masih fine-fine aja. Tapi guys, aku liat lagi, kemarin harganya 2,25 dan lumia 710 2,75. Wah harus ekstra sabar nunggu uang terkumpul. Dan aku berubah haluan, kalo tu lumia kepala 2 mending belinya yang lumia 710 aja, soalnya fiturnya udah mendekati lumia 800, HSDPA-nya udah 14.4 Mbps, HSUP-nya 5.76 Mbps, sedangkan lumia 610 HSDPA-nya cuma 7.2 Mbps dan HSUPA-nya 5.76 Mbps. CPU-nya udah 1,4 GHz, sedangkan lumia 610 masih 800 MHz. Terus lumia 710 browsernya pake internet explorer 9 yang konon katanya udah cepet, sedangkan lumia 610 ga mendukung internet explorer 9. Lumia kan windows phone dam dilengkapi oleh microsoft office, walaupun begitu lumia 610 cuma bisa baca, ga bisa ngedit. Sedangkan lumia lainnya udah bisa ngedit dokumen. So, kalau diliat dari fitur, mending lumia 710 kan?

Kenapa aku ga milih lumia 800 soalnya harganya hampir kepala 4, tepatnya 3,8 juta, beda 1 juta sama lumia 710. Nah bedanya lumia 710 sama lumia 800 cuma dari segi kamera, baterai, sama memory. Lumia 710 kameranya masih 5MP sama kaya lumia 610, sedangkan Lumia 800 udah 8MP, tapi buatku ga terlalu dipermasalahkan, aku bukan tipe orang yang suka foto, jadi kamera ga dipermasalahkan, cukup dengan kamera diatas 2MP, aku juga udah puas. Lumia ini ga dilengkapi sama memory card, jadi cuma mengandalkan memory internal. Lumia 710 memory-nya cuma 8GB sama kaya lumia 610, sedangkan lumia 800 udah 16GB. Dari segi baterai sih lumia 800 menang, apalagi kalo dibandingin lumia 900. Oya 1 lagi, lumia pake micro sim card, jadi kita harus motong sim card di outlet operator yang kita pake.

Kenapa sih aku pengen banget lumia?
Lumia itu windows phone, bisa baca + edit dokumen (kecuali lumia 610 yang cuma bisa baca aja), jadi cocok kan buat anak SMA, kuliah, dan bisnis. Kamu ga perlu lagi bawa laptop waktu persentasi, tinggal colok hp mu ke proyektor, dan kalo ada yang kurang tinggal di edit. Simple kan? Terus nih aku orangnya suka nge blog, cocok banget kalo seandainya pos di hp. Kadang aku juga kalo nemu ide cerita suka taro di draft, tar kirim via email, edit di kompi, dan di pos atau sekedar disimpan. Sedangkan kalo pake lumia, aku bisa langsung buat ceritanya di word, terus kalo aku mau ngebuka file yang tadi tinggal buka aja terus edit, ya kaya kompi lagi aja gimana.

Aku baca banyak banget yang kecewa dengan lumia. Katanya harganya terlalu mahal, dan fiturnya masih lengkap android dan masih murah android. Tapi buat aku, microsoft office lebih dari segalanya, android ga ada kan officenya terus ga bisa aplikasi kompi masuk sana, hmm tapi balik lagi ke kebutuhan sih. Terus yang parah ada yang ngomen, "buat aku lumia biasa aja, soalnya aku ga bisa pakenya, mungkin terlalu canggih. Ada yang mau beli punyaku? Baru 1 bulan ko. Hub: xxxx" Aku cuma bisa geleng-geleng, beuh... Dasar masyarakat modern yang cuma mentingin gaya doang. Makannya apapun yang kita beli harus sesuai kebutuhan biar barang itu bernilai. Dan kita akan bisa kalau itu merupakan suatu kebutuhan kita, karena kebutuhan itu suatu paksaan untuk kita bisa.

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥