Bagaimanapun ilmu manajemen sangat diperlukan, karena tanpa manajemen, semua usaha untuk mencapai tujuan organisasi akan sia-sia. Untuk itu, setidaknya ada tiga alasan mengapa harus mempelajari manajemen. 1. Untuk mencapai tujuan 2. Untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang bertentangan. 3. Untuk mencapai effisiensi dan efektivitas Stoner (1996) juga mengatakan adanya tiga (3) alasan penting mengapa kita harus mempelajari manajemen, yaitu yang menyangkut masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Semua itu menunjukkan adanya pengaruh terhadap manusia yang bekerja sama dalam organisasi, dan di bawah bimbingan manajer akan lebih banyak hal yang dapat diraih. Keadaan-keadaan tersebut dapat disimpulkan bahwa, organisasi memberikan kontribusi pada standar kehidupan umat manusia masa kini di seluruh dunia, organisasi membangun masa depan yang lebih baik dan membantu individu-individu untuk melakukan hal yang sama, organissi membantu menghubungkan manusia dengan masa lalunya dan organisasi dapat dipandang sebagai pola hubungan manusia. Gibson (1997) juga mengatakan bahwa setidaknya ada dua (2) alasan pentingnya kita mempelajari manajemen, yaitu masyarakat kita tergantung pada spesialisasi berbagai lembaga dan organisasi untuk menyediakan barang-barang dan jasa-jasa yang diinginkan, individu yang tidak terlatih sebagai manajer sering menemukan dirinya dalam posisi manajerial. Robbin (1999) juga mengatakan bahwa ada dua (2) alasan pentingnya mempelajari manajemen, yaitu setiap orang mempunyai kepentingan yang mendalam untuk mampu memperbaiki cara-cara pengelolaan organisasi, sebagian besar, setelah lulus dari perguruan tinggi, kita memulai karier dengan mengelola atau juga dikelola.
B. Keuntungan-Keuntungan Mempelajari Ilmu Manajemen.
Manajemen merupakan suatu kekuatan yang mempunyai fungsi sebagai alat pemersatu, penggerak, dan pengkoordinir factor alam, tenaga dan modal
Manajemen merupakan suatu sistem kerja yang rasional dalam pencapaian tujuan organisasi, sehingga menghasilkan efektivitas dan efisiensi kerja serta produktivitas dan kepuasan.
Manajemen mempunyai prinsip-prinsip yang universal sehingga dapat dipergunakan dalam setiap usaha kerjasama dengan tidak melepaskan corak gaya, keyakinan serta tujuan hidup dari organisasi yang mempergunakannya.
Manajemen merupakan suatu kemampuan/ keahlian manusia untuk mengurus suatu kegiatan sehingga dapat mendeteksi, menyesuaikan serta menghadapi perubahan yang terjadi baik perubahan teknologi, persaingan maupun tuntutan perkembangan yang lebih luas.
Manajemen akan membawa organisasi kepada kedudukan yang lebih tinggi dan dihargai, karena merupakan salah satu dari factor produksi masih langka yang diperlukan dalam kehidupan organisasi.
Manajemen merupakan suatu profesi untuk dapat menangani dengan tepat kegiatan suatu usaha dengan adanya perusahaan antara kekayaan pribadi dengan milik perusahaan sehingga memerlukan pengaman kelangsungan hidupnya baik itu usaha swasta maupun usaha pemerintah.
Dengan demikian jelaslah bahwa manfaat dan daya guna manajemen menunjukkan kepentingannya bagi suatu kelompok manusia yang bekerja sama untuk mengejar tujuan yang diinginkan agar tercapai hasil yang efisien dan memuaskan. Jadi, manajemen ini sangat penting, karena di samping bersifat pengetahuan juga merupakan keahlian dari manajer atau pimpinan dalam memecahkan masalah-masalah organisasi melalui mekanisme sistem yang dipergunakannya. Pengantar Manajemen merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana menjalankan suatu usaha dan bentuk badan usaha yang mewadahinya. Topik-topik yang dibicarakan adalah pengertian bisnis dan jenisnya, pengertian perusahaan dan lingkungan perusahaan, bentuk-bentuk badan usaha, kewiraswastaan dan perusahaan kecil, dasar-dasar manajeman dan organisasi, manajemen pemasaran, manajemen produksi, MSDM, manajemen keuangan, akuntansi dan laporan keuangan, teknik analisa meramalkan kas perusahaan, dan tanggung jawab sosial suatu bisnis. Berikut ini merupakan topik mata kuliah pengantar manajemen yang dipelajasi D3-Akuntansi Polban:
Berikut merupakan soal-soal yang berhubungan dengan pengantar manajemen:
Soal Pengantar Manajemen
Soal Pengantar Manajemen
Quiz
Dilihat dari hirarkinya, manajer dalam suatu organisasi dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenjang, yaitu ....
Manajer lini pertama, manajer lini tengah, manajer lini akhir
Manajer penyelia, manajer lini pertama, manajer lini akhir
Manajer madya, manajer lini tengah, manajer lini akhir
Manajer penyelia, manajer madya, manajer puncak
Manajer dasar, manajer tengah, manajer puncak
Suatu pendekatan yang menekankan pada penelitian sebagai dasar untuk mengembangkan teori-teori tentang perilaku manusia dalam organisasi, yang kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan petunjuk-petunjuk praktis bagi manajer disebut
Behavioral science approach
Management approach
Management information approach
Management science approach
e. Science approach
Yang termasuk mega-environment adalah ....
Unsur lingkungan
Pemegang saham dan dewan direksi
Konsumen dan klien
Unsur psikolog
Unsur sosial-budaya
Istilah yang digunakan untuk menunjukan konsep dan tanggung jawab sosial dan organisasi yang diterpakan pada organisasi bisnis disebut ...
Organizational social responsibility
Corporate social responsibility
Organizational social responsiveness
Corporate social forecasting
Corporate social responsiveness
Salah satu cara perusahaan melakukan “go internasional” adalah ...
Impor
Menjual perusahaannya pada pihak asing
Usaha patungan
Menjual aset tetap
Mengganti nama perusahaan
Proses menggabungkan sumber daya untuk menghasilkan barang-barang atau jasa baru disebut ...
entrepreneurship
entrepreneurial
entepreneur
inovator
creator
Yang termasuk unsur pokok kebuadayaan yaitu
Action
Culture
Grow naturally
Artifacts
Personality
Total Quality Management adalah ...
Komitmen kultural organisasi untuk memuaskan konsumen melalui penggunaan sistem terpadu yang terdiri atas pelatan, teknik dan pelatihan
Pelengkap dari karakteristik dasar dari fungsi suatu barang atau jasa
Ukuran yang menunjukkan jumlah penggunaan yang bisa didapatkan oleh seseorang sebelum suatau barag mejadi rusak sedemikian rupa sehingga mengganti barang tersebut leih masuk akal dibandingkan memperbaikinya
Suatu pendekatan pengendalian mutu yang menekankan pada komitmen organisasi secara menyeluruh
Menunjuk pada ketepatan, keramah-tamahan, kemahiran, dan kemudahan perbaikan produk
Strategic Plans dibuat oleh ....
Manager madya
Karyawan
Manajer lini pertama
Pendiri
Auditor
Yang termasuk situasi yang biasanya mengingatkan para manajer tentang kemungkinan adanya masalah adalah sebagai berikut, kecuali ...
Penyimpangan dari pengalaman masa lalu
Penyimpangan dari suatu rencana
Orang atau pihak lain seringkali memnculkan masalah bagi manager
Keberhasilan program tahun lalu
Unjuk kerja pesaing
Proses integrasi kegiatan-kegiatan dari bagian-bagian yang terpisah dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif disebut ...
Diferensiansi dan integrasi
Koordinasi
Hirarki
Pembagian kerja
Departementalisasi
Otoritas yang digunakan oleh kelompok orang yang memberi advis dan layanan pendukung bagi para manajer lini disebut ...
Otoritas garis dan staf
Otoritas garis
Otoritas atasan
Otoritas manajer
Otoritas staf
Upaya untuk menjelaskan bahwa perubahan benar-benar diperlukan, sehingga individu, kelompok atau organisasi merasa yakin dan dapat menerima perubahan itu disebut ...
Changing
Moving
Unfreezing
Refreezing
Freezing
Sumber rekrutmen internal berasal dari ...
Perusahaan lain
Orang yang belum bekerja
Agen tenaga kerja
Magang
Job posting dan job bidding
Teori tentang struktur kepribadian, dengan id sebagai pusat dorongan-dorongan dan impuls bawah sadar, superego sebagai kesadaran, dan ego adalah sebagai kekuatan eksekutif atau mediator, yang menyeimbangkan tekanan id dan superego dengan kendala realitas adalah teori...
Teori psikologi
Teori psikoanalisis
Teori fiksasi
Teori analytical psychology
Teori interpersonal
Kemampuan seseorang untuk memengaruhi perilaku orang lain disebut...
Power
Kepemimpinan
Expert
Legitimate
Motivasi
Berikut ini merupakan tahapan pembentukan tim secara berurutan yaitu ...
No comments:
Post a Comment
Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥