Sunday, 8 November 2015

Business Plan - BAB I (Pendahuluan)

Berdasarkan kasus yang di posting di postingan sebelumnya mengenai pembuatan business plan, maka inilah Bab I dari business plan yang terdiri atas gagasan usaha, prospek pasar, manfaat usaha, analisi SWOT, dan profil perusahaan. 

1.1    Gagasan Usaha      

Seiring dengan pekembangan dunia sastra, minat membaca di semua kalangan, baik anak-anak atau dewasa menjadi meningkat. Tingginya minat membaca seringkali tidak sejalan dengan kemampuan membeli yang optimal. Mahalnya harga buku menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi minat membeli buku. Akhirnya, pilihan terakhir adalah membaca buku di toko buku atau meminjam buku dari perpustakaan atau taman bacaan.
Namun, fenomena yang sering kita lihat adalah pembaca lebih menyukai membaca di toko buku dibandingkan meminjam atau membaca di perpustakaan atau taman bacaan. Hal ini dikarenakan, toko buku menyedian buku terbaru dan bila pembaca menginginkan buku tersebut, pembaca tinggal membayarnya di kasir.
Para pembaca yang hanya sekedar membaca di toko buku merupakan masalah besar bagi toko buku karena hal tersebut merupakan kerugian bagi toko buku. Hal ini sama saja dengan toko buku kehilangan satu buku, karena buku yang dibaca pembaca menjadi barang cacat (buku tidak terbungkus plastik) dan tidak bisa dijual.
Oleh sebab itulah, kami memiliki ide untuk membuka toko buku sekaligus tempat penyewaan buku. Penyewaan buku kami jadikan sebagai media promosi kami. Sehingga, para calon pembeli buku tidak perlu bermain petak umpat dengan pihak keamanan untuk membuka pembungkus buku dan membaca isi buku tersebut.

1.2    Prospek Pasar

Prospek pasar merupakan salah satu aspek peting dalam membangun suatu bisnis. Untuk menentukan prospek pasar, kami telah melakukan survey untuk menentukan lokasi toko buku kami, yaitu di Jl. Sarimanah 1 No. 109 Sarijadi Bandung. Alasan kami memilih lokasi tersebut karena lokasi tersebut terletak di antara instansi pendidikan, seperti Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Pos Indonesia, SMA Negeri 15 Bandung, SMP Negeri 26 Bandung, SMP Pasundan, SD Negeri Sarijadi 7, SD Negeri Sukawarna, Ganesha Operation (GO). Selain itu juga lokasi tersebut terletak di dekat terminal Sarijadi, tempat kos, tempat makan dan minimarket yang selalu ramai dengan pengunjung.
Secara rinci, berikut ini adalah data prospek pasar kami:
No
Target Konsumen
Persentasi Target Konsumen
1
SMA Negeri 15 Bandung
30% Jumlah mahasiswa
2
Politeknik Pos Indonesia Bandung (Poltekpos)
15% Jumlah Mahasiswa
3
Ganesha Operations (GO)
15% Jumlah Siswa
4
 Politeknik Negeri Bandung (Polban)
10% Jumlah Siswa
5
SMP Negeri 26 Bandung
10% Jumlah Siswa
6
Tempat Makan dan Minimarket
8%  Jumlah pengunjung
7
SD Negeri Sarijadi 7
5%  Jumlah Siswa
8
SD Negeri Sukawarna
5% Jumlah Siswa
9
SMP Pasundan 12 Bandung
2% Jumlah Pengunjung
Tabel 1.1 Prospek Pasar


1.3    Manfaat Usaha

Ada dua manfaat usaha, yaitu manfaat ekonomi dan sosial. Berikut merupakan penjelasan dari masing-masing manfaat usaha.
1.        Manfaat Ekonomi
Usaha ini diharapakan dapat memberikan manfaat ekonomi sebagai berikut:
a.    Memberikan keuntungan dari hasil penjualan ataupun jasa peminjaman, baik bagi penulis, pemilik, maupun pegawainya.
b.    Memberi kemudahan bagi konsumen dalam membaca buku ataupun meminjam buku
c.    Membuka lapangan kerja bagi yang membutuhkan pekerjaan, sehingga pekerja atau pegawai mendapatkan penghasilan yang layak
2.       Manfaat Sosial
Usaha ini diharapkan dapat memberikan manfaat sosial sebaga berikut:
a.    Mengurangi tingkat pengangguran
b.    Menambah wawasan dan pengetahuan untuk konsumen
c.    Mengembangkan minat untuk membaca buku
d.    Menambah ruang lingkup pergaulan
e.    Memotivasi penulis dan pembaca untuk terus berkarya

1.4    Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah analisis peluang dan ancaman yang berada di sekitar lingkungan perusahaan, baik lingkungan internal maupun eksternal. Seiring dengan keadaan lingkungan yang selalu berubah karena perubahan teknologi dan zaman, kita harus mengetahui kekurangan dan kelebihan perusahaan kita. Analisis SWOT terdiri dari Strength (kekuatan), Weekness (kelemahan), Opportunity (kesempatan/peluang), Treat (ancaman).
1.        Strength (Kekuatan)
Kekuatan toko kami, yaitu:
a.    Toko kami memfasilitasi pecinta novel untuk bisa mendapatkan novel yang ingin dibaca dengan mudah
b.    Pelanggan dapat meminjam novel yang diinginkan lebih dari satu
c.    Menawarkan harga yang lebih murah bagi member toko kami
d.    Toko kami menjual buku beserta tanda tangan penulis, bahkan pada saat tertentu pembeli dapat meminta penulis menuliskan sesuatu pada bukunya. Selain itu pembeli dapat menyampul buku secara gratis.
e.    Toko kami bukan saja sebagai tempat membeli dan membaca novel, tetapi merupakan tempat nongkrong yang mengasyikkan
2.       Weekness (Kelemahan)
Kelemahan toko kami, yaitu:
a.    Hanya menjual dan meminjamkan berbagai macam genre novel dan buku bertema psikologi
b.    Tidak menerima pesan antar
c.    Ketergantungan terhadap penerbit buku

3.       Opportunity (Kesempatan/peluang)
Kesempatan atau peluang bagi toko buku kami, yaitu:
a.    Di daerah Sarijadi tidak ada toko buku ataupun tempat penyewaan buku
b.    Sarijadi merupakan lokasi yang strategis untuk melakukan wirausaha
c.    Banyak instansi pendidikan di daerah Sarijadi
4.       Treat (Ancaman)
Ancaman bagi toko buku kami, yaitu:
a.    Fasilitas membaca novel gratis secara online
b.    Fasilitas penjualan buku beserta tanda tangan penulis dan sourvenir buku tersebut secara online

1.5    Profil Perusahaan

Profil perusahaan terdiri atas visi misi, sasaran dan tujuan, pengelola perusahaan dan logo perusahaan. Berikut kami jelaskan secara rinci.

1.5.1     Visi dan Misi

Visi dari perusahaan kami adalah “Menjadikan Bouquinisteu sebagai toko dan tempat penyewaan buku yang digandrungi oleh remaja serta membangun budaya baca anak bangsa”.
Untuk mencapai misi tersebut, perusahaan kami memiliki misi sebagai berikut:
a.       Menyediakan buku yang ter-update
b.       Menyediakan tempat yang nyaman untuk berkumpul antau berdiskusi dengan tema remaja
c.       Menyediakan info menarik bagi para peminjam buku
d.       Menjadikan peminjaman buku sebagai bentuk promosi dari penjualan buku
e.       Memeberikan program membaca dan meminjam gratis pada hari tertentu

1.5.2    Sasaran dan Tujuan

Sasaran penjualan produk ini yaitu remaja (mahasiswa dan anak sekolah) yang berada di kawasan Sarijadi. Hal ini dikarenakan produk yang kami tawarkan sangat cocok dengan keadaan remaja masa kini.
Adapun tujuan perusahaan kami, yaitu:
a.       Menjadikan usaha ini profitable
b.       Meningkatkan keinginan membaca di kalangan remaja
c.       Memudahkan para remaja untuk mendapatkan buku, khususnya di daerah Sarijadi

1.5.3    Pengelola Perusahaan

Direktur
Nama             : Tia Triadi
TTL               : Bandung, 09 November 1994
Alamat            : Jalan Sarimanaxxxxxx
No. HP             : 089xxxxx
Email              : tiatriadi0xxxxx
Pekerjaan       : Mahasiswa
Instansi             : xxxxx
Jurusan          : D3 Akuntansi

Sekretaris
Nama             : Kristina Damayanti
TTL               : Bandung, 24 Februari 1994
Alamat            : Jalan xxxxx
No. HP             : 08997xxxx
Email              : kristinadamaxxxx
Pekerjaan       : Mahasiswa
Instansi           : xxxx
Jurusan          : D3 Akuntansi

Manager Pembelian
Nama             : Anggi Kusrini
TTL               : Bandung, 11 September 1994
Alamat            : Jalan Hegarmxxxx
No. HP               : 0838xxxx
Email              : anggikuxxx
Pekerjaan       : Mahasiswa
Instansi             : xxxx
Jurusan          : D3 Akuntansi

Manager Penjualan dan Pemasaran
Nama             : Shein
TTL               : Cimahi, 27 Februari 1994
Alamat            : Jalan xxx
No. HP             : 08xxxx
Email              : eroxxxx
Pekerjaan       : Mahasiswa
Instansi             : xxxx
Jurusan          : D3 Akuntansi

Manajer Keuangan
Nama             : Nurul Ayu Dewi
TTL               : Bandung, 22 Januari 1995
Alamat            : Jalan xxxxx
No. HP             : 0857xxx
Email              : nurulayxxxx
Pekerjaan       : Mahasiswa
Instansi           : xxxxx
Jurusan          : D3 Akuntansi

1.5.4    Logo Perusahaan


Berikut merupakan logo perusahaan kami.


Adapun makna dari logo perusahaan kami, yaitu :
1.        Buku melambangkan bahwa toko kami menjual buku dan menyewakan buku. Warna merah merupakan lambang bahwa keyakinan bahwa visi kami akan tercapai, sedangkan warna jingga melambangkan bahwa toko kami membawa kegembiraan bagi para pengunjung
2.       Kastil, jam, dan kapal layar melambangkan wawasan dan juga negeri dongeng. Di sini, kami mengajak para pengunjung untuk membuka wawasan mereka dan juga berimajinasi bebas seperti berada di negeri dongeng. Warna hijau pada kastil, warna biru pada jam melambangkan toko kami dapat menciptakan suasana santai dan tenang. Sedangkan kapal layar dan warna putih pada layarnya melambangkan kebebasan
3.       Pintu terbuka dan tangga melambangakan bahwa kami menjembatani pengunjung untuk membuka wawasannya dan berimajinasi seperti berada di negeri dongeng
4.       Bunga dan daun yang menjalar bahwa toko kami dapat membangun budaya baca anak bangsa
5.      Nama “Bouquinisteu” melambangkan nama toko kami yang berarti book lover.

Next posting saya akan memposting Bab II - Pasar dan Pemasaran 

Download here for full business plan (design, picture, and many more) >> Business Plan




Credit : Shein Shein
Please take full kredit for taking out

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥