1.1 Gagasan Usaha
Seiring
dengan pekembangan dunia sastra, minat membaca di semua kalangan, baik
anak-anak atau dewasa menjadi meningkat. Tingginya minat membaca seringkali
tidak sejalan dengan kemampuan membeli yang optimal. Mahalnya harga buku
menjadi salah satu faktor utama yang mempengaruhi minat membeli buku. Akhirnya,
pilihan terakhir adalah membaca buku di toko buku atau meminjam buku dari
perpustakaan atau taman bacaan.
Namun,
fenomena yang sering kita lihat adalah pembaca lebih menyukai membaca di toko
buku dibandingkan meminjam atau membaca di perpustakaan atau taman bacaan. Hal
ini dikarenakan, toko buku menyedian buku terbaru dan bila pembaca menginginkan
buku tersebut, pembaca tinggal membayarnya di kasir.
Para pembaca
yang hanya sekedar membaca di toko buku merupakan masalah besar bagi toko buku
karena hal tersebut merupakan kerugian bagi toko buku. Hal ini sama saja dengan
toko buku kehilangan satu buku, karena buku yang dibaca pembaca menjadi barang
cacat (buku tidak terbungkus plastik) dan tidak bisa dijual.
Oleh sebab
itulah, kami memiliki ide untuk membuka toko buku sekaligus tempat penyewaan
buku. Penyewaan buku kami jadikan sebagai media promosi kami. Sehingga, para
calon pembeli buku tidak perlu bermain petak umpat dengan pihak keamanan untuk
membuka pembungkus buku dan membaca isi buku tersebut.
1.2 Prospek Pasar
Prospek pasar
merupakan salah satu aspek peting dalam membangun suatu bisnis. Untuk
menentukan prospek pasar, kami telah melakukan survey untuk menentukan lokasi
toko buku kami, yaitu di Jl. Sarimanah 1 No. 109 Sarijadi Bandung. Alasan kami
memilih lokasi tersebut karena lokasi tersebut terletak di antara instansi
pendidikan, seperti Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Pos Indonesia, SMA
Negeri 15 Bandung, SMP Negeri 26 Bandung, SMP Pasundan, SD Negeri Sarijadi 7,
SD Negeri Sukawarna, Ganesha Operation (GO). Selain itu juga lokasi tersebut
terletak di dekat terminal Sarijadi, tempat kos, tempat makan dan minimarket
yang selalu ramai dengan pengunjung.
Secara rinci,
berikut ini adalah data prospek pasar kami:
No
|
Target Konsumen
|
Persentasi Target Konsumen
|
1
|
SMA Negeri 15 Bandung
|
30% Jumlah
mahasiswa
|
2
|
Politeknik
Pos Indonesia Bandung (Poltekpos)
|
15% Jumlah
Mahasiswa
|
3
|
Ganesha
Operations (GO)
|
15% Jumlah
Siswa
|
4
|
Politeknik Negeri Bandung (Polban)
|
10% Jumlah
Siswa
|
5
|
SMP Negeri 26
Bandung
|
10% Jumlah
Siswa
|
6
|
Tempat Makan
dan Minimarket
|
8% Jumlah pengunjung
|
7
|
SD Negeri
Sarijadi 7
|
5% Jumlah Siswa
|
8
|
SD Negeri
Sukawarna
|
5% Jumlah
Siswa
|
9
|
SMP Pasundan 12 Bandung
|
2% Jumlah
Pengunjung
|
Tabel 1.1 Prospek Pasar
1.3 Manfaat
Usaha
Ada
dua manfaat usaha, yaitu manfaat ekonomi dan sosial. Berikut merupakan
penjelasan dari masing-masing manfaat usaha.
1.
Manfaat
Ekonomi
Usaha ini diharapakan dapat memberikan manfaat ekonomi sebagai berikut:
a.
Memberikan
keuntungan dari hasil penjualan ataupun jasa peminjaman, baik bagi penulis,
pemilik, maupun pegawainya.
b.
Memberi
kemudahan bagi konsumen dalam
membaca buku ataupun meminjam buku
c.
Membuka
lapangan kerja bagi yang membutuhkan pekerjaan, sehingga pekerja atau pegawai mendapatkan
penghasilan yang layak
2.
Manfaat
Sosial
Usaha ini
diharapkan dapat memberikan manfaat sosial sebaga berikut:
a.
Mengurangi
tingkat pengangguran
b.
Menambah
wawasan dan pengetahuan untuk konsumen
c.
Mengembangkan
minat untuk membaca buku
d.
Menambah ruang
lingkup pergaulan
e.
Memotivasi penulis dan pembaca untuk terus berkarya
1.4 Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah analisis peluang dan ancaman yang
berada di sekitar lingkungan perusahaan, baik lingkungan internal maupun
eksternal. Seiring dengan keadaan lingkungan yang selalu berubah karena
perubahan teknologi dan zaman, kita harus mengetahui kekurangan dan kelebihan
perusahaan kita. Analisis SWOT terdiri dari Strength
(kekuatan), Weekness (kelemahan),
Opportunity (kesempatan/peluang), Treat (ancaman).
1.
Strength
(Kekuatan)
Kekuatan toko kami, yaitu:
a.
Toko kami memfasilitasi pecinta novel untuk bisa mendapatkan
novel yang ingin dibaca dengan mudah
b.
Pelanggan dapat meminjam novel yang diinginkan lebih dari
satu
c.
Menawarkan harga yang lebih murah bagi member toko kami
d.
Toko kami menjual buku beserta tanda tangan penulis, bahkan
pada saat tertentu pembeli dapat meminta penulis menuliskan sesuatu pada
bukunya. Selain itu pembeli dapat menyampul buku secara gratis.
e.
Toko kami bukan saja sebagai tempat membeli dan membaca
novel, tetapi merupakan tempat nongkrong
yang mengasyikkan
2.
Weekness
(Kelemahan)
Kelemahan toko
kami, yaitu:
a.
Hanya menjual dan meminjamkan berbagai macam genre novel dan
buku bertema psikologi
b.
Tidak menerima pesan antar
c.
Ketergantungan terhadap penerbit buku
3.
Opportunity
(Kesempatan/peluang)
Kesempatan atau peluang bagi toko buku
kami, yaitu:
a.
Di daerah Sarijadi tidak ada toko buku ataupun tempat
penyewaan buku
b.
Sarijadi merupakan lokasi yang strategis untuk melakukan
wirausaha
c.
Banyak instansi pendidikan di daerah Sarijadi
4.
Treat
(Ancaman)
Ancaman bagi
toko buku kami, yaitu:
a. Fasilitas
membaca novel gratis secara online
b. Fasilitas
penjualan buku beserta tanda tangan penulis dan sourvenir buku tersebut secara
online
1.5 Profil Perusahaan
Profil perusahaan terdiri atas visi
misi, sasaran dan tujuan, pengelola perusahaan dan logo perusahaan. Berikut
kami jelaskan secara rinci.
1.5.1 Visi
dan Misi
Visi dari
perusahaan kami adalah “Menjadikan
Bouquinisteu sebagai toko dan tempat penyewaan buku yang digandrungi oleh
remaja serta membangun budaya baca anak bangsa”.
Untuk
mencapai misi tersebut, perusahaan kami memiliki misi sebagai berikut:
a.
Menyediakan
buku yang ter-update
b.
Menyediakan
tempat yang nyaman untuk berkumpul antau berdiskusi dengan tema remaja
c.
Menyediakan
info menarik bagi para peminjam buku
d.
Menjadikan
peminjaman buku sebagai bentuk promosi dari penjualan buku
e.
Memeberikan
program membaca dan meminjam gratis pada hari tertentu
1.5.2 Sasaran
dan Tujuan
Sasaran
penjualan produk ini yaitu remaja (mahasiswa dan anak sekolah) yang berada di
kawasan Sarijadi. Hal ini dikarenakan produk yang kami tawarkan sangat cocok
dengan keadaan remaja masa kini.
Adapun tujuan
perusahaan kami, yaitu:
a.
Menjadikan
usaha ini profitable
b.
Meningkatkan
keinginan membaca di kalangan remaja
c.
Memudahkan
para remaja untuk mendapatkan buku, khususnya di daerah Sarijadi
1.5.3 Pengelola
Perusahaan
Direktur
Nama : Tia Triadi
TTL : Bandung, 09 November 1994
Alamat : Jalan Sarimanaxxxxxx
No. HP : 089xxxxx
Email : tiatriadi0xxxxx
Pekerjaan : Mahasiswa
Instansi : xxxxx
Jurusan : D3 Akuntansi
Sekretaris
Nama : Kristina Damayanti
TTL : Bandung, 24 Februari 1994
Alamat : Jalan xxxxx
No. HP : 08997xxxx
Email : kristinadamaxxxx
Pekerjaan : Mahasiswa
Instansi : xxxx
Jurusan : D3 Akuntansi
Manager Pembelian
Nama : Anggi Kusrini
TTL : Bandung, 11 September 1994
Alamat : Jalan Hegarmxxxx
No. HP : 0838xxxx
Email : anggikuxxx
Pekerjaan : Mahasiswa
Instansi : xxxx
Jurusan : D3 Akuntansi
Manager Penjualan dan
Pemasaran
Nama : Shein
TTL : Cimahi, 27 Februari 1994
Alamat : Jalan xxx
No. HP : 08xxxx
Email : eroxxxx
Pekerjaan : Mahasiswa
Instansi : xxxx
Jurusan : D3 Akuntansi
Manajer Keuangan
Nama : Nurul Ayu Dewi
TTL : Bandung, 22 Januari 1995
Alamat : Jalan xxxxx
No. HP : 0857xxx
Email : nurulayxxxx
Pekerjaan : Mahasiswa
Instansi : xxxxx
Jurusan : D3 Akuntansi
1.5.4 Logo
Perusahaan
Berikut merupakan logo perusahaan kami.
Adapun makna
dari logo perusahaan kami, yaitu :
1.
Buku
melambangkan bahwa toko kami menjual buku dan menyewakan buku. Warna merah
merupakan lambang bahwa keyakinan bahwa visi kami akan tercapai, sedangkan
warna jingga melambangkan bahwa toko kami membawa kegembiraan bagi para
pengunjung
2.
Kastil,
jam, dan kapal layar melambangkan wawasan dan juga negeri dongeng. Di sini,
kami mengajak para pengunjung untuk membuka wawasan mereka dan juga
berimajinasi bebas seperti berada di negeri dongeng. Warna hijau pada kastil,
warna biru pada jam melambangkan toko kami dapat menciptakan suasana santai dan
tenang. Sedangkan kapal layar dan warna putih pada layarnya melambangkan
kebebasan
3.
Pintu
terbuka dan tangga melambangakan bahwa kami menjembatani pengunjung untuk
membuka wawasannya dan berimajinasi seperti berada di negeri dongeng
4.
Bunga
dan daun yang menjalar bahwa toko kami dapat membangun budaya baca anak bangsa
5.
Nama
“Bouquinisteu” melambangkan nama toko kami yang berarti book lover.
Download here for full business plan (design, picture, and many more) >> Business Plan
Credit : Shein Shein
Please take full kredit for taking out
No comments:
Post a Comment
Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥