Wednesday 15 June 2011

Lomba

Hmmm...

Pernah denger ga sih, "semua itu harus dilaksanakan dengan ikhlas kalo ga ikhlas, biasanya ga akan bawa berkah"


Hari ini saya (mungkin ga saya aja), membeli tanaman buat kepentingan sekolah. Ya buat Lomba gitu deh. Ga logis ya, pelajaran apa, tapi bawanya apa. Mana tanamannya tuh harganya ga 10 rb an. Tapi lebih dari 20rb. Heuu... Habislah tu uang. Yang nyuruh sih enak, ga perlu susah-susah nyari uang toh mereka digaji. Nah kita? Kita kan masih SEKOLAH, masih mengharapkan uang dari orang tua. Keselnya pula ya, tanamannya tuh banyak maunya, harus yang gede, pake pot ini, harus yang ini, ga boleh yang itu, harus yang begitu ga boleh yang begitu. Udah sihh ya, kalo banyak syarat gitu bikin we sendiri, udah syukur gitu ya sama kita dikasih.


Kadang aku suka ngerasa, sekolah di zaman sekarang tuh lebih banyak menggunakan materi (uang) beda sama yang dulu. Dengan uang semua bisa senang. Nilai 60 pun bisa dibalik menjadi 90 asalkan ada uang.


Hmm...

Kalo orang lain nyuruh seseorang untuk membeli sesuatu, kemudian sesuatu yang dibeli itu banyak syaratnya, ditambah kondisi kita yang tidak memungkinkan, pasti kita bakal kesel, marah-marah, dan secara sadar ga sadar kita juga kepaksa nyari itu barang, dan setelah dikasihin jadi seolah-oleh mengharapkan pamrih atau tanggapan, kaya misalnya "Tuh saya tuh udah cape-cape nyari, dari ujung ke ujung mana mahal lagi"

Kalo memberi mengharapkan sesuatu itu bukannya ga ikhlas ya??

Dan sesuatu yang ga ikhlas itu ngebuat ga berkah?

Ini kan lomba ya, kalo yang dikasih buat lomba itu ga berkah, apa masihada tuh piala yang bertengger manis di jajaran lemari piala?

Hhh..

Aku tau, saat lomba itu kita butuh pengorbanan. Ya, pengorbanan. Tapi kita juga bisa memanfaatkan barang yang ada. Kenapa sih masih harus beli tanaman? Bukannya kita udah punya banyak tanaman? Ya, tanaman itu sekali pakai. Seperti Anthorium Holand yang disimpan di depan kelas dan depan kelas. Athorium itu memang seger, tapi begitu udah ga ada penilaian tanaman itu bakal layu, gara-gara ga pernah disiram. Lomba sih lomba tapi kita ga pernah ngajarin gimana sayang sama tanaman. Ngebiarin mereka layu. Pas penilaian banyak anggrek yang digantung, tapi begitu lepas penilaian, anggrek itu jarang disiram dan lama kelamaan tak bisa mempertahankan posisinya. 

Bisa ga sih kalo kita belajar fair dalam permainan? dalam sebuah lomba? Bisa ga sih keadaan tak mengajarkan kita bohong?

Cape.. da udah teranjur

Ya tingkatin kek!!

Semua begitu nikmat saat lomba. Sabun-sabun tersedia di setiap wastafle, "kelompok kesehatan di sekolah" mempromosikan bagaimana cara menangani orang yang sakit.

Ya, orang yang sakit tuh bakal dibawa ke ruang ESKUL bukan ke tempat yang tertera di media.

Hhhhh....

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥