Monday 5 November 2012

Diary Mahasiswa


Hari ini hari yang patut aku syukuri, sekaligus aku renungi buat ke depannya.
Saat mendengar semuanya, aku malu besar. Ini bukan masalah terkalahkan dan tidak, bukan masalah yang terbaik atau tidak, tapi bercermin pada diri sendiri sebelum mengajarkan orang lain.

Hari ini aku butuh HP buat ngabarin Tika. Aku butuh Mandaw dengan kata-kata bijaknya itu. Aku butuh mereka berdua. Hei Mandaw, aku tau kamu pasti dateng ke blog aku terus baca postingan aku, tapi masalahnya apa postingan ini meruapakan postingan yang beruntung yang bakal kamu kunjungi?

Hari ini aku dapet kabar mengenai nilai UTS.... Ya, nilai UJIAN . Tentang matematika, salah satu mata kuliah yang aku bisa dan aku jagokan dan terlebih aku anak IPA yang kata orang –orang tuh matematikanya lebih dari anak IPS. Yang ini bukan rasis, tapi udah suatu tantangan buat anak IPA kalo mereka belajar yang lebih sulit dari jurusan lain dan mereka harus membuktiannya. Ini bukan nilai yang  buruk, tapi bagiku ini adalah nilai yang buruk. Aku mendapatkan nilai matematika ....



Tujuh puluh lima....


Bukan nilai yang buruk kan? Aku masih mendapatkan nilai B. Tapi aku bukan yang terbaik di kelas.Sudah kukatakan ini bukan masalah yang terbaik. Tapi tahukah kamu hampir satu kelas nanyain matematikanya sama aku, dan sekarang aku yang sering kalian tanyain bukan jadi orang yang dapet nilai terbaik di kelas. Sekarang bercermin pada diri sendiri, tanya sama diri sendiri, pantes ga sih buat ngajarin orang-orang?

Aku benci sama diri aku yang satu ini, Aku inget banget waktu SMA, sahabat aku yang selalu minta aku buat ngajarin dia, alhasil aku ga dapet jalur undangan sedangkan mereka keterima. Tanya sama diri kalian, apa gini orang yang selalu ngajarin kalian?

Guys, stop. Aku ga mau ngajarin kalian bukan karena aku pelit, tapi aku ngerasa aku bukan orang yang tepat. Aku bukan gamau kalian bisa, tapi kayaknya masih ada orang yang lebih pantas. PLEASE!!! JANGAN MINTA AKU LAGI.

Dan buat kamu va. Tutup dirimu rapat-rapat, tiap matematika datengnya telat, jangan pagi *oh, man mat ada hari senin dan itu artinya aku harus dateng pagi*, jangan biarin orang tau kalo kamu udah ngerjain pr mat, jangan biarin orang tau kalo kamu udah ngerti mat versinya kamu sendiri. Kamu bukan apa-apa buat orang lain.
Ya, aku memang bukan apa-apa bagi orang lain tapi aku adalah apa-apa bagi sahabat-sahabat aku....

Aku tau guys dibalik kesedihan tadi, aku dapet berita baik, berita yang ga aku dapetin 3 bulan terakhir ini. Sesuatu yang aku tunggu-tunggu. Tau ga? Tiap kuis dibagiin, aku berharap aku bisa jadi bagian orang yang dapet kata “nice”. Mata kuliah yang harus aku taro di bagian atas sebelum mat.  Mata kuliah yang jadi inti dari selama 3 taun aku kuliah ini. Mata kuliah yang bakal aku pertanggung jawabin di tahun 2015 nanti. Ya, akuntansi..
.
Aku bener-bener ga nyangka waktu tau akuntansi dapet nilai A. A guys, dengan skor 80,3. OMG, itu hal yang ga bisa aku pikirin sampe sekarang. Aku inget banget waktu kuis pertama yang aku dapet nilai 96, GA MURNI. Gila itu semua kelas pada kerja sama, dan aku tau aku salah aku malah mau ikutan ke jalan yang salah itu. Tapi ya itu faktor dosen juga mendukung, dosennya itu ga ngejaga, kita kuis ga dijaga sama dosen, Cuma hati nuranin kita yang tau kita nyontek, dan kerjasama, dan pantaskah kita mendapat nilai segitu? Oke guys, kuis pertama FAILED.

Kuis yang kedua, inilah kenyataannya, dimana sang dosen ga percaya sama yang namanya nilai ga ada yang 80, rata-rata 90 ke atas. Akhirnya pas ulangan kedua, dijagainlah sama dosen. Yang biasa duduk berdua berdua jadi duduk sendiri-sendiri.ga ada nyintek-nyontekan guys, dan alhasil aku dapet nilai 74. Puas? Tentu aja puas, itu hasil kerja keras aku, walaupun aku masih bertanya kok bisa sih dapet nilai 74, padahal dalam hati aku yakin kalo kepala 8 udah ada di tangan-lah ya, tapi nyatanya, itu salah total guys. Aku harus puas sama nilai itu. Ngiri banget sama temen yang dapet nilai 90 ke atas apalagi 100.Mereka bisa kenapa aku ga, dan yang dapet 90 ke atas itu ga sedikit, banyak guys. Disitu udah bener-bener down.

Tugas, aku inget waktu saat aku ngumpulin tugas, waktu itu bilang tentang tugas aku, beliau ngomong, “Perbaiki lagi ya va, masih ada yang salah, belajar lagi.”

Aku inget itu guys, disaat pr orang-orang pada bener? Dengan segenap kemalasan aku, aku gamau benerin jawaban yang isinya bener-bener mahiwal (beda) dari orang.. Aku ngerasain gimana itu. Udah bener-bener pasrah, kapan aku ga dapet “sesuatu”  dari akun.

Dan hari ini semua berubah, apa yang kudengar bagaikan mimpi. Waktu dikasih tau fini, “yang akunnya dapet A itu cuma nuridha, aya, sama eva.” Guys, nama aku disebut. Aku yang tadinya udah males dengerin nilai akun, penasaran banget, bener ga sih??? Jelas-jelas profit aku tuh salah, profit aku 9800, dan yang lain 9980, ilang 180. Dan aku sadar, nilai profit yang bener itu memang 9980, itu soal sama banget sama yang udah dibahas sama ibunya, dan yang di ibu tuh jawannya 10980, beda 1000 tapi emang soalnya ada yang diubah. Dari situ udah pasrah dan down banget. Dan sekarang waktu dapet nilai A, udah mikir, jangan-jangan itu nilai punya Guntur, atau Erla, orang yang ngabsennya ngapit absen aku. Karena di kelas aku rata-rata dapet C, D, E akhirnya mereka pada pengen protes dan pengan tau nilainya berapa. Dan dari situ aku percaya aku bener dapet A. Tadinya udah sempet mikir macem-macem, apa ibunya memperhitungkan sama kertas yang aku buat yang digunain pas UTS, kertas itu digunain sama mata kuliah akun di seluruh jurusan yang ada mata kuliah akunnya,.

Setelah percaya, aku ngerasa aku ga pantes dapet nilai A. Ga pantes dalam hal urusan aku sama Tuhan. Waktu aku mikir aku emang selalu belajar, ya selalu belajar, tapi guys apa doa aku maksimal? Ga. Jujur aku gamau doa cuma ada butuhnya aja dan saat itu aku tau aku jarang banget muji Tuhan baik lewat dzikir ataupun baca quran. Itu yang buat aku ngerasa bersalah. Tuhan denger apa yang aku mau, walaupun aku ga minta terang-terangan aku pengen dapet nilai bagus.

Dan hari ini aku sadar, ini adalah hari yang penuh dengan renungan, dan semoga aku bisa merubah kejelakan apa yang ada di dalam diri aku. 

6 comments:

  1. *baru baca postingan* ooh, parah banget ya aku, aku malah nge-sms tentang genjer =))

    75? lumayan atuh~ emg yg laen brp?

    menurut aku, kasus matematik ituh, kamu niatnya jgn ngajarin, tapi sharing aja.. klo sharing kan kesannya kamu ama yang lainnya itu sejajar, jd klo seandainya nilai kamu ga tinggi2 amat, kamu (harusnya) ga akan terlalu ngerasa malu. klo ngajarin mah kesannya kmu itu diatas yg laen jd pas nilai kamunya ga bagus2 amat, kamu ngerasa malu...

    waah~ nilai A~ senangnyaaa~
    kan kalo kita berdoa itu ada 3 kemungkinan:
    1. langsung dikabulin
    2. dikabulin tapi ditunda
    3. diganti
    nah, kayaknya mah doa kamu yang dari dulu2 baru dikabulin sekarang~

    jangan takut kalo jawaban beda tapi yakin bener mah.. jangan dirubah.. (kalo yakin bener)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah pasti dateng ke blog ku begitu dapet sms dari aku da....

      Delete
    2. engga kok~ iseng ajah :p

      Delete
    3. masaaa????
      hahaha...
      kangen dibilang flava nih!!!! *walaupun tau flava tuh artinya genjer*

      Delete
  2. va, aku juga nilai uts mat nya 75 loh~ *highfive*

    ReplyDelete
    Replies
    1. idih, kok malah seneng sih?
      gila sal, kamu jam 8 udah nge blog aku aja masih bobo *kamu tau kan kebiasaan aku yang satu ini*

      Delete

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥