Wednesday 18 August 2010

aku belum siap kehilangan kamu

“Infus mameeennnn”
Aku terkejut ssat stat itu dipasang pasa akun yahoo temanku. Ada apa? Apa yang terjadi?
V : *****
Kamu kenapa?
Ko bisa di infus?
A : gapapa kok
V : jangan boong, udah jelas jelas stat kamu itu nunjukin kalo kamu di infus
Kamu kenapa?
A : gapapa.
V : kamu dirawat dimana?
A : apa?
V : Kamu di infuse, skrg di rmh sakit mana?
A : advent
V : wah, deket donk! Bisa nengok tuh! *berharap dia seneng kalo ada yg nengok, dan mau cerita ma Vazha, dia sakit apa*
-Ga ada jawaban-
V : kamu lagi apa?
A : lagi kemo
V : *Hah? Kemo, kemo apaan? Ga mungkin kalo dia kemoterapi*
Apaan?
Kemo?
Kemoterapi?
A : iya kemoterapi
V : *kemoterapi itu kan buat kanker. Apa dia kanker? Kanker paru-paru?*
Tuh kan, kamu ini knp sih?
A : iya sakit lah
V : iya sakit apa?
A : gapapa
V : ***** kamu jangan bohong sama aku, kamu ini sakit apa sih?
A : aku ga apa-apa

Dia tak menjawab aku lagi. Tapi aku melihat temannya ada yg online juga, akhirnya aku tanya saja
V : ----- aku mau Tanya donk!
D : Tanya apa?
V : Kamu tau ***** sakit?
D : iya
V : kamu tau ***** sakit apa?
D : setau aku dia punya kelenjar getah bening?
V : *ga mungkin, ***** ga mungkin punya kelenjar getah bening*
Maksud kamu kanker kelenjar getah bening?
D : iya

Aku ga percaya nggak mungkin ***** punya penyakit itu NGGAK MUNGKIN. NGGAK MUUNNNGGKKIIIIINNNN.

V : kamu tau apa penyebabnya?
D : Kalo itu aku gat au
V : oya udah makasih

Aku pun melanjutkan kembali chat dengan ----- dan aku melanjutkan juga chat dengan *****
V : kamu boog sma aku
Aku tau kamu sakit apa
A : aku ga apa-apa
V : Kamu itu boong. Kamu itu apa - apa
A : Emang aku bohong
Hahaha

Apa yang pantas untuk ditertawakan? TIDAK ADA. Dia itu kena kanker, Kanker kelenjar getah bening, dan setahu aku, penyakit itu cukup ganas. Aku harus mencari seberapa ganas kanker kelenjar getah benih, dan apa penyebabnya. Search engine k uterus berputar dan belum berhenti. Sampai akhirnya dia menemukan jawaban yang aku cari. http://wiemuth.multiply.com/journal/item/9 aku mengunjungi situs ini. Dan aku membaca.

DEFINISI
Limfoma Non-Hodgkin adalah sekelompok keganasan (kanker) yang berasal dari sistem kelenjar getah bening dan biasanya menyebar ke seluruh tubuh.

Beberapa dari limfoma ini berkembang sangat lambat (dalam beberapa tahun), sedangkan yang lainnya menyebar dengan cepat (dalam beberapa bulan).
Penyakit ini lebih sering terjadi dibandingkan dengan penyakit Hodgkin.
PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui, tetapi bukti-bukti menunjukkan adanya hubungan dengan virus yang masih belum dapat dikenali.
Sejenis limfoma non-Hodgkin yang berkembang dengan cepat berhubungan dengan infeksi karena HTLV-I (human T-cell lymphotropic virus type I), yaitu suatu retrovirus yang fungsinya menyerupai HIV penyebab AIDS.

Limfoma non-Hodgkin juga bisa merupakan komplikasi dari AIDS.
GEJALA
Gejala awal yang dapat dikenali adalah pembesaran kelenjar getah bening di suatu tempat (misalnya leher atau selangkangan) atau di seluruh tubuh.
Kelenjar membesar secara perlahan dan biasanya tidak menyebabkan nyeri.

Kadang pembesstsn kelenjar getah bening di tonsil (amandel) menyebabkan gangguan menelan.
Pembesaran kelenjar getah bening jauh di dalam dada atau perut bisa menekan berbagai organ dan menyebabkan:
- gangguan pernafasan
- berkurangnya nafsu makan
- sembelit berat
- nyeri perut
- pembengkakan tungkai.

Jika limfoma menyebar ke dalam darah bisa terjadi leukemia.
Limfoma dan leukemia memiliki banyak kemiripan.

Limfoma non-Hodgkin lebih mungkin menyebar ke sumsum tulang, saluran pencernaan dan kulit.

Pada anak-anak, gejala awalnya adalah masuknya sel-sel limfoma ke dalam sumsum tulang, darah, kulit, usus, otak dan tulang belakang; bukan pembesaran kelenjar getah bening.
Masulknya sel limfoma ini menyebabkan anmeia, ruam kulit dan gejala neurologis (misalnya kelemahan dan sensasi yang abnormal).
Biasanya yang membesar adalah kelenjar getah bening di dalam, yang menyebabkan:
- pengumpulan cairan di sekitar paru-paru sehingga timbul sesak nafas
- penekanan usus sehingga terjadi penurunan nafsu makan atau muntah
- penyumbatan kelenjar getah bening sehingga terjadi penumpukan cairan.
Pengumpulan cairan di sekitar paru-paru sehingga timbul sesak nafas. Apa dia bohong juga terhadapku yang dia mengaku dia di operasi paru-paru karena dia gila roko? Tapi kenapa harus bohong? Mengapa dia katakana yang ga sebenarnya. Jadi selama ini harusnya aku ga usah kuatir ttg Ferly yg gila rokok dan takut kejadian ***** terjadi pada ferly. Ku lanjutkan baca artikel tersebut.

PENGOBATAN
Beberapa penderit bisa mengalami kesembuhan total, sedangkan penderita lainnya harus menjalani pengobatan seumur hidupnya.
Kemungkinan penyembuhan atau angka harapan hidup yang panjang tergantung kepada jenis limfoma dan stadkum penyakit pada saat pengobatan dimulai.

Biasanya jenis yang berasal dari limfosit T tidak memberikan respon sebaik limfosit B.
Angka kesembuhan juga menurun pada:
- penderita yang berusia diatas 60 tahun
- limfoma yang sudah menyebar ke seluruh tubuh
- penderita yang memiliki tumor (pengumpulan sel-sel limfoma) yang besar
- penderita yang fungsinya dibatasi oleh kelemahan yang berat dan ketidakmampuan bergerak.

Penderita pada stadium awal (stadium I dan II) seringkali diobati dengan terapi penyinaran yang terbatas pada sisi limfoma dan daerah di sekitarnya.
Terapi penyinaran biasanya tidak menyembuhkan limfoma tingkat rendah, tetapi dapat memperpanjang harapan hidup penderita sampai 5-8 tahun.
Dia tidak melakukan terapi penyinaran, tapi dia melakukan kemoterapi, apa itu sama? Hmm lanjutkan baca dan cari, sejauh mana yang melakukan pencegahannya dilakukan dengan kemoterapi.

Sebagian besar penderita sudah mencapai stadium lanjut (stadium III dan IV) pada saat penyakitnya terdiagnosis.

Bukan juga. Lalu dia itu stadium berapa?

Terapi penyinaran pada limfoma tingkat menengah biasanya akan memperpanjang harapan hidup penderita sampai 2-5 tahun, sedangkan pada limfoma tingkat tinggi hanya 6 bulan sampai 1 tahun.
Jika dimulai sesegera mungkin, pemberian kemoterapi dengan atau tanpa terapi penyinaran pada limfoma tingkat menengah dan tingkat tinggi, bisa menyembuhkan lebih dari separuh penderitanya..

KEMOTERAPI, stadium menengah? Terapi penyinaran pada limfoma tingkat menengah biasanya akan memperpanjang harapan hidup penderita sampai 2-5 tahun, sedangkan pada limfoma tingkat tinggi hanya 6 bulan sampai 1 tahun. Jadi dia melakukan kemoterapi untuk memperpanjang umurnya yg hidup selam 2-5 tahun? ***** ini bohong kan? Kemarin kamu masih mau nemenin aku bwt ngerjain tugas sejarah. Kamu agak perhatian. Kamu ngajarin aku, aku nggak boleh gitu sama temen. Kamu peduli terhadap tugas aku dibandingkan tmen aku yang ga ada rasa pedulinya sama sekali. Bahkan, kamu seorang cowo, yang ku kira cowo itu malas, kamu menawarkan ku agar power point sejarah dikerjakan oleh kamu. Dan sekarang kamu mesti kemoterapi untuk menambah umur kamu 2-5 tahun. ***** ini bohong kan? Aku ga percaya. Ingin rasanya aku melihat hasil tes yang menunjukan kamu itu punya kelenjar getah bening.

Aku kembali ke percakapan., lalu aku memasang stat ku “Cepet sembuh, walaupun aku tau kamu sakit apa, tapi kamu jangan nganggep kepedulianku itu kareana aku kasian ama kamu, aku peduli sama kamu karena kamu temen aku”

V : knp bisa sampe dirawat gtu?
Alfi knp ga mau cerita sih?
gantian donk
selama ini aku suka cerita sma kamu, skrg kamu yg cerita sama aku
A : Gantian apa?
V : katanya kamu nganggep aku temen
A : Ya knapa?
V : kamu cerita sama aku, kamu knp?
A : Gapapa
V : kamu bohong kan waktu kamu bilang kenapa kamu di operasi paru-paru
kamu bkn di operasi paru-paru karena rokok
bukan kan?
A : Karena roko
V : bener?
oke, aku percaya sama kamu deh...
tapi, jawab
kenapa kamu bisa di rawat kayak sekarang?

Aku memasang statku “AKU NGGAK PERNAH KASIAN SAMA KAMU!!! AKU PEDULI SAMA KAMU!!! KAMU UDAH JADI TEMEN BAIK BUAT AKU. DAN DIASAAT KAMU SAKIT, AKU GA PEDULI SAMA KAMU? TEMEN MACAM APA AKU? AKU NGGAK MANDANG PERTEMANAN SERENDAH ITU”

A : Apa?
V : kenapa kamu bisa dirawat kayak sekarang?
kamu kecapean?
A : Ya sakit
V : sakit apa?
A : Iya
V : ya udah kalo kamu nggak mau ngomong
ternyata kamu emang belum percaya saama aku....
-,-
dari kapan kamu sakit kyak gini?
A : Aku gamau temen aku kasian ma aku
V : aku udah bilang
aku nggak kasian sama kamu
aku cuma PEDULI sma kamu
apa ittu sama kayak aku kasian sma kamu?
kamu waktu itu udah peduli sama aku
ttg yg aku ngerjain tgs power point
kamu udah nemenin aku buat ngerjain tgs ppt
udah bwt aku ga terlalu stress ma kerjaan aku

“aku nggak pernah kasian sama kamu. Aku cuma peduli sama kamu. Kamu itu teman yang baik buat aku. Terus, waktu kamu sakit, aku nggak peduli sama kamu? TMN MACAM APA AKU INI? Aku nggak mandang pertemanan serendah itu….”

A : Iya karena aku bukan orang lemah
V : dan skrg disaat kamu sakit, aku ga peduli sama kamu?
bknnya kamu bilang kalo aku tmn kamu?
dan saat kamu sakit, aku ga peduli sma kamu
tmn macam apa aku ini?

***** memasang stat “Gwe bukan orang lemah yang perlu dikasihanin”
Aku kaget melihat stat itu…. 
V: Maav
-,-
A : Ya aku tau kamu peduli aku tau aku hargain itu
V : maav kalo aku terlalu ngotot
-,-
maav aku terlalu ngotot
maav aku terlalu ngotot
tapi asal kamu tau
aku ga pernah kasian sama kamu


Kadang kamu itu nyebelin, namun ada saatnya juga kamu nyenengin
Kadang kamu ngebetein, namun ada saatya kmau ngajak aku ketawa
Kadang kamu belagu, namun ada saatnya kamu jadi guru aku
Kemarin kamu masih menertawakanku, karena kalo aku mandi lama, renang lama, dan lain-lain yg berhunbungan dengan air aku suka bentol gatel-gatel seolah aku alergi air.
Kemarin kamu bilang aku payah karena aku nggak suka basket gara-gara siku tangan kiriku pernah ngegeser.
Kemarin kamu bilang ‘kasian’ karena di lututku ada lendir.
Kemarin kamu ngajarin aku jangan mau pake HP slide karena keypad gampang rusak
Kemarin kamu ngerasa tersindir karena aku bilang ‘kalo aku sih nyadar diri kenapa aku nggak mau pake touchscreen, karena aku jorok’
Aku masih nunggu kamu buat kamu boncengin pake ninja hitam terus kamu bakal pepetin aku ke bus, truk, atau mobil besar lainnya karena aku takut sama itu semua.
Aku ga akan berusaha buat Tika ga jutek lagi sama kamu, karena aku udah bilang, aku nggak kasian sama kamu.
Apakah besok kamu masih suka tampil nyebelin di ruang chat ku?
Apakah besok kamu masih suka ngebetein di ruang chat ku?
Apakah besok kamu masih suka tampil belagu di ruang chat ku?
Apakah besok ada orang pake kacamata yang berdiri malu dihadapan aku?
Apakah besok ada orang bertubuh tinggi yang berbicara kaku denganku?
Apakah besok ada kejadian seperti tanggal 10 september 2009?
Apakah besok ada kejadian seperti tangal 20 Ramadhan 1429?
Apakah besok aku bisa liat tertawamu melihat kepayahanku?
Apakah besok ada yang jadi guru buat ngajarin aku ttg HP?
Apakah besok ada yang ngerasa tersindir?
Apakah besok ada yang bilang ‘kalo kamu butuh bantuan bilang aja sama aku, selama aku bias Bantu, aku bantuin kamu’
Apakah besok ada yang menceritakan apa gunanya teman?
Apakah besok kamu mau ngajak aku naik motor ninja hitam kamu terus mepetin aku ke bus,truk, dan mobil besar lainnya supaya nggak takut?

Kamu emang bukan pisces, aries, aquarius, livfa, ferly. Tapi kamu itu temen aku yang peduli sama aku. Kamu itu temen yang baik buat aku. AKU BELUM SIAP KEHILANGAN KAMU…….

1 comment:

  1. Aku postingin blog ini buat temen yang peduli sma aku, buat tmn yang baik sma aku. Aku cm pengen kamu tau. kamu emang orang kuat. Kamu ini kuat, ga lemah. AKU NGGAK MAU KEHILANGAN KAMU

    ReplyDelete

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥