Sunday 14 April 2013

Anorexia

Anorexia...

Pada tau apa itu anorexia? Iya, orang yang takut sama gendut, kebanyakan sih penderita anorexia itu cewek.

Dulu, waktu aku ga tau anorexia itu apa, aku suka mikir, ko ada sih orang yang takut gendut. Bahkan mereka sampe menyiksa diri mereka sendiri pake acara muntah-muntahanlah, makanin kapas pake air jeruk. Suka kesel, “Hei, bersyukurlah dengan tubuhmu sekarang ini. Gendut kurus sama aja.”. Apalagi ya, aku kesel banget sama orang, ada-lah aku pernah nemu, dia cewe dan seorang dokter, dan ternyata dia anorexia. OMG, dia itu dokter gitu ya, ngerti lah sama yang begituan, dalam artian kesehatan gitu, tapi kenapa dia anorexia. Bagi orang awam, oke-lah, mereka nggak pernah tau fungsi sebenarnya organ tubuh kita, tapi bagi dokter, masa iya sih dia pura-pura bego gatau fungsi organ itu apa. Kan, kesel gitu....

Tapi guys, akhir-akhir ini aku bisa merasakan perasaan penderita anorexia itu seperti apa. Aku bisa merasakan penderitaan orang gendut itu seperti apa. Ini semua tuh, bermula dari dokter yang aku temui di VK. Jadi, waktu itu aku di VK, ada dokter yang sepertinya pemula di VK, masih muda sih. Dia add aku terus nyapa aku. Ya, aku ladenin sih ya. Terus, tanya-tanya biasalah, nama, kuliah, jurusan. Berhubung dari mukanya ga kemukaan dokter, jadi aku mengadakan tes kecil-kecilan. Aku mau tanya tentang kemoterapi dan benar aja tuh dokter malah teori. Kalau teori sih aku juga udah tau kali, udah “pinter” sampe tu dokter bilang “KENAPA LO TANYA KALO LO UDAH TAU!!!” -.-“ , tapi yang aku tanyakan dan aku mau tuh, gimana sih proses kemoterapi dari awal dia masuk ke ruangan, dari si suster masukin jarum suntik ke pasien, terus sampe pasien tertidur dan bangun yang konon katanya, sesudah kemo itu si pasien tersiksa. Awalnya sih dia teori, cuma lambat laun dia memperkenalkan nama obat yang aneh, katanya sih buat kemoterapi. Terus, dia situ aku mulai percaya kalau dia dokter. Hahahah. Iya guys, aku ini salah satu orang yang susah percaya sama orang lain.

Berhubung dia masih dokter umum, dan ga begitu tau tentang kemoterapi, akhirnya aku tanya dia tentang anorexia. Aku tanya tentang kebenaran kalo tangan dingin dan suka gemetaran itu karena LAPAR KRONIS. Oh, man, sumpah itu malu-maluin ibu aja. Padahal ya, di rumah tuh selalu siap sedia makanan. ALWAYS, suka beli cemilan gitulah. Ternyata benar, terus dia berceloteh gitu kenapa bisa orang yang kelaparan tangannya dingin, orang tifus tangannya dingin juga. Terus dia juga nyeramahin tentang tubuh itu perlu karbohidrat asupan nutrisi dan kawan kawannya.

Terus, setelah dia nanya-nanya gimana pola menstruasi aku, berapa berat dan tinggi badan aku, gimana keadaan mata aku, dan apakah rambut aku mulai berjatuhan. Mmm, setelah cerita itu, kata dokternya setelah melihat kebiasaan aku, aku dinyatakan ANOREXIA.... Shock sih awalnya, kok bisa, padahal aku nggak takut sama gendut.

Entah karena sugesti atau apa, ANOREXIA itu menyerangku guys. Iya, aku mulai mengakui kalau aku anorexia semenjak aku bercermin di depan kaca. Jadi, waktu itu aku ngaca dan senyum gitu ke arah kacanya. Disitulah aku liat ada yang beda sama muka aku, kenapa muka aku lebih bulet ya? MMM, jangan-jangan aku gendut. Terus pas di kampus, aku tanya ke temen aku, “Aku gendutan ya?” Sialnya temen aku bilang kalau aku gendutan. OMG, dari situlah aku bener-benerin mikirin berat badan aku, aku ga mau aku gendut. Aku takut, suatu saat nanti kalau aku gendut, aku nggak bisa kurus lagi. Aku bener-bener takut guys. Kadang aku suka nahan-nahan kalau mau makan, tapi aku nyerah kalau perut aku udah sakit, aku juga masih sayang sama tubuh-tubuh aku. Aku makan, tapi dikit.

Sekarang aku bisa rasain apa yang dirasakan sama orang anorexia dan orang-orang gendut. Dan itu kesiksa banget, saat kamu mau makan, tapi mikir-mikir lagi, apa ini bakal nambah badan jadi bengkak? Hmmm, ya sekarang nyoba woles ajalah, mau gendut, kurus sama aja, yang  penting sehat, karena sehat itu mahal, sehat itu suatu anugerah terbesar, Syukurilah~~~

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥