Wednesday, 17 August 2016

Business Plan - Bab IV (Organisasi dan Manajemen)

Berdasarkan kasus yang di posting sebelumnya mengenai pembuatan business plan, maka inilah bab IV dari business plan yang terdiri atas bentuk usaha, jenis usaha, sturktur organisasi, daftar gaji, jenis-jenis perizinan, kegiatan pra-profesional.

4.1       Bentuk Usaha

Bouquinisteu merupakan usaha yang memiliki bentuk kepemilikan Firma (Fa). Firma adalah persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama. Pemilik Firma terdiri dari beberapa orang yang bersekutu dan masing-masing anggota persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi sesuai yang tercantum dalam akta pendirian perusahaan.
Bouqunisteu berbentuk Firma karena mempunya beberapa alasan, antara lain:
1.    Usaha dijalankan berdasarkan nama bersama
2.    Semua anggota Firma mempunyai kewenangan dalam menjalankan usaha berdasarkan posisinya karena semua anggota Firma adalah anggota aktif
3.    Modal berasal dari seluruh anggota
4.    Adanya tanggung jawab tidak terbatas termasuk atas resiko kerugian. Hal tersebut menjadi acuan semangat setiap anggota Firma untuk bekerja lebih keras dan berhati-hati dalam menjalankan usaha
5.    Biaya pendaftaran Firma lebih murah dibandingkan dengan bentuk badan usaha lainnya, sehingga menekan biaya oendirian usaha
6.    Proses pendiriannya lebih cepat dan lebih mudah

4.2       Jenis Usaha

Nama Usaha                            : Bouquinisteu
Bentuk Usaha                          : Firma
Jenis Usaha                             : Jual dan sewa buku
Tahun Berdiri                          : 2014
Nama Pemilik/Pengelola         : Tia T
                                                  Kristina D
                                                  Anggi K
                                                Shein N
              Nurul A
Alamat                                    : Jl. Sarimanah 1 No. 109 Sarijadi Bandung
E-mail                                      : info@bouquinisteu.com
Facebook/Twitter                    : Bouqunisteu / @bouqunisteu
Jumlah tenaga Kerja               : 4



4.3       Struktur Organisasi

4.4       Uraian Jabatan

Berikut analisis dari struktur organisasi perusahaan kami.
1.    Direktur Utama adalah seorang pemimpin dalam suatu perusahaan yang mengatur manajemen dan bertanggung jawab atas kinerja perusahaan yang dipimpinnya.
Uraian Jabatan
Fungsi : Sebagai pengambil keputusan, penyususn rencana, dan penyusunan organisasi pengarahan
Tugas :
a.    Memimpin perusahaan;
b.    Mengambil keputusan;
c.    Membina bawahan agar bekerja efektif dan efisien;
d.    Mengatur jalannya usaha;
e.    Membuat tugas dan wewenang.
Wewenang :
a.    Membuat rencana kerja produksi sekarang dan dimasa yang akan datang;
b.    Menentukan target perusahaan;
c.    Menjadi seorang penggerak yang baik;
d.    Merubah keputusan/kebijakan yang ada;
e.    Mengevaluasi kinerja.
Tanggung Jawab :
a.    Mengelola perusahaan secara menyeluruh;
b.    Menetapkan kebijakan-kebijakan operasional perusahaan;
c.    Menjadi wakil dalam membina hubungan dengan pihak luar perusahaan


2.    Sekretaris
Fungsi : sebagai pengambil keputusan dalam hal dan pembantu direktur.
Tugas  :
a.    Memberikan masukan-masukan kepada direktur yang berkaitan dengan operasionalisasi dan pengembangan usaha perusahaan;
b.    Mengoordinasikan pengurusan izin-izin usaha perusahaan;
c.    Menyelenggarakan database dan penyimpanan dokumen asli perusahaan;
d.    Melaksanakan kegiatan kesekretariatan perusahaan;
e.    Menyiapkan laporan kegiatan perusahaan secara benar dan tepat waktu;
f.     Menangani proses surat menyurat perusahaan;
g.    Melengkapi stempel, absesnsi, biodata, spanduk dan ATK perusahaan;
h.    Merekap dan mengarsipkan berkas perusahaan;
i.      Membuat Jadwal Perencanaan Kegiatan Usaha.
Wewenang :
a.    Mewakili Direktur Utama
b.    Merekomendasikan konsep perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Direktur.
Tanggung Jawab :
a.    Terselesaikannya pengurusan izin-izin usaha perusahaan tepat waktu;
b.    Terselenggaranya database penyimpanan dokumen asli perusahaan;
c.    Tersedianaya laporan triwulan, Laporan Manajemen dan Annual Report tepat waktu;
d.    Bertanggung jawab dalam bidang kesekretariatan organisasi kepada direktur.
3.    Manajer Keuangan
Fungsi : Sebagai pengambil keputusan dalam hal keuangan
Tugas :
a.    Membuat perencanaan keuangan perusahaan;
b.    Mengatur arus pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan;
c.    Membuat pembukuan dan membuat laporan keuangan perusahaan.
Wewenang :
a.    Memutuskan kebijakan atas pengelolaan keuangan perusahaan;
b.    Mengawasi fungsi akuntansi dan sumber-sumber keuangan perusahaan.
Tanggung Jawab
a.    Bertanggung jawab atas pembagian hasil laba perusahaan kepada seluruh karyawan;
b.    Bertanggung jawab atas pengelolaan kas keluar perusahaan;
c.    Bertanggung jawab atas masalah keuangan perusahaan.
4.    Manajer Penjualan dan Pemasaran
Fungsi : Sebagai pengambil keputusan dalam hal penjualan dan pemasaran produk
Tugas :
a.    Membuat rencana penjualan dan pemasaran perusahaan;
b.    Membuat laporan pemasaran;
c.    Merencanakan strategi penjualan dan pemasaran;
d.    Memciptakan dan memperluas pangsa pasar;
e.    Mempromosikan perusahaan kepada investor dan konsumen.
Wewenang :
a.    Mengontrol dan mengawasi jalannya pemasaran;
b.    Membuat dan melaporkan anggaran pemasaran ke direktur
Tanggung Jawab :
a.    Bertanggung jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
b.    Bertanggung jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promosi
c.    Bertanggung jawab atas target dan posisi pasar.
5.    Manajer Pembelian dan Persediaan
Fungsi : Sebagai pengambil keputusan dalam hal pembelian dan persedian produk
Tugas :
a.    Membuat laporan pembelian dan persediaan;
b.    Membuat rencana pembelian dan persediaan.
Wewenang :
a.    Memutuskan kebijakan mengenai proses pembelian dan persedian produk;
b.    Memonitor pelaksanaan pembelian dan persedian produk.
Tanggung Jawab :
a.    Bertanggung jawab atas pengendalian proses pembelian dan persediaan produk

4.5       Daftar Gaji

Karyawan yang bekerja di Bouquinisteu ini akan diberikan kompensasi untuk meningkatkan kinerja karyawan, kompensasi berbentuk gaji, bonus. Kami menetapkan pembagian gaji yang rata untuk setiap karyawan, yaitu sebesar Rp 2.300.000,-. Kami juga memberikan bonus sebesar Rp 100.000,-. Namun, bonus ini dapat berubah-ubah. Jika toko dapat menjual atau meyewakan buku melebihi target, masing-masing karyawan mendapatkan 1% dari keuntungan penjualan dan penyewaan buku.

4.6       Jenis-jenis Perizinan

Perizinan sangat penting dalam membuka suatu usaha baru. Karena dengan adanya perizinan, maka pengusaha berhak membuka usahanya secara legal dan diakui oleh pemerintah daerah setempat. Berikut jenis-jenis surat perizinan:
1.        Surat permohonan
2.        Fotokopi KTP pemohon
3.        Fotokopi IMB sesuai perusahaan
4.        Fotokopi tanda lunas PBB terakhir
5.        Fotokopi akta pendirian perusahaan
6.        Fotokopi sertifikat tanah
7.        Surat keterangan domisili perusahaan dan keterangan yang diketahui camat setempat
8.        Berita acara pemeriksaan

4.7       Kegiatan Pra Operasional

Berikut akan digambarkan mengenai proses kegiatan perusahaan mulai dari awal produksi hingga transaksi jual beli dengan konsumen. Kegiatan yang dilakukan pra-operasi adalah:
1.        Survey pasar
2.        Menyusun rencana usaha
3.        Mengurus perizinan
4.        Survey lokasi serta keadaan listrik, air, dan telepon
5.        Survey produk dan peralatan yang diperlukan
6.        Pencarian tenaga kerja dan pelatihan
Adapun jadwal perencanaan kegiatan usaha adalah sebagai berikut:





Next topic 👉🏻 Business Plan - Bab V (Keuangan)

Download here for full business plan (design, picture, and many more) 👉🏻 Business Plan






Pic : Shein Shein
Please take full credit for taking out

2 comments:

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥