Sunday 3 June 2012

kebanggaan

Guys, rata-rata temen intensuf SNMPTN aku tuh dari luar Bandung. Dari 32 orang cuma 8 orang yang dari Bandung, sisanya kebanyakan dari Sumatera, tapi ada juga yang dari Kalimantan, Jawa, Papua. Disana, aku sebagai warga asli orang Bandung *tepatnya Cimahi* ngerasa bangga jadi orang JAWA BARAT. Banyak mereka yang bilang Bandung tuh adem, asri, pusatnya perbelanjaan dan surganya kuliner. uuuh, kota GUE gitu loh *walaupun asli kota Cimahi, tapi kan Cimahi bagian dari Jawa Barat dan ibu kota Jawa Barat kan Bandung, jadi anggap saja Bandung.* Terus nih, ada yang minta temenin sana sini, pengen kuliner, pengen aaahhh, segala deh. Nah, aku seneng banget guys nganterin mereka, dan ngerasa bangga bisa jadi guide mereka dan menjelaskan ini loh kota Bandung, ini sejarahnya, ini makanannya. Dan ada juga yang minta diajarin bahasa sunda. Hmm, bangga loh guys waktu kamu diminta ngajarin orang tentang kebudayaan kamu sendiri, walaupun aku sedikit miris, karena sehari-hari aku ga pernah pake bahasa sunda, cuma pelajaran bahasa sunda di sekolah aja, itu pun cuma seminggu sekali dan jarang.

Suatu hari, aku nganterin temen, nge cek lokasi ujian SNMPTN-nya di dago pojok. Nah, dia bilang apa aku asli orang sunda? Ummm, jelas lah, segini logat aku begini, dan masih ada kata teh, mah. itu kan sunda banget. Lalu temen aku nanya lagi, kalau di sekolah, di rumah suka pake bahasa sunda. Deng deng.... aku jawab ga. Heuuu, miris juga sih orang sunda tapi bahasa pengantar di daerah sendiri ga pernah pake bahasa sunda. Terus temen aku itu bilang lagi, "Oh, kalo disini bahasa sehari-harinya emang bahasa Indonesia ya? Kalau sesama temen sekolah juga gitu?". Aku jawa "Iya, soalnya di Bandung kan deket sama Jakarta, jadi pake bahasa GUE ELO, jarang yang pake bahasa sundanya, emang kalo disana gimana?" Temen aku jawab lagi, "Kalau disana, kita pake bahasa padang, atau ga minang, mau ngomong sama temen, keluarga, bahkan guru di sekolah kalau di luar pelajaran suka pake bahasa padang atau minang, jadi aku kaku ngomong bahasa Indonesianya dan kedengeran rada aneh". Jadi mikir, pantesan, kalau dia sms, aku kaga ngarti, loadingnya lama berasa pentium 1. Tapi jujur aja ya, aku miris banget dan sedih, liat deh di daerah orang lain, mereka begitu bangga melestarikan kebudayaan mereka sendiri, mereka juga bangga gunain bahasa daerah sebagai bahasa pengantar sehari-hari, Emang ya Bandung yang kental dengan budayanya, sekarang udah bukan Bandung yang kaya akan seni dan kebudayaannya. Terus, temen aku nanya lagi, "Kalau di Bandung maanan hasnya tuh ayam ya? Pasti di tiap warung nasi selalu aja ada ayam." AKu jadi mikir, hmmm,. itu kan sebenarnya bukan Bandung banget, yang asli bandung banget tuh lalab, nasi liwet pake peda (ikan), ikan asin. Ayam kan jarang disajikan kalo makanan tradisional Bandung, jadi sadar, ternyata Bandung udah bener-bener modern, ngilangin makanan khas kotanya sendiri. Temen aku cerita, kalo di daerahnya makanannya serba kari dan daging, dan disana anak-anaknya suka sama makanan tradisional. Hmmm, miris guys, tanya deh sama anak sekarang, "Suka lalab ga? suka nasi liwet ga?" pasti jawabannya ga, dan jangan jauh-jauh nanya ke diri aku aja udah cukup mewakili mojang-mojang jawa barat. Jujur, aku ga suka makanan begituan, walaupun orang Bandung, tetep aja lidahnya lidah pizza, sandwich, spagethi, dkk.

Stop ngomongin kebudayaan, pokonya miris deh kebudayaan Jawa Barat yang sedikit demi sedikit hilang. 1 dilestarikan bener-bener, tapi yang ditinggalinnya banyak banget. Aku nanya lagi sama temen aku, gimana Bandung? Panas ya?. Temen aku malah jawab, "Ih, dingin banget." WHAt??? Dingin? gila, segini berasa dipaggang di microwave dibilang dingin? "Kalau di daerah aku sih sama aja, soalnya perbukitan, tapi temen aku ada yang ga kuat sama udara kota Bandung, sampe malem aja kalau mau tidur, ga cukup pake selimut, mesti pake kaos kaki dan Jaket". Fyuuuh, lega ternyata Bandung masih bertitel kota Dingin juga. Poin positif tuh, pokoknya jangan sampe deh kota Bandung gundul dan gersang, kalau sampai begitu, apa daya tarik Bandung bagi para wisatawan? Walaupun surga kuliner dan suerganya para wanita untuk berbelanja, tapi kalau panas sih, buat orang-orang ogah datang ke Bandung. Terus nih, yang buat bangga lagi jadi warga Bandung, waktu itu jam 11-an, matahari panas banget ngebuat kita ngeluh "UUU PANAS BANGET!!!!! CARI TENPAT TEDUH" Terus temen pontianak bilang, "Ih, matahari kaya gini tuh enak tau, kalo di Pontianak jam 6 pagi mataharinya kaya gini". Buset, jam 6 pagi????? hhhhh, gimana jam 12 waktu pas matahari ada di kepala kita??? bersyukur luar biasa deh, aku lahir di tanah pasundan dan besar di tanah pasundan ini. Kalau kamu??? Harus bangga juga ya :)

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥