Friday 28 December 2012

Sahabat itu...


Rama   : Lo kenapa? Bete lo ga libur ya?

Gue      : Biasanya juga ga kali Ram.

Rama   : Nah justru itu jangan dibiasain. Tar jadi kebiasaan.

Gue      : Hmmm... entahlah, kayanya gue kena sindrom kangen sama sahabat gue.

Rama   : terus kenapa mesti bete?

Gue      : Gue ngerasa dia udah ga inget lagi sama gue.

Rama   : Tau dari mana?

Gue     : Gue bisa rasain dari kata-katanya dia sms. Singkat banget, gue tanya kenapa dia bilang gapapa. Padahal gue tau ram, dia ada sesuatu. Okelah kalo dia emang bilang ga ada apa-apa, itu artinya dia lagi males sama gue. Padahal ya, kalo dia lagi males sms-an sama gue ya bilang aja “Gue lagi ga pengen sms-an sama lo.” Lah in gue udah sms, 2 hari ga dibales, pas dibales, dingin banget, padahal di twitter dia ceria-ceria aja tuh. Yang bikin gue sakit, dia tetep ceria tuh bareng temen-temennya. Dia seneng. Okelah, gue tau gue ga bisa ngasih apa-apa yang berarti buat dia. Gue ga suka korea, gue gatau tempat nongkrong yang asik, gue juga ga suka jalan-jalan, dan gue ga begitu suka dekan wisata kuliner. Gue emang bukan partner yang baik. ...
            Tapi Ram, asal lo tau, kemarin dia muji-muji gue, kalo gue sahabat yang paling baik, tapi nyatanya. Itu omong kosong yang besar banget.

Rama   : Yaudahlah Va. Biarin aja...

Gue     : Ya, tar kalo dia ada butuh lagi baru dateng sama gue.

Rama   : hmmm.. va, gue ko nilai lo, lo tuh mau enaknya aja ya? Lo tuh terlalu memaksakan temen lo selalu ada disamping lo. Dan bisa nurutin semua mau lo.

Gue     : Maybe, lo bisa jadi bener, tapi Ram, gue selalu ngerasa, buat mereka aja, gue selalu ada, masa buat gue mereka ga ada. Sahabat macam apa itu?

Rama   : Va, sahabat itu bukan masalah seberapa banyak lo dan dia melakukan timbal balik, tapi seberapa sering lo ada disamping dia.

Gue     : Iya, dan itu artinya dia bukan sahabat gue.

Rama   : Percaya deh Va, hadir di sisi orang lain tuh bakal kerasa suatu hal yang membanggakan kalo lo denger kisahnya dari orang lain.

Gue     : Maksud lo?

Rama   : Sederhananya sih. Dia mungkin nganggap lo sahabat, tapi lo ragu. Lo boleh ga anggap dia sahabat, tapi jangan pernah ngalangin dia bercerita tentang kebaikan lo sebagai sahabat dia ke orang lain.

Gue     : Hmmm... emang mau dia banggain gue di depan temen-temen dia? Siapa sih gue Ram? Gue bukan siapa-siapa.

Rama   : Ini nih ga baiknya kemampuan sosialisasi lo rendah.

Gue     : ....

Rama   : Lo mengandalkan satu orang, lo anggap temen itu harus jadi sahabat lo. Asal lo tau ga semua temen harus jadi sahabat lo. Lo terlalu mengharapkan hal lebih dari seorang sahabat. Mungkin pikiran lo selalu mengatakan “gapapa gue ga punya temen, tapi gue punya sahabat yang lebih baik dari pada temen.”

Gue     : Iya, makannya gue teramat hati-hati untuk memberikan predikat seseorang itu sahabat. Dan sekarang gue menyesal udah ngasih predikat itu buat seseorang itu.

Rama   : Yang udah jadi pelajaran aja ya. Terus apa yang mau lo lakuin atau gimana sikap lo ke dia.

Gue     : ya biasa aja, gue ga akan mulai komunikasi kalo bukan dia yang mulai.

Rama   : tuh kan...

Gue     : Ram, gue ga mau dicuekin lagi. Dari pada tar dia cuek, makin aja gue ga suka. Jadi lebih baik kaya ginilah. Jangan bikin gue tambah ga suka sama dia. Oya, ada yang masih nge ganjel. Dulu gue pengen banget ngasih kado ke dia. Tapi Ram, lo tau? Gue udah ga niat semenjak dia berubah sama gue. Jadi tunggu tar aja deh, kalo dia respon positif ucapan gue, mungkin niat gue nambah lagi.

Rama   : Va,  gue tau lo. Tapi ini buat yang kedepannya ya. Jangan terlalu mengharap lebih dari seorang sahabat apalagi lo kenalnya atau deketnya baru-baru. Dan satu lagi, sahabat itu ga kaya pacaran, persahabatan itu lebih dari komitmen, dia ga butuh janji. Lo ga perlu bilang sama seseorang, “apa lo mau jadi sahabat gue” Ga va, persahabatan itu akan ngalir gitu aja, dan sebelum persahabatan itu terjalin, butuh proses, dari suka maupun duka. Contohnya, kaya lo sama Tika kan? Gue sama Cookie, Lando, Sid. Jangan mentang-mentang lo pacar gue, terus lo mesti bersahabat juga dengan mereka. Persahabatan itu bukan karena status atau paksaan Va.

Gue     : Iya, gue udah temenan deket sama Tika, kaya lo temenan bareng Cookie, Lando, Sid. Ya, kita temenan deket udah 7 tahun. Tapi butuh waktu 4 tahun buat kita saling mengerti kaya gini....

Rama   : So, jadikan pelajaran persahabatan lo dan tika itu buat persahabatan lo dengan orang lain. Persahabatan butuh pengertian. Dan satu lagi. Semua hubungan bakal indah kalo mereka “SALING” ga ada salah satu pihak yang diuntungkan atau dirugikan

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥