Waktu kuliah semester 4, saya disuruh membuat business plan. Pada kesempatan kali ini
saya ingin berbagi pengalaman membuat business
plan saya dengan kalian. Saya akan membagi postingan untuk business plan ini ke dalam lima bagian.
Sebelum membuat business plan, ada
baiknya untuk mempelajari apa itu business
plan dan apa business plan yang
saya dan teman kelompok saya buat.
Pengertian Business Plan
Business Plan menurut Hisrich and Peters:
“ The business plan is a written document prepared by the
entrepeneur that describe all the relevant external and internal elements
involved in starting a new venture. It is often an integration of functional plans such as marketing,
finance, manufacturing and human resources.” (Hisrich,Peter,
1995:113).
Jadi business plan adalah dokumen tertulis yang
disiapkan oleh wirausaha yang mengambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik
internal, maupun eksterhal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha.
Isinya Bering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan,
manufaktur dan sumber daya manusia.
“Business plan is a detailed
study of the organization’s activities, which highlights where the organization
has been, where it is owe and where it might get to in the future, and
incorporates an action program to achieve these results.” (M.Coulthard, A.Howell,G.Clarke,
1999:3).
Business Plan menurut Megginson:
It is a written statement
setting forth the business's mission
and objectives, its operational and financial details, its ownership and management structure and how it hopes
to achieve its objectives (Megginson,
2000)
Artinya Business plan adalah
suatu rencana tertulis yang memuat mini dan tujuan bisnis, cara kerja dan
rincian keuangan/permodalan susunan para pemilik dan manajemen dan bagaimana
cara mencapai tujuan bisnisnya.
Business Plan menurut Bygrave:
A business plan is a document
that convincingly demonstrates the ability of your business to sell enough of
its product or service to make a satisfactory profit and be attractive to
potential backers.
A better definition: A business
plan is a selling document that conveys the excitement and promise of your
business to any potential backers or stakeholders.(Bygrave 1994:
114)
Artinya Business Plan
merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis
untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan
dan menarik bagi penyandang dana.
Definisi yang lebih baik menyatakan bahwa Business
Plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan
sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.
Lebih lanjut Bygrave
menjelaskan bahwa:
Business Plan adalah dokumen yang disediakan oleh
entrepreneur sesuai pula dengan pandangan penasihat profesionalnya yang memuat
rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depan dari
sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentang manajerial, keadaan fisik
bangunan, karyawan, produk, sumber permodalan, informasi tentang jalannya
perusahaan selama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Business Plan juga
berisi tentang rincian profit, neraca perusahaan, proyeksi aliran kas untuk dua
tahun yang akan datang. Juga memuat pandangan dan ide dari anggota tim
manajemen. Hal ini menyangkut strategi tujuan perusahaan yang hendak dicapai.
Business plan
dibuat dalam bentuk jangka pendek ataupun jangka panjang yang pertama kali
diikuti untuk tiga tahun berjalan. Business plan merupakan rencana perjalanan
atau road map yang akan diikuti oleh wirausaha. Business plan seakan-akan
menjawab pertanyaan: Where am I now? Where am I
going? How will I get there?
Membuat Business Plan
Sistematika Penulisan Business
Plan
- Bab I Pendahuluan
- Bab II Aspek Pasar dan Pemasaran
- Bab III Aspek produksi dan Operasi
- Bab IV. Aspek Organisasi dan Manajemen
- Bab V. Aspek Keuangan
- Bab VI. Penutup
- Lampiran
- Bab I Pendahuluan:
- Latar belakang (gagasan usaha),
- visi.misi, sasaran dan tujuan usaha,
- manfaat usaha, propsek pasar,
- analisis SWOT, sejarah
- perusahaan, daftar riwayat hidup
- pemilik.
- Bab II Aspek Pasar
- Analisis pasar, lokasi dan layout, pangsa pasar, promosi
- BAB III Aspek Produksi dan Operasi
- Produk dan proses produksi,
- rencana produksi, Anggaran
- kebutuhan bahan baku, rencana
- aktiva tetap, sewa bangunan, dll
- Bab IV. Aspek Organisasi dan Manajemen
- Bentuk usaha, jenis usaha, struktur
- organisasi, analisis jabatan, legalitas
- usaha, dll
- Bab V. Aspek Keuangan
- Modal usaha, sumber dana, rasio-
- rasio keuangan, analisis kriteria
- investasi.
- Bab VI. Penutup
- Lampiran
Setelah membaca teori di atas, saya akan menjelaskan
terlebih dahulu, business seperti apa
yang saya dan teman sekelompok saya buat.
Kami membuat sebuah usaha yang bergerak di bidang sewa dan
penjualan. Kami menyewakan novel dan komik, kami juga menjual novel dan komik.
Suasana toko kami seperti perpustakan (tempat membaca buku) yang di desain
lebih menyerupai cafe. Untuk membeli buku, customer
dapat meminta buku yang diinginkan di cashier,
sedangkan untuk sample buku yang
dijual sama dengan buku yang dipinjamkan. Untuk membuat suasana menjadi nyaman,
customer dapat makan dan minum di
tempat yang sudah disediakan. Customer tidak
boleh membawa makanan dari luar, sehingga toko kami juga menjual makanan dan
minuman.
Nama toko kami adalah Bouquinisteu, kata itu berasal dari bahasa
Perancis yang berarti book lover. Kata Bouquinisteu berasal dari teman saya yang di Perancis, Judith Pagniez. Dia yang memberi saran untuk nama itu. Terima kasih Judith ^^
Ini adalah desain cover depan belakang dan pembatas buku yang kelompok kami buat. Karena usaha kami berhubungan dengan novel, maka business plan yang kami buat menyerupai novel
Next posting saya memposting bab I business plan yang saya buat
Download here for full business plan (design, picture, and many more) >> Business Plan
Credit : Shein Shein + Kristianingsih + dee-belajar (blogspot)
Please take full kredit for taking out
No comments:
Post a Comment
Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥