Monday 21 September 2015

Apakah Attitude Itu Segalanya?

Kemarin kaka gue pulang dari Bogor. Hmmm, mungkin tanpa gue sadari, gue adalah pengagum kaka gue sendiri. Semua orang pada takluk sama dia dan dia selalu mikirin orang lain, ga pernah mikirin dirinya sendiri, sampe-sampe anak buahnya sendiri aja bilang, “A (panggilan untuk kaka laki-laki, bisa juga mas atau kak), kenapa Aa selalu mikirin anak-anak (anak buahnya), apa-apa anak-anak, kalo buat aa-nya sendiri mana?”

Terus adalagi cerita lainnya. Kaka gue lulusan teknik elektro, pasti tau dong tentang listrik gitu. Nah, kakak gue tuh kerja di proyek gitu, tapi dia ga pernah bilang kalo dia tuh kerja, dia selalu bilang kalau dia tuh Cuma bantuin kakak gue yang pertama. Karena perusahaan kakak gue bergerak di perusahaan konstruksi pelaksana, jadi dia juga harus berhubungan dengan perusahaan konstruksi konsultan. Nah, jadi sebelum kakak gue ngejalananin kerjaannya dia harus konsultasi sama konsultannya. Teryata konsultannya tuh abal-abal, dan masih pinteran kakak gue. Akhirnya kakak gue ngegambar ulang lagi (gambar teknik buat masang listrik gitu lah), dan sekarang konsultannya ga ngerti apa yang kakak gue gambar, dan dia baru ngeliat rancangan listrik yang dibikin kakak gue. Pas dipraktekin, ternyata hasilnya bagus dan kerjanya lebih cepet. Akhirnya itu konsultan bilang ke kakak gue, “Boleh nggak, gambarnya saya tiru buat proyek-proyek lain.” Gue yang denger itu dari kakak gue, langsung.................. (ga bisa ekspresiin lagi deh).

Oh please... itu adalah karya kakak gue, dan si konsultan dengan seenaknya aja minta, dan kakak gue juga, malah ngasih gitu aja. Dan hal itu tuh ketauan sama kakak gue yang pertama dan kakak iparnya (pemiliki perusahaan konstruksinya), dan mereka bilang “Harusnya kamu jual gambar itu, jangan dikasihin giu aja.”

Huuuuu... Sob, gue langsung keingetan sama TA gue yang kok gue rasa, TA temen deket gue sendiri mirip gue. Gue ga rela banget ide gue yang susah payah itu diambil gitu aja, apalagi gue bayangin temen gue dengan bangganya mempresentasikan ini adalah TA MURNI HASIL “GUE SENDIRI”.

Terus kakak gue ngoceh-ngoceh deh alasan dia kasihin itu gambar, yang intinya....

Itu adalah karya SAYA. ANDA ingin meniru, silahkan. Masalahnya apakah ANDA bisa mempertanggung-jawabkannya. Mungkin sekarang ANDA bisa mempertanggung-jawabkan, tapi apakah ANDA akan mempertanggung-jawabkan saat itu saja?

Kata-kata kakak gue tuh bener juga. Salut banget deh sama attitude-nya. Dan malemnya gue nonton Olimpiade Indonesia Cerdas Season 3 di RTV, dan quote-nya tuh nge jleb banget.


 Character is the foundarion of the real success
Iya... Gue bisa liat itu bener. Si panelis cerita dari maksud quote itu....

Kecerdasan bisa membuatmu berada di atas, tapi attitude-lah yang akan mempertahankanmu berada di atas.

CERDAS CERDAS CERDAS......

Iya, siapa sih yang gamau cerdas.... Dan gue adalah tipe orang yang percaya kalo kepinteran tuh akan membawa lo ke gerbang kesuksesan. Lo bisa bayangin ga sih manfaat yang lo dapetin saat lo jadi orang pinter???
  1. Lo dibutuhin banyak orang
  2. Orang-orang bakal memuja lo
  3. Lo bisa masuk ke Sekolah atau universitas terbaik
  4. Lo punya banyak prestasi
  5. Lo sering dipuji orang


Tapi bandingin saat lo punya attitude yang baik. Apa yang bakal lo dapetin???
  1. Pernah temen lo muji, lo tuh ya attitude-nya baik..... bla bla bla....
  2. Pernah temen lo ngebutuhin lo? Pasti mereka lebih interest sama lo semua yang punya kepinteran, karena mereka mikir kepinteran yang bakal nolongin mereka, bukan attitude lo.
  3. Sekarang kita mikir, waktu lo masuk sekolah, universitas atau kerja, apa yang pertama kali di tes? KEPINTERAN LO!!!!! Pernah mereka nge tes, berapa nilai kerja keras lo? Berapa nilai kejujuran lo? Yang mereka tes pertama kali adalah, seberapa lama lo bisa mikir 1/3 + 2/3 = 1? Seberapa lama lo bisa mikir kalau virtual itu sama dengan nyata? Attitude yang bisa diuji sama psikotes, Cuma jadi prioritas kedua. Intinya saat lo mau masuk sekolah, universitas, atau kerja, yang diutamakan adalah KEPINTERAN.... INTELEGENSI..... Ya, walaupun lo udah pinter tapi attitude lo jelek, lo ga akan bisa lulus, tapi hal yang pertama diliat adalah KEPINTERAN.... Kalo lo ga pinter, jangan harap lo bisa maju.....


Kadang gue suka mikir.... Mungkin kepinteran ga bisa nganterin lo ke gerbang kebahagiaan, tapi attitude bisa ngebuat lo bahagia. Tapi di dunia ini Cuma butuh oran-orang pinter kan? Dan gue sendiri adalah termasuk salah satu orang yang benci dengan orang-orang pinter!!!! Orang-orang yang selalu sombong dan menindas..... Orang yang suka berbuat licik, dan yang gue liat orang attitude-nya baik Cuma bisa nerima dan mengikuti aja, mereka bisa bertahan dan bikin gue salut....

Gue suka bingung kalo ditanya apa cita-cita gue? Gue pengen jadi orang Pinter yang bakal mendahulukan orang lain, yang bakal bantuin orang bego dan bisa ngubah dunia ini. Tapi masalahnya gue ga pernah jadi orang yang pertama. Ga pernah...... Lalu gimana gue bisa ngewujudin cita-cita gue? Apakah dengan attitude gue? Selama ini gue Cuma ngerasain attitude gue dihargai 10%.... padahal tiap kali gue tes psikotest dari blogthings, buku, hasilnya gue punya attitude baik. Tapi apakah itu berarti? Dan sayangnya Cuma segelintir orang yang tau kalau gue BISA dan gue baik.....

Well....
Pada akhirnya gue selalu percaya....

Sesuatu yang LO pengenin adalah sesuatu yang GA PERNAH GUE dapetin.....


Let’s see..... Gue pengen kerja di suatu perusahaan. Kemarin gue ga lulus di tes keseharan lab. Sekarang gue juga lagi proses tes perusahaan. Gue berusaha mungkin lulus dari setiap tes itu. Dari sekarang gue udah jaga kesehatan dan rajin olahraga. GUE UDAH KERJA KERAS tiap hari kaya orang DIET yang mengurangi makan gorengan, nyemil.... Apakah kerja keras gue bisa ngebuat gue ngeraih apa yang GUE pengenin?????



Source : onpic + je-ru (pic) + BeginEnglish_ru (pic)
Credit : Shein Shein
Please take full credit for taking out

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥