Friday 18 September 2015

To Be An Editor

Kali ini, aku Cuma pengen nge share aja sama kalian yang minat jadi editor di sebuah penerbit atau yang kepingin nerbitin novel atau buku. Kalian harus baca ini. Sebenarnya tulisan ini dibuat oleh salah satu penerbit di Indonesia, @divapress01. Lebih tepatnya sih bukan tulisan, tapi tweet-an yang dirangkum olehku. Dan Tweet ini di-tweet tahun 2013, saya ga inget tepatnya kapan, tapi yang jelas di tahun 2013, dan sampai sekarang masih berkesan buat saya. Okay, langsung aja kita pelajari apa sih Editor.

Editor Itu Kerjanya Apa Sih?

Sebelum sebuah buku masuk toko, editor "diam-diam" bekerja keras di balik layar, sendirian, mempermak dan menyempurnakan sebuah naskah.

Tahukan dikau, editor adalah sahabat terbaik para penulis. Tapi, jasa dan keberadaan mereka sering sekali diabaikan.

Banyak yang bertanya-tanya, apa sih tugas seorang editor selain memperbaiki typo. Sebenarnya, tugas editor lebih banyak lagi.

Editor harus menghadapi berbagai jenis penulis dengan berbagai jenis naskah. Tapi, semuanya sama-sama pengen naskahnya segera diterbitkan.
Dalam prakteknya, ada beranekaragam penulis. Yang kalem, penurut, cerdas, gampang diajak kerja sama, hingga yang ketus, egois, dan pemarah.

Tidak ada editor yang langsung jadi, pada prakteknya editor yang baik selalu berkonsultasi kepada buku EYD, KBBI, dan buku2 rujukan bahasa lainnya.
Termasuk di sini adalah menguasai pemakaian tanda baca, teknik penyusunan kalimat (S-P-O), dan baku/tidaknya sebuah kata.

Kemampuan Apa yang Harus Dimiliki Editor?


  1. Editor harus bisa menulis. Bagi editor, "menulis ulang" itu kadang sudah seperti pekerjaan sampingan.
  2. Editor harus ekstra sabar dan ekstra teliti. Apapun naskahnya, editor harus mampu meminimalisir kesalahan dalam naskah.
  3. Editor harus memiliki pengetahuan yang luas, dia harus banyak baca buku/media massa, serta selalu update infomasi terbaru.
  4. Editor tidak boleh "darah tinggi" dalam menghadapi naskah/penulis yang bawel dan suka ngajak ribut.
  5. Editor tidak boleh malas membuka kamus, apalagi alergi sama yang namanya kamus.
  6. Editor haruslah seorang yg senantiasa berbaik sangka, yakni berprinsip bahwa "semua naskah adalah bagus, kecuali naskah yg jelek!"
  7. Setelah diendus, editor juga harus mampu mengembangkan, menampakkan, menonjolkan kelebihan dari naskah mentah tersebut.
  8. Editor harus memiliki "sense of literacy" atau "kepekaan literatur", yakni mampu "mengendus" keunggulan dari sebuah naskah mentah.
  9. Editor harus bisa bekerja dalam tim. Pekerjaan editing bukanlah pekerjaan yg "sendirian", banyak pihak terlibat di dalamnya.
  10. Editor harus berpikiran terbuka, mampu menerima berbagai pandangan dan opini, serta solusi.
  11. Editor harus banyak baca.
  12. Editor kudu suka baca dan cinta buku.

Sudahkah Kamu Mengucapkan Terimakasih Pada Editor?


Wahai para penulis, sudahkah kalian mengucapkan terima kasih kepada editor kalian? Penulis memunculkan karya, lalu editor memperbaiki dan menghiasi karya tersebut sehingga menjadi lebih indah dan lebih diterima di pasar.



Para penulis luar juga menjalin hubungan baik dengan para editornya. Antara penulis dan editor, keduanya adalah sepaket. Saling melengkapi. Lihatlah buku-buku terjemahan LN. Nama editor selalu disebut dalam kolom "ucapan terima kasih." Mereka tahu betul pentingnya jasa para editor

Penulis banyak yang melupakan jasa editornya. Seberapa sering kalian mengirim inbox, sms, or nelpon editornya just to say, "Thank you!". Sebaliknya, ketika sebuah buku jatuh, orang seolah ramai berteriak, "Ini editor kerjaannya ngapain sih? Naskah jelek begini!"


Ia berjuang sendirian, tanpa gemuruh tepuk tangan ataupun mewahnya royalti. Seringkali, namanya pun harus disamarkan demi laku/tidaknya naskah


Cintailah editor dengan meminimalisir typo, membaca ulang naskah sebelum dikirim, dan (uhuk) sesekali mengirim cokelat ke redaksi. Percayalah, editor juga senang kalau naskah editannya cepat selesai dan bukunya diterbitkan. Maka dari itu, bekerja samalah dengan editormu



Credit : divapress01 + temankita (pic1) + saifulislam (pic2)
Shared : Shein Shein
Please take full credit for taking out

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥