Saturday 26 May 2012

Life is Never Flat

Hi guys...
Congrats ya buat yang lulus, apapun itu, lulus usm, undangan, un, atau apapun itu CONGRATULATION....

Buat yang belum lulus, keep smile, fighting ok? Masih ada kata lulus hari esok.

Kata "TIDAK LULUS" bukanlah akhir segalanya. Kadang kita suka mikir "kenapa sih kita ga lulus? Kenapa sih Tuhan ga pernah ngasih apa yang kita mau. Kita ga pinter-pinter amat, tapi ya ga bodo-bodo amat juga, tapi apa ga ada 1 kursi ajaaaa kelulusan buat kita?" Guys, kita boleh kecewa hari ini. Tapi bukan berarti kita bakal kecewa juga hari esok.

Saat kamu ngeliat temen deket kamu lulus dan kamu ga, itu emang sakit. Tapi kamu harus inget sama Tuhan, Tuhan punya rencana lain. Tuhan sayang sama kita. Tau kenapa Tuhan belum ngasih kita kelulusan? Tuhan pengen saat kamu diatas, kamu ga ngerasain dibawah itu kaya apa karena kamu udah ngerasin ketinggalan dan ada dibawah. Tuhan pengen ngasih pelajaran yang ga bisa kamu beli dimanapun tentang hal-hal kegagalan kamu.

Kalian tau? Tuhan tuh sayaaaaang banget sama aku. Tau kenapa aku ga pernah menang lomba cerpen? Itu biar aku ngehargain cerpen orang lain, selama ini aku ga pernah baca cerpen orang, selain itu juga biar aku tau genre cerita tuh kaya apa. Tau kenapa aku selalu ada masalah tentang pertemanan? Soalnya Tuhan pengen aku jadi penulis yang handal. Aku emang ga pinter sosialisasi, makannya dengan masalah pertemanan itu aku tau temen itu kaya apa. Kalo aku gatau macem-macem temen, pasti cerita aku flat, ngebosenin. Tuhan pengen ngasih aku cerita, karena setiap masalah akan ada cerita. Aku tanya ya sama kalian, apa kalian punya cerita semanis kisah aku dengan rezha, rheza, dan reza. Ga ada kan? Apa kalian pernah gatau malu salah bayar warnet? Guys, aku udah punya segudang cerita buat ngelahirin novel, aku emang belum pernah ngerasain gimana rasanya sukses, aku juga belum pernah ngerasain yang namanya bener-bener dapet apa yang aku mau, tapi 1 hal yang kalian tau, aku punya segudang cerita yang bisa aku bawa buat kesuksesan aku. Dan 1 lagi, aku bisa lebih ngehargain orang, aku udah ngerasain rasanya jadi apapun. Saat kamu suka sama orang dan orang itu ga suka sama kamu, saat kamu nge fans sama orang tapi orang itu ga ngehargain kamu, saat kamu jadi admin, saat kamu dikhianati, saat kamu rank 1, saat kamu berada di akhir, saat perjuangan kamu ga ngehasilin apa-apa, aku ngerasain itu gimana.

Guys, jangan pernah kecewa ya kalo kamu dinyatain ga lulus. Kita sama-sama belajar, bekerja keras. Dari sd, smp, sma. Sakit banget rasanya waktu inget, dia ga pernah ngerjain tugas kelompok, kerjaannya cuma nyontek sama aku, dan tugas kelompok dikerjain sama aku sampe aku ga ngapalin buat ulangan, tapi kenapa dia masuk undangan aku ga? Kenapa dia lulus undangan, aku? Bahkan masuk aja ga. Saat kamu liat ada orang yang perhitungan sama tugas, dan gamau rela berkorban, sedangkan kamu mau ngelakuin apa aja. Itu tuh sakit banget. Apalagi kalo mereka sekarang senyum-senyum liat kata lulus. Guys, kamu harus tau, mereka semua emang gatau sama apa yang kamu lakuin, bahkan ngucapin terimakasih aja ga, tapi inget perbuatan mereka bakal dipertanggungjawabkan saat kuliahnya nanti dengan status "jalur undangan." dan inget, kamu udah buat ngebuat mereka bahagia.

Guys, aku kadang malu kalo suruh ngajarin orang. Ngeliat orang itu masuk 10 besar, masuk undangan terus minta ajarin aku. Hhh.... Apa pantes aku ngajarin kalian?

Guys, aku pernah bilang, "kalo aku masuk stis, aku juga tetep mau ikut snmptn, dan masih ikut intensif ko" terus temen aku bilang, "bagus va, kamu ga berhenti belajar, tapi kasian va orang yang mau masuk jurusan yang kamu pengenin jadi terhalang." aku jawab "loh, emang kalo aku masuk farmasi, terus aku ga ngambil, ga ada yang gantiin?" temen aku jawab, "udah otomatis, ga. Kan kamu yang udah nempatin kursinya walaupun kamu ga ngambil juga"
Tau guys? Tepatnya hari kemarin, aku ga keterima stis, dan aku ngerasain apa artinya kehilangan harapan. Saat aku mikir, disaat orang-orang yang masuk stis, tapi dia sebenarnya ga niat masuk stis dan ga ngambil stis, mereka bener-bener ga ngehargain apa perjuangan. Liat, beribu orang yang pengen masuk stis, tapi kamu yang masuk malah nyia-nyiain kursi itu. Hari ini, aku udah ngebuletin tekad, aku ga keterima stis, tapi aku masih punya kesempatan snmptn, kalo aku keterima snmptn, aku ga akan ikut stan, walaupun stan impian aku, tapi aku gamau ngalangin kesempatan orang lain terlebih ngancurin harapan orang lain. Ima, kamu harus liat, hari ini aku dewasa, aku ngerasain apa yang namanya hancurnya harapan, apa artinya kesempatan, aku ngerasain itu. Dan tau rasanya? Sakit banget. Saat kamu udah nyusun harapan kamu apa yang bakal kamu lakuin, tapi harapan itu hancur. Aku udah nyusun rencana saat aku di stis gimana, kos dimana? Udah janji sama vigi "tunggu aku disana," udah niat sama vigi nerbitin novel bareng, kita sama-sama jadi penulis, ke matraman, keliling jakarta. Dan kemarin aku dapet 2 kata yang sukses buat harapan aku luntur.


Kecewa? Itu pasti. Sampe aku nobatin, aku ga semangat hidup, aku bakal tiis, malu ketemu orang aku bisa apa sih? Terlebih malu sama vigi karena ga bisa nepatin janji. Terus ga akan ketemu tika di jakarta. Kuliah? Ga semanget. Toh kerja bukan buat intansi pemerintah nantinya. Aku gamau ikut wisuda, tar kalo ada orang yang nanya "gimana lolos stis-nya?" tar kalo aku jawab, mereka jawab "semangat... Semoga lulus snmptn ya". Tau apa yang pengen aku jawab? "GUE BUKAN ORANG YANG LAGI BUTUH KATA SEMANGAT, DAN GUE BUKAN ORANG YANG PERLU DIKASIHANI" . Udah aku rencanain, aku bakal jadi orang tiis saat aku kuliah. Tapi guys, aku baru nyadar itu cuma kelakuan orang bego aja. Kemarin kamu ga lulus bukan berarti hari ini kamu ga boleh bermimpi dan berharap. Kemarin kamu ga lulus, bukan berarti hari ini kamu ga akan lulus juga. Ga ada UU yang ngatur hari ini kamu ga boleh bermimpi kaya mimpi kamu yang pernah kamu pengenin. Bermimpilah guys, sebelum mimpi itu jadi kenyataan.

Guys, hari ini aku balik jadi eva yang dulu karena keluarga aku yang bilang "udah, jangan sedih, kamu tau kenapa ga lulus stis? Karena dari sd kamu ga dibolehin sekolah gratis. Udah gapapa, kalo seandainya taun ini kamu ga lolos ketiganya, masih ada taun depan kan? Jangan kecewa ya"
Gila, taun depan? GAMAU.., selama ini aku belajar, belajar dan belajar, ga pernah nyontek, suka ngerjain tugas kelompok dan ngenesnya ga pernah dapet ucapan terimakasih dari anggota kelompok, suka ngajarin orang dan kalo seandainya aku ga lulus, Tuhan bener bener ga adil. Tapi guys, dibalik itu aku sadar, keluarga aku yang ngebiayain sekolah aku bisa ngehibur aku dan setegar itu, sedangkan aku yang mereka harapin lemah, dan nyerah cuma gara-gara kata ga lulus stis. Aku ga terima dibilang lemah, dan aku gamau, saat aku gagal orang cuma liat aku memble, aku pengen saat aku gagal aku tetep tegar dan tetep bekerja keras, ga cengeng.

Guys, aku pengen ngajak kalian yang ga lulus apapun, jangan berkecil hati ok? Lo tetep juara, keren ko. Dan ini yang mesti kalian semua kecamkan. Saat usaha kamu ga berarti apa-apa, kamu sedang belajar arti kerja keras, saat kamu lelah dan kecewa, kamu belajar arti kesungguhan. Tanpa kegagalan, kamu gatau, saat kamu ngerasa sendiri, kamu sadar banyak orang yang support kamu, saat kamu jatuh, kamu sadar masih ada topangan kamu buat berdiri. Inget guys, tuhan ga pernah tuli, dia selalu mendengar doa kita, dan malaikat ga pernah tidur karena mereka dengan setianya mencatat niat dan harapan kita. Sekeras apapun kamu menjerit, tuhan akan selalu mendengar. Sesering apapun kamu berharap, tuhan tau masih banyak harapan yang tertunda. Dan sesering atau sekeras apapun kamu memohon, hanya tuhan yang tau apa yang terbaik untuk kamu.

Guys jangan pernah bangga kalo kita keterima dimanapun. Mereka boleh bangga mereka diterima di telkom, unpar, maranatha, stem, stis, keterima undangan, dan hebatnya mereka lulus stei itb. Mereka boleh keren boleh dapet banyak pujian "GILA KEREN, LO HEBAT BANGET, APAPUN UJIANNYA LO LOLOS TERUS" tapi guys liat, berapa puluh ribu kesempatan orang yang kamu ambil? Berap puluh ribu harapan orang yang kamu hancurkan, tapi kamu ninggalin kursi itu gitu aja. Masih untung kursi itu jatuh ke tangan yang tepat. Negara kita kolusinya tinggi, boleh dong kita berspekulasi kursi itu jatuh ke "orang dalem" yang ga ngerasain perjuangan dapetin kursi itu.
Hari ini aku janji, saat aku lulus snmptn, aku ga akan ikut stan, karna aku bukan tukang ngambil kesempatan orang terutama ngehancurin harapan orang.

1 lagi bukti Tuhan sayang sama aku. Dari hari kamis aku flu. Dan, jumat flu berat, tau kenapa? Karena tuhan gamau orang lain tau kesedihan dan tangisan aku gara-gara ga lulus stis. Dengan aku flu, orang gatau, ini orang nangis apa karna flu ya?
Guys, siapapun itu, please jangan komen, "semangat va" karena aku bukan orang yang butuh kata semangat dari orang-orang

25 comments:

  1. anybody cry? Hahaha, ada yang nangis baca postingan ini? Share this :)
    inget ga ada kata 'semangat va' GUE GA BUTUH. Hhe...

    ReplyDelete
  2. aku g akan bilang semangat ya, aku cuma mau bilang, diantara rasa pahit pasti akan ada rasa manisnya. sama kaya aku, meski gagal dapet bidik misi undangan tapi tuhan ngasih kesempatan saya buat bidik misi jalur tulis. va, susah senang / sedih atau bahagia kita selalu jadi temen harusnya kita salingh berbagi apa pun itu. jangan bikin orang bingung sama sikap kamu 2 hari ini ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbagi ya? Hmmm... Bingung, berbagi apa. Berbagi juga malu, kan ga sepantesnya juga aku bersikap kaya gini, apalagi marah sama orang yang ga salah apa-apa.
      "tiap orang punya beban masing-masing, dan aku gamau beban aku cm jadi beban buat hidup kamu" *eyaaak... Drama banget deh :-P *

      Delete
  3. seenggaknya aku g akan bingung sama sikap kamu -,-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gamau ngumbar keadaan aku. Lebih baik mereka tau sendiri aja. Ngepoin juga gapapa

      Delete
  4. bersyukur eva, kamu masih jauh lebih beruntung dari aku
    lebih nyakit mana sama aku, kalo 9 juni nanti namaku ga lulus bidik misi, undanganku ikutan hangus, GUGUR!
    dan sekarang pendaftaran tertulis udah tutup! dan seandainya ga lulus aku juga dibilang ga berhak ikut ujian mandiri!
    dan aku ga punya univ swasta cadangan :"((
    bersyukur eva, kamu masih punya kesempatan snmptn tertulis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hei, boleh tau ini siapa? Apa kamu kenal aku?

      Jangan sedih :) kamu masih punya kesempatan buat USM STAN. Semua manusia itu beruntung ko, yang ga beruntung tuh mata kita yang selalu menangkap orang lain bahagia karena mereka mencapai sesuatu yang kita pengenin. Aku harap, saat kamu baca balesan komen aku, kamu udah happy, kamu udah berpikir positif. Kemarin kamu boleh ngeluh tapi sekarang adalah waktunya kamu berubah.
      Tetep berusaha ya, jangan pernah takut ga sukses yang harus kamu khawatirkan adalah saat kamu memerangi masa malas kamu. Kamu juga beruntung ko, keren, the best. Ayo harus bangga jadi kamu, kalo bukan kamu yang banggain, siapa lagi yang bakal ngebanggain kamu? :)

      Delete
  5. iyaa evaa makasih yaa, aku baru kenal kamu pas baca artikel ini
    kecewa itu ga salah kan? :')
    aku cuma butuh waktu nerima kenyataan, supaya pikiran jernih, dan tau harus ngambil langkah kemana

    ReplyDelete
  6. namaku evita ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai evita :) . Salam kenal. Wah nama kita sama sama dari e dan berakhiran a. Hahaha *ga penting -_-" *

      Jujur aku kaget waktu baca kamu bales komen aku. Kan jarang tuh orang balik lagi ke website yang mereka kunjungi kecuali website-nya bagus. Hehe. Makasih loh ya. Emang kamu nge search apa, ko tiba-tiba muncul artikel ini?

      Kecewa itu dibolehin, tapi kalo didiemin dan kelamaan jelek juga. Hmmm, jujur aja ya aku jg masih kecewa ko, masih belum bisa, tapi ya ini kenyataan. Dan udah ga bisa diubah. Yang lalu biarin aja, lebih baik kita berimajinasi lagi tentang masa depan. Kita susun lagi harapan kita yang tertunda.

      "Masa lalu memang selalu jadi penghalang, tapi tidak sepantasnya masa lalu kita jadikan sekat-" arini puutri

      Delete
  7. Waktu itu aku googling apa yaa ('_')a
    Lupa keyword persisnya, tapi tentang jalur undangan gitu (lagi down banget waktu itu) :)

    Hahaa iya webnya aku bookmark. Soalnya eva respon komenku, masa komennya eva aku diemin aja :D
    Aku sukaa kayaknya eva jago nulis yaa :D

    Betul banget. Aku anggep aja ini cambuk buat aku usaha lagi. Masih ada SIMAK dan UM.
    Toh banyak jalan menuju roma, yang penting sampai tujuan. ;)

    ReplyDelete
  8. Ternyata aku cuma diblokir untuk UM universitas itu. Tapi UM univ lain masih bisa. :)
    Semoga eva dapet kabar yang terbaik tanggal 7 Juli nanti yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih sampe di bookmark segala. :D . Jago nulis ya? Hmm, tepatnya sih jago ngibur diri dan promosi. Hehe, tapi penulis itu impian utama aku. Hehe...

      Oya, kamu sendiri keterima bidik misi? Oya kamu sekolah dimana? Punya blog ga? Kalo punya minta alamatnya ya. :D

      Iya amiin, makasih doanya

      Delete
  9. Waah tinggal dikembangin aja bakatnya. :D
    Siapa tau jadi Raditya Dika selanjutnya, dari diari jadi buku best seller. :D
    Ya kan hehe

    Ga keterima, karena ga keterima bidik misi jadi aku ga lulus verifikasi undangan deh. :)
    Gugur undangannya. Hehe.
    Aneh ya? Padahal ada univ di kota lain ga kaya gini. Meskipun ga lulus bidik misi, hak calon mahasiswa untuk jalur undangannya tetep.
    Yaa artinya bukan takdirku di situ, berpikir positif. Hee :D

    Aku sekolah di SMAN 2 Bandarlampung. Kamu dimana?
    Aku ga punya blog tapi hihi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kata aku sih itu ga adil banget, kamu juga ngelepas undangan bukan kemauan kamu juga, gara gara kamu ga lulus seleksi bidikmisi. Harusnya universitas ga kaya gitu. Hmmm, maklum aja deh pendidikan di indonesia emang gini, di keren kerenin juga tetep aja kacau. Di bijak bijakin juga tetep aja yg berkuasa orang yg berduit.

      Aku SMAN 2 Bandung. Oh orang lampung ya. Aku juga punya sahabat disana. Tar deh aku tanyain, mungkin dia kenal kamu :D

      Delete
  10. Evaaaa maaf sudah lama banget ga bales komennyaaa
    >__<
    Lupaa buka bookmark huhu
    Oiya Eva, gimana hasil snmptn kamu? :D
    Aku alhamdulillah masih bisa ikut UM dan simak

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum rezeki nih :)
      kamu ikt um dimana? Simaknya keterima?

      Delete
  11. Simaknya alhamdulillah keterima farmasi, tapi tiba-tiba kakak & ibuku ga ngebolehin aku ambil itu :'((
    Bukan maksud nyia-nyian kursi itu loh va :'(
    (takut dimarah Eva :'( *lirik artikel*)
    Berhubung aku juga belum pasti diterima di USM Unsri, dan tes USMnya juga sebelum pengumuman simak, jadi waktu itu aku daftar prodi itu untuk jaga-jaga.
    Tapi tiba-tiba kakak & ibuku ngelarang ambil itu, setelah pengumuman. :'(
    Bukan maksud nyia-nyiain loh vaa >______<-

    UMnya aku cuma ikut USM Unsri.
    Meskipun ada kenangan ga enak, harus ditahan deh. :')
    Karena ibu juga yang minta aku ke Unsri, jadi aku iyain.
    Kadang aku sedih sih kalo ngeliat temen-temen yang lain.
    Memang iri kalo diturutin ga ada habisnya.
    Aku coba belajar buat yakin, kalo sukses itu tergantung individu. :)
    Kompetensi seseorang ga bergantung almamater.
    Mereka yang udah berhasil (masuk PTN impian mereka) sekarang belum boleh puas terhadap apa yang mereka capai. Karena PTN bukan tujuan akhir.
    PTN cuma 'salah satu' jembatan.
    Iya kan va? (^___^)d
    Tujuan kita cuma satu. Cita-cita, mimpi kita.
    Jalan menuju kesana ada banyak.
    Banyak banget. :D
    Tuhan yang Maha Tahu selalu ngasih apa yang kita butuh, bukan apa yang kita inginkan. :)

    Wah jadi curhatan nih komentarku X)
    Maaf kepanjangan nih va :') hehe

    ReplyDelete
  12. Aku lupa jelasin, setelah kakakku ngehubungin pihak kemahasiswaan Unsri, aku dibolehin ikut USM ^^

    ReplyDelete
  13. Eva ikut seleksi mandiri di mana? :D
    aku baca kamu sudah keterima di PTN :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, selamat ya :). Di unsri ambil apa?

      Aku ambil D3 di polban (politeknik negeri bandung). Itu juga ga nyangka loh bisa masuk. Soalnya, persiapan cuma h-3. Belajar juga kilat banget. Dan jujur, sebenarnya aku ga pingin diterima. Mau ngerjain asal-asalan, inget uang pendaftaran 250rb. Itu 250rb hasil jerih payah ortu, kan durhaka bgt tuh kalo kita nyia-nyiain, dan kalo aku pegang uang segitu, aku bisa beli novel, 6-7 novel lah. Dan ternyata aku diterima. Kenapa aku gamau diterima, soalnya kalo aku diterima, aku disuruh ortu ikut stis, sama stan. Hhh, kan kamu tau sendiri prinsip aku gimana. Tapi yasudahlah, bener apa kata ka vinca calista, 'kalo kamu ga dapet apa yang kamu suka, lebih suka apa yang kamu dapet.'

      Yap betul bgt, kesuksesan bkn ditentuin dari kamu lulusan univ mana, tp dari kualitas diri sama semangat + perjuangan kamu saat kamu jatoh.

      Eh, kayanya ortu kita satu sifat ya. Hahaha

      Hehe, gapapa ko, kamu komen panjang juga. Ga masalah :)

      Btw, emg aku nyebutin ya kalo aku udah keterima di mana gitu? Perasaan belum deh.

      Delete
  14. Iya betul banget va, waktu males keinget sama keluarga, apalagi uang yang udah mereka keluarin
    Kadang aku juga masih kepikiran, kuliah lewat jalur mandiri biayanya ga normal gini :"(
    Ga enak banget sama keluarga, takut nyusahin mereka
    Tapi mau gimana lagi, kalo aku usul untuk kuliah tahun depan supaya ga usah ikut jalur mandiri mungkin malah dimarah -___-

    Aku ambil fk di sini :)
    Wah temenku ada yang di polban juga, dia ambil teknik mesin :D
    Eva ambil apa?
    Tapi Eva pokoknya nanti jadi penulis terkenal yaa! ^___^d

    Ituu aku baca komen kamu di salah satu post cerberus404.blogspot.com
    hehe ^_____^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, aku nyimpang. Ambil akuntansi.

      Amiin, pokonya penulis impian aku dan semoga awal taun 2013 udah bisa ngirim cerita ke penerbit

      Delete
  15. heee
    teruskan va aku suka orang yang seperti kamu membaca dan menulis
    so ajak bermain terus penamu va
    ahhahahhaha
    owh ya aku soemadh dari Bali salam kenal ya aku suka blog mu va

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga soemadh :) . Aku dari cimahi, daerah deket bandung gitu.

      Blog kamu juga bagus. Ikutan BEM?

      Delete

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥