Sunday 29 August 2010

Kemoterapi


Kalian tau ga kempoterapi itu apa?

Kemoterapi merupakan pengobatan sistemik, sebagian besar diberikan dengan cara injeksi kedalam pembuluh baik vena, sebagian kecil dapat berupa tablet/capsul dan kadang-kadang ada yang diberikan subcutan atau suntik dibawah kulit, serta intratekal (diinjeksikan kedalam system syaraf) jarang sekali yang disuntikan ke otot. Apabila pasien diberikan suntikan intravena, seringkali digunakan kateter atau selang plastik kedalam vena untuk mencegah kerusakan vena serta mempermudah injeksi. Kemoterapi diberikan diberikan secara siklit, dapat secara mingguan, dua mingguan 3-4 mingguan. Pasien mendapatkan kemoterapi dosis tinggi diberikan dalam unit rawat inap. Kondisi pasien juga menentukan apakah dapat diberikan dirawat jalan atau rawat inap.

Tapi, kemoterapi juga ngasih efek loh sama tubuh orang yang di kemo, tau ga apa efeknya? Serem loh

Kemoterapi anti kanker akan menyebabkan sel kanker serta beberapa jenis sel sehat yang juga sedang membelah atau tumbuh mengalami kerusakan. Namun sel kanker akan mengalami kerusakan lebih parah dibanding kerusakan pada sel sehat. Setelah beberapa periode 1-3 minggu sel sehat pulih dan sel kanker juga akan pulih kembali namun mengalami kerusakan berarti, sehingga atas dasar inilah obat anti kanker dipergunakan. Untuk mencegah kerusakan permanent dari sel sehat, obat kanker tidak bisa diberikan sekaligus 4-8 siklus. Hal ini dimaksud untuk memulihkan sel sehat. Dilain pihak berangsur mengecilkan kanker sehingga akhirnya sel kanker menjadi sangat kecil tidak terlihat lagi dan bisa dihancurkan dengan sinar atau dihilangkan dengan operasi. Secara umum obat anti kanker mempunyai akibat terhadap sel kanker yang sedang cepat membelah itu, namun sel sehat yang cepat membelah pun termasuk kena akibat anti kanker tersebut. Diantara sel sehat yang terkena akibat adalah sel-sel darah dimana berfungsi memerangi infeksi, membantu pembekuan dan membawa oxygen keseluruh tubuh. Bila sel-sel darah terkena pengaruh, maka penderita akan gampang terkena infeksi, gampang memar dan serta mudah mengalami pendarahan. Demikian pula badan terasa lemah karena kurang energi yang dibakar oleh oxygen.

Sel-sel pada saluran cerna juga cepat membelah, sehingga akibat gangguan saluran cerna, pasien akan merasa tidak nafsu makan, mual muntah serta sariawan dan diare akibat rontoknya selaput lender mulut dan usus.

Rambut yang sedang tumbuh pun akan rontok, pertumbuhan terhenti, sementara haid menjadi tidak ada dan laki-laki sementara mengalami sterilisasi. Pada pusat kanker yang lengkap disediakan bank sperma untuk antisipasi apabilia terjadi sterilisasi permanent pada pria.

Untuk kemoterapi yang sangat agresif dimana kerusakan sel darah sangat berat, dipergunakan cangkok sum-sum tulang dari tubuh sendiri (autologus bone marrow tranplantation). Sel susm-sum tulang kita diambil dan disimpan dengan pengawet. Pada waktu kerusakan sel darah begitu berat akibat kemoterapi yang agresif, sel sum-sum tulang badan kita yang disimpan ditransfusikan kembali ketubuh untuk memulihkan kerusakan tersebut. Di Rumah Sakit Kanker “Dharmais” hal tersebut sudah dapat dilakukan. Pada prakteknya sehari-hari yang dikhawatirkan pasien terutama muntah, sariawan, nafsu makan hilang dan terutama wanita adalah kebotakan. Hal ini wajar, namun dengan penerangan dan persiapan lebih baik, antara lain pemeriksaan laboratorium berkala, obat anti muntah, obat nafsu makan serta obat-obat lain, semua dapat diatasi. Disamping itu gangguan tersebut tidak permanent akan pulih sebelum dilakukan siklus berikutnya.

Mengingat pengobatan kanker dengan kemoterapi memberikan efek samping yang cukup berat, sebelum mendapatkan kemoterapi pasien harus menjalani beberapa pemeriksaan agar tubuhnya tahan menghadapi akibat dari kemoterapi. Pemeriksaan awal tersebut ditetapkan oleh dokter onkologi medik, diantaranya pemeriksaan darah lengkap, test fungsi liver dan lain-lain.

Hmm, kasian ya yang punya penyakit kanker dan harus di kemo. Seorang laki-laki yang baru berusia 16 tahun harus menjalani kemoterapi, harus siap menerima efek kemoterapi. Di umur 16 nya, dia berjuang untuk menahan rasa mual, menahan rasa sakitnya sariawan. Aku tau, aku emang ga bisa bantu ngeringanin rasa sakitnya, tapi aku cuma bisa berdoa supaya kamu bisa keluar dari stadium menengah itu....

Friday 27 August 2010

Pisces vs Aquarius

Secara logika, pisces dan aquarius itu ga bisa dipisahkan. Kenapa? karena pisces itu ikan dan aquarius itu air. Seperti yang kita ketahui pisces itu adalah ikan. Dan aquarius itu adalah air. Ikan ga bisa hidup di air, sebaliknya, air ga ada guna kalo ga ada ikan. Makannya, secara logika, pisces itu pasti cocok ma aquarius. Tapi tau nggak? Kalian semua itu salah. Pisces itu ga begitu cocok sama aquarius. Apalagi kalau udah ada diantara kalian berdua yang ga sabar, dan sensitif seperti pisces.

aquarius
aquarius itu memiliki kepribadian yang eksentrik (beda dari yang lain). Pada umumnya mereka ini cuek. Tapi, mereka punya kepribadian yang kuat dan tidak mudah putus asa. Dan kebanyakan dari mereka, mereka itu yakin atas kemampuannya yang diatas rata-rata. Mereka juga orangnya ga mau dikasihani, karena mereka ingin terlihat kuat dan mereka ingin menunjukan, dengan kelemahannnya pun mereka bisa melakukannya untuk mencapai sesuatu.

Pisces
Kalo pisces itu orangnnya sensitif, imajinatif (suka berkhayal), cinta damai. Mereka romantis, dan menyukai sesuatu yang berujung tak terduga dan manis, seperti dalam dongeng gitu deh. Mereka juga sangat perhatian, dan mereka orangnya pengen ditanggapi atau diperhatikan.. Mereka itu bagaikan penyelamat, kapanpun dibutuhkan, mereka akan menolong tanpa diminta. Mereka itu akan menyelamatkan ang yang mereka kasihi, baik sahabat, teman, atau teman dekat.


Nah, udah ngerti blm? apa yang membuat mereka kurang cocok? Nih aku jelasin....
  • Aquarius itu kan orangnya cuek, jadi kadang kalo pisces lagi ngomong mereka suka ga nanggepin, kalo dingerin, mereka ujungnya cuma bilang "ooo" Padahal pisces itu sudah mengharapkan jawaban yang panjang lebar dari aquarius.
  • Pisces itu kan perhatian, sedangkan aquarius itu ga suka dikasihanin, kadang aquarius itu ngerasa perhatian yang pisces kasih itu lebay banget, padahal biasa aja dan wajar. Dan kadang kepedulian orang itu selalu membuat aquarius merasa dikasihanin. Jadi, aquarius nggak cocok tuh temenan ma orang yang perhatian.
Tapi, kalian tenang aja walaupun aquarius dan pisces itu betengkar sehebat apa punpasti ujung-unjungnya mereka bakal akur juga. Pasti ada aja sesuatu yang membuat mereka akur. Kalo kamu bilang "aku benci aquarius" atau "aku benci pisces". Paling bencinya cuma sesaat karena pisces dan aquarius bakal nyatu kembali. Dan senengnya nih, bagi pisces yang bersahabat dengan aquarius, sekali mereka nyatu, mereka akan menyatu selamanya, tapi sebaliknya kalo ada orang kuat yang ga bisa diganggu gugat (kayak guru, sekolah) misahin mereka, mereka akan terpisah selamanya selama meraka masih berada dalam genggamannya

Thursday 26 August 2010

Kematian

Kematian itu tak mengenal siapa pun. Tua, muda, orang yang kita tidak kenali, bahkan orang yang kita kenali yang kita nggak percayai.
1 bulan yang lalu aku baru saja mendapat kabar, teman sd ku meninggal akibat kecelakaan, tanggal 17 April 2010. Namun, aku tak menyadari bahwa sms yang kubaca pada layar HP ku adalah nama teman sd ku. Mungkin saat itu otakku berputar lama karena aku sakit. Aku pun menghiraukan sms itu, dan tidur kembali, karena aku mendapat sms itu malam hari pukul 23.02. Hari itu hari sabtu, jadi tepat malam minggu. Karena kondisi fisik ku yang lemah, jadi kuputuskan hari minggu aku akan beristirahat total.

Hari seninnya, aku telah fresh kembali. Dan aku bertemu dengan seorang teman sd ku yang sekarang menjadi teman SMA ku.
"Eva, kemarin kemana? kok ga dateng? kita tungguin tau!" kata Nicky
"Kemarin? ada apa?" tanya ku heran
"kamu ko ga dateng?"
aku masih bengong heran dan aku pun baru inget "Oo, yang kamu sms in ke aku yang meninggal itu ya? Emang siapa?"
"Itu Dita, masa ga tau?"
"Dita? Yang dulunya kelas 10 apa?" Rasanya di SMA aku tak punya temen yang namanya dita.
"Ih, Dita temen sd kita!"
"Hah? Apa Dita temen SD kita?|"
"Iya, kok kamu ga dateng sih, aku udah mikir, ko eva jahat banget"
"Ih, kirai aku Dita sapa, lagian aku juga lagi sakit waktu itu!"
"O yaudah gapapa, tapi sekarang udah sembuh kan?"
"Iya"

Aku ga nyangka, Dita telah diapnggil oleh yang diatas. Dan terakhir kali aku melihatnya saat SMP kelas 7, setelah lebaran. DAn semenjak itu aku tak pernah ketemu lagi. Dan untuk melihat wajahnya saja, sebelum terbungkus kain kafan, aku tak melihatnya sama sekali. Sebesit kekecewaan aku rasakan. Aku menyesal, kenapa aku tak pergi? Padahal masih banyak waktu ku untuk beristirahat, dan biarkan aku sakit karena sakitku tak membuatku mati. Aku menyesal kenapa aku nggak dateng? Kucoba melupakannya dan akhirnya aku bisa melupakannya. Walaupun susah dan aku selalu mengingat kematian. Kematian itu kejam,...

Akhirnya aku bisa melupakan kematian juga. Namun kenapa aku mesti harus siap mendengar kematian lagi? Dan ini membayangi teman dekatku yang menurut dunia kedokteran dia harus melakukan kemo demi menambah umurnya 2-5 taun. Aku tau, yang menentukan itu hanya Tuhan, tapi aku udah ga siap buat melihat kematian teman temanku, terutama yang aku kenal. Aku udah takut akan kehilangan seseorang....
Karena kematian, rasanya aku ingin menjadi seorang dokter. Ingin menyembuhkan orang, terutama sahabatku yang tengah berbaring di rumah sakit advent, yang sedang menahan rasa mual akibat kemoterapi.

Sahabatku....
Saat aku menjadi malaikat putih, aku diahadapkan pada 3 pilihan.
1. Aku belum menyentuhmu karena kau telah bebas dari penyakitmu
2. Aku dapat mengusir penyakitmu dan menyentuhmu dengan tanganku hingga kau sehat?
3. Atau yang teraparah aku belum menyentuhmu sama sekali, karena kematian tlah menjemputmu???

Jika Tuhan mendengar, aku ingin aku bisa menyentuhnya dengan tanganku,
Mengobatinya dengan ilmuku
Merawatnya dengan kasih sayangmu....

Monday 23 August 2010

1 tahun yang lalu

Tahukah kamu apa yang terjadi 1 tahun kebelakang? 1 Tahun lalu memang tanggal 13 Ramadhan, namun 1 tahun lalu tanggal 3 September bukan tanggal 23 Agustus. Tapi mau tahun mana pun, masehi atau hijriah yang pasti aku pernah kenalan dengan Rezha di akun Novallova.
1 tahun yang lalu jam 8an, aku baru saja pulang dari BIP. Vazha ikut bubar bareng temen SMP di hokben merdeka. Menurut pengumuman kumpulnya jam 4 an ya!!!! (ah, paling juga ngaret). Kebetulan sore itu Vazha ga dianter ma kaka, karena kaka ga bisa nganter. Hmmm coba aja tadi ga usah pulang dulu ke rumah. Jadikan ga ribet gini. Padahal kan bagus gtu pake seragam batik sekolah (karena kebetulan hari itu hari Kamis), itu tandanya kita cinta ma sekolah. Well, akhirnya aku naik angkot deh. Aku cuma di anterin sampe terminal, setelah itu naik angkot deh. Aku naik angkot jurusan Gunung batu yang warna biru
aku pergi dari rumah jam 3, karena aku tahu jalanan pasti macet, apalagi sore pas lagi banyak-banyaknya yang mau bubar. Dan, ternyata dugaanku bear, di Borma gunung batu saja sudah macet. Wahhh... nyampe jam berapa nih? Di angkot aku hanya duduk dan menatap jam. Subhanallah, rasanya waktu itu ga berjalan kaya keadaan tegang. Ingin rasanya di putar agar sang detik bisa berputar 360 derajat. 15 menit yang harusnya aku sudah ada di 1/2 nya jalan sampe ke tempat tujuan, ini baru nyampe 1/4 tempat tujuan. Huh, lamanya dan ternyata buat mood yang asalnya berdiri jadi kebalik. Aku keluarkan HP dan masuk ke ebuddy. Tau artinya? Yup, aku OL. Pas OL aku menatap sebuah id yang membuatku penasaran, karena udah 3x itu id di promoin, dan baru kemarin aku add, karena aku saking kesalnya melihat id itu di promokan di berbagai id. -,-
dunia_dajjal apa id ini seseram namanya? Ya ampun... baru melihat namanya saja, rasanya enggan untuk menyapa. ingat dajal ingat kiamat. Tapi apa boleh buat, kata Mulya yang bilang kalo pemilik id ini cakep, banyak yang ngeceng (ga peduli), dan dia juga punya band (baru peduli, kan aku lagi nyari band buat audisi pensi sekolah ku, heheh bantuin sahabat nyari band, kalo aku sih ogah ikut organisasi yang kayak gitu). Karena alasan dia punya band dan aku pikir aku bisa minta bantuin dia untuk menambah daftar band di sahabatku, aku pn meng add dia dan menyapanya.

V : Hi
Boleh tau ini siapa
R : Rezha
Kamu?
V : eva
Kamu temennya mulya?
(huh, ga sopan ya, tanpa basa-basi gtu, langsung aja mau ke inti. Hehehe abis aku ga ada waktu lagi sih! Yg namanya udah kepepet nyari band, udah pusing band mana yang mesti ditawarin dan membuahkan hasil, jadi aku kira langsung aja deh!)
R : iya
V : Ou, satu band sama Mulya?
R : bukan
V : Tapi punya band kan (yang ini kesannya apa? kayanya punya band itu syarat buat kenalan ma aku!!! Jiah aku ini sapa lagi, so cantik aja.)
R : iya
(BAGUS, bagus bgt bukan 1 band ma Mulya, jdi koleksi band nambah)
V :mau nggak ikut audisi band buat pensi skul ku? (siapa sih yang ga kenal pensi sekolah ku yang megah itu??? justru banyak orang yang pengen masuk sekolah ku karena pensinya yang keren, tapi aku ga ah... biasa aja)
R : boleh
kebetulan aku juga lagi nyari jam terbang
(hah? jam terbang apaan tuh? heheh ga ngerti... :P)
V : jam terbang? apaaan?
R : jadwal manggung
(dengan semangat 45 dan dibakar dengan api.)
V : Wah, bagus banget tuh!!! ini kesempatan loh!!! Ayo, kamu harus ikut. Kesempatan itu udah ada di depan mata kamu. Masa ga ngambil?
R : iya, tapi aku ga bisa mutusin sendiri gtu donk
V : ooo..
ya udah bicarain ya secepatnya ma leader kamu, emang siapa leadernya? biar aku add aja lah
R : di kita ma ga ada leader gtuan.
V : Whew, band yang bijak (eh, bknnya tanpa pemimpin nggak akan bisa berdiri? Ah bodo amat, yang penting dia mesti daftar audisi aja.)
Oke mau kapan kamu daftarnya?
dunia_dajjal telah meninggalkan percakapan

What??? dia udah pergi!!!! udah ov.. :(( Bagaimana ini? bicara aja blm slese udah pergi gtu aja tanpa pamit. Tapi ya sudahalah tak apa. Nanti juga ol lagi, dan jangan lupa minta nomor hp biar bisa langsung dibicarain, ga ada mis kom kayak gini. Hmm, tapi entah kenapa aku yakin banget dia bakal daftar, Kenapa? karena tadi dia udah bilang, bandnya lgi nyari jam terbang.
Begitulah kejadian 1 tahun lalu. Menyenangkankah? Hmm iya, karena masih banyak kisah seru yang perlu aku ceritakan. 1 tahun yang lalu aku kenalan dengan rezha tanpa basa-basi, hehehe itu sopan ga ya?? dan kayaknya aku terlalu egois deh, mentingin band. Padahal kalo dipikirpikir ngapain aku perlu mikirin pekerjaan yang emang bkn urusan aku? Walaupun sahabat aku nyuruh tapi kan itu buat sahabat, nggak ada untuk di aku. Jadi ngapain susah payah nyari band segala. Tapi, entah kenapa, aku biasa aja ah jalaninnya, nggak mentingin balasan, atau hasilnya, dan aku seneng ko bantuin sahabat aku. Hmm, buat kalian, yang baca blog aku, sebete-betenya kalian ma sobat jangan lama-lama ya, jangan diinget yang kesel-kesel nya, ingetnya seberapa besar pengorbanan sobat kita ma kita, dan seberapa baiknya sobat kita ma kita. Itu bisa buat kejengkelan kita ma sobat bisa luntur loh!! Oya, walaupun kamu berniat meninggalkan sobat mu karena nggak tahan, ya sudah tinggalkan saja, tapi inget jangan benci sama dia ya!!! karena gimanapun juga sobatmu pernah jadi bagian hidup kamu dan yang terpenting udah pernah buat hidup kamu berwarna (hheeheh ngomongin ttg sobat sdikit gapapa kan?)

Well....
yang jelas ini adalah hari pertemanan aku dengan Rezha.

Selamat hari pertemanan, semoga di umur pertemanan yang 1 tahun ini, hubungan sebagai temannya bisa terjaga, makin dewasa, dan jarang bertengkar

Jarang Bertengkar??? kayaknya kata itu salaah besar deh, soalnya tanpa kita sadari pertengkaran itu bawa berkah loh!!! Pertengkaran bisa membuat kita mengerti sifat, dan mendalami karakteristik sahabat atau teman kita. Karena pertengkaran, kita bisa mengetes teman atau sahabat kita, apakah dia bisa menerima kita apa adanya (sifat jelek kita, atau yang baiknya) Kalau iya berarti itu teman yang baik, kalo pertengkaran malah bikin jadi perpecahan, berarti ada 2 kemugkinan, karena cocok ga atau dia emang mandang kita dari segi lain.Tapi bertengkarnya jangan terlalu lama ya! Satu hal yang mesti diinget, buat kamu yang pisces atau yang aquarius, kalo kalian berdua lagi bertengkar, kalian akan nyatu lagi, ga akan pisah. Pokonya sebesar-besarnya atau sehebat-hebatnya kalian bertengkar pasti bakal akur lagi, pokonya ada aja hal yang bisa buat kalian nyatu. Hmmm iya sesuai aja dengan ikan nggak bisa hidup tanpa air, atau air ga akan berguna kalo nggak ada ikan.

Friday 20 August 2010

Thanx...

Maksih udah mau maafin aku atas kelakuan konyol ku 2 hari yang lalu. Makasih masih mau ngobrol dan chat sama aku. 2 hari yang lalu aku emang ga ngehargain kamu sebagai cowo aquarius. Mungkin aku orang yang nyebelin sedunia yang pernah kamu temui. Aku mau tau aja urusan orang. Tapi beneran aku peduliii sama kamu. Aku ini pisces yang menganggap semuanya harus ada balas budi. Kamu udah peduli sama aku, dan disaat aku baca stat kamu, aku juga harus peduli dong sama kamu. Dan sedikitpun aku ga pernah kasian sama kamu. Itu yang mesti kamu tau...
Hari ini aku seneng banget... Kamu mengirim message "Maafin aku" Aku ngerasa bersalah bgt. Nggak sepantasnya kamu ngomong itu sma aku. Harusnya aku yang minta maaf. Walaupun kemarin aku udah minta maaf dan jawaban kamu oke. Aku kira kamu udah maafin aku, tapi mungkin kamu maafin akunya ga pake hati... Tapi aku seneng kamu mafin aku.

A : maafin aku ya
V : iya sama" kemarin kan aku udah minta maaf dan ga sepantasnya kamu minta maaf lagi. Kenapa kamu minta maaf lagi sma aku?
A : Karena aku udah emosi ma kamu.
V : nggak, itu kan slah aku.
A : gapapa
V : Masih mau chat ma aku?
A : iya masihlah hahahahah

Huh beneran ya.. aku tu degdegan banget. Kirai kamu bakal bilang ga. Tapi kok tumben ya kamu nggak bercanda?

Ah sudahlah yang jelas hari ini aku happy bgt karena kamu mau maafin aku. Thanx....


Tuliskan sakit hatimu karenaku dan kesalahan yang ku perbuat padamu di tepi pantai agar kesalahanku dapat terhapus oleh sang ombak seperti kau melupan peristiwa yang menyebalkan dalam memorimu.
Tuliskan senangmu yang kau lewati bersama ku di batu besar agar cerita kita dapat abadi seperti kau mengingatnya dala memori otakmu



Dan hari ini kau tmn baikku....
Kau telah mengajariku bahwa tak semua laki-laki sperti apa yg ada dalam pikiranku. Kamu udah nunjukin kalo kamu adalah teman idaman aku yang memenuhi kata-kataku itu. Namun sulit bagiku membuat kata-kata itu mengalir dalam kehidupanku. *padahal aku yang buat*

Wednesday 18 August 2010

aku belum siap kehilangan kamu

“Infus mameeennnn”
Aku terkejut ssat stat itu dipasang pasa akun yahoo temanku. Ada apa? Apa yang terjadi?
V : *****
Kamu kenapa?
Ko bisa di infus?
A : gapapa kok
V : jangan boong, udah jelas jelas stat kamu itu nunjukin kalo kamu di infus
Kamu kenapa?
A : gapapa.
V : kamu dirawat dimana?
A : apa?
V : Kamu di infuse, skrg di rmh sakit mana?
A : advent
V : wah, deket donk! Bisa nengok tuh! *berharap dia seneng kalo ada yg nengok, dan mau cerita ma Vazha, dia sakit apa*
-Ga ada jawaban-
V : kamu lagi apa?
A : lagi kemo
V : *Hah? Kemo, kemo apaan? Ga mungkin kalo dia kemoterapi*
Apaan?
Kemo?
Kemoterapi?
A : iya kemoterapi
V : *kemoterapi itu kan buat kanker. Apa dia kanker? Kanker paru-paru?*
Tuh kan, kamu ini knp sih?
A : iya sakit lah
V : iya sakit apa?
A : gapapa
V : ***** kamu jangan bohong sama aku, kamu ini sakit apa sih?
A : aku ga apa-apa

Dia tak menjawab aku lagi. Tapi aku melihat temannya ada yg online juga, akhirnya aku tanya saja
V : ----- aku mau Tanya donk!
D : Tanya apa?
V : Kamu tau ***** sakit?
D : iya
V : kamu tau ***** sakit apa?
D : setau aku dia punya kelenjar getah bening?
V : *ga mungkin, ***** ga mungkin punya kelenjar getah bening*
Maksud kamu kanker kelenjar getah bening?
D : iya

Aku ga percaya nggak mungkin ***** punya penyakit itu NGGAK MUNGKIN. NGGAK MUUNNNGGKKIIIIINNNN.

V : kamu tau apa penyebabnya?
D : Kalo itu aku gat au
V : oya udah makasih

Aku pun melanjutkan kembali chat dengan ----- dan aku melanjutkan juga chat dengan *****
V : kamu boog sma aku
Aku tau kamu sakit apa
A : aku ga apa-apa
V : Kamu itu boong. Kamu itu apa - apa
A : Emang aku bohong
Hahaha

Apa yang pantas untuk ditertawakan? TIDAK ADA. Dia itu kena kanker, Kanker kelenjar getah bening, dan setahu aku, penyakit itu cukup ganas. Aku harus mencari seberapa ganas kanker kelenjar getah benih, dan apa penyebabnya. Search engine k uterus berputar dan belum berhenti. Sampai akhirnya dia menemukan jawaban yang aku cari. http://wiemuth.multiply.com/journal/item/9 aku mengunjungi situs ini. Dan aku membaca.

DEFINISI
Limfoma Non-Hodgkin adalah sekelompok keganasan (kanker) yang berasal dari sistem kelenjar getah bening dan biasanya menyebar ke seluruh tubuh.

Beberapa dari limfoma ini berkembang sangat lambat (dalam beberapa tahun), sedangkan yang lainnya menyebar dengan cepat (dalam beberapa bulan).
Penyakit ini lebih sering terjadi dibandingkan dengan penyakit Hodgkin.
PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui, tetapi bukti-bukti menunjukkan adanya hubungan dengan virus yang masih belum dapat dikenali.
Sejenis limfoma non-Hodgkin yang berkembang dengan cepat berhubungan dengan infeksi karena HTLV-I (human T-cell lymphotropic virus type I), yaitu suatu retrovirus yang fungsinya menyerupai HIV penyebab AIDS.

Limfoma non-Hodgkin juga bisa merupakan komplikasi dari AIDS.
GEJALA
Gejala awal yang dapat dikenali adalah pembesaran kelenjar getah bening di suatu tempat (misalnya leher atau selangkangan) atau di seluruh tubuh.
Kelenjar membesar secara perlahan dan biasanya tidak menyebabkan nyeri.

Kadang pembesstsn kelenjar getah bening di tonsil (amandel) menyebabkan gangguan menelan.
Pembesaran kelenjar getah bening jauh di dalam dada atau perut bisa menekan berbagai organ dan menyebabkan:
- gangguan pernafasan
- berkurangnya nafsu makan
- sembelit berat
- nyeri perut
- pembengkakan tungkai.

Jika limfoma menyebar ke dalam darah bisa terjadi leukemia.
Limfoma dan leukemia memiliki banyak kemiripan.

Limfoma non-Hodgkin lebih mungkin menyebar ke sumsum tulang, saluran pencernaan dan kulit.

Pada anak-anak, gejala awalnya adalah masuknya sel-sel limfoma ke dalam sumsum tulang, darah, kulit, usus, otak dan tulang belakang; bukan pembesaran kelenjar getah bening.
Masulknya sel limfoma ini menyebabkan anmeia, ruam kulit dan gejala neurologis (misalnya kelemahan dan sensasi yang abnormal).
Biasanya yang membesar adalah kelenjar getah bening di dalam, yang menyebabkan:
- pengumpulan cairan di sekitar paru-paru sehingga timbul sesak nafas
- penekanan usus sehingga terjadi penurunan nafsu makan atau muntah
- penyumbatan kelenjar getah bening sehingga terjadi penumpukan cairan.
Pengumpulan cairan di sekitar paru-paru sehingga timbul sesak nafas. Apa dia bohong juga terhadapku yang dia mengaku dia di operasi paru-paru karena dia gila roko? Tapi kenapa harus bohong? Mengapa dia katakana yang ga sebenarnya. Jadi selama ini harusnya aku ga usah kuatir ttg Ferly yg gila rokok dan takut kejadian ***** terjadi pada ferly. Ku lanjutkan baca artikel tersebut.

PENGOBATAN
Beberapa penderit bisa mengalami kesembuhan total, sedangkan penderita lainnya harus menjalani pengobatan seumur hidupnya.
Kemungkinan penyembuhan atau angka harapan hidup yang panjang tergantung kepada jenis limfoma dan stadkum penyakit pada saat pengobatan dimulai.

Biasanya jenis yang berasal dari limfosit T tidak memberikan respon sebaik limfosit B.
Angka kesembuhan juga menurun pada:
- penderita yang berusia diatas 60 tahun
- limfoma yang sudah menyebar ke seluruh tubuh
- penderita yang memiliki tumor (pengumpulan sel-sel limfoma) yang besar
- penderita yang fungsinya dibatasi oleh kelemahan yang berat dan ketidakmampuan bergerak.

Penderita pada stadium awal (stadium I dan II) seringkali diobati dengan terapi penyinaran yang terbatas pada sisi limfoma dan daerah di sekitarnya.
Terapi penyinaran biasanya tidak menyembuhkan limfoma tingkat rendah, tetapi dapat memperpanjang harapan hidup penderita sampai 5-8 tahun.
Dia tidak melakukan terapi penyinaran, tapi dia melakukan kemoterapi, apa itu sama? Hmm lanjutkan baca dan cari, sejauh mana yang melakukan pencegahannya dilakukan dengan kemoterapi.

Sebagian besar penderita sudah mencapai stadium lanjut (stadium III dan IV) pada saat penyakitnya terdiagnosis.

Bukan juga. Lalu dia itu stadium berapa?

Terapi penyinaran pada limfoma tingkat menengah biasanya akan memperpanjang harapan hidup penderita sampai 2-5 tahun, sedangkan pada limfoma tingkat tinggi hanya 6 bulan sampai 1 tahun.
Jika dimulai sesegera mungkin, pemberian kemoterapi dengan atau tanpa terapi penyinaran pada limfoma tingkat menengah dan tingkat tinggi, bisa menyembuhkan lebih dari separuh penderitanya..

KEMOTERAPI, stadium menengah? Terapi penyinaran pada limfoma tingkat menengah biasanya akan memperpanjang harapan hidup penderita sampai 2-5 tahun, sedangkan pada limfoma tingkat tinggi hanya 6 bulan sampai 1 tahun. Jadi dia melakukan kemoterapi untuk memperpanjang umurnya yg hidup selam 2-5 tahun? ***** ini bohong kan? Kemarin kamu masih mau nemenin aku bwt ngerjain tugas sejarah. Kamu agak perhatian. Kamu ngajarin aku, aku nggak boleh gitu sama temen. Kamu peduli terhadap tugas aku dibandingkan tmen aku yang ga ada rasa pedulinya sama sekali. Bahkan, kamu seorang cowo, yang ku kira cowo itu malas, kamu menawarkan ku agar power point sejarah dikerjakan oleh kamu. Dan sekarang kamu mesti kemoterapi untuk menambah umur kamu 2-5 tahun. ***** ini bohong kan? Aku ga percaya. Ingin rasanya aku melihat hasil tes yang menunjukan kamu itu punya kelenjar getah bening.

Aku kembali ke percakapan., lalu aku memasang stat ku “Cepet sembuh, walaupun aku tau kamu sakit apa, tapi kamu jangan nganggep kepedulianku itu kareana aku kasian ama kamu, aku peduli sama kamu karena kamu temen aku”

V : knp bisa sampe dirawat gtu?
Alfi knp ga mau cerita sih?
gantian donk
selama ini aku suka cerita sma kamu, skrg kamu yg cerita sama aku
A : Gantian apa?
V : katanya kamu nganggep aku temen
A : Ya knapa?
V : kamu cerita sama aku, kamu knp?
A : Gapapa
V : kamu bohong kan waktu kamu bilang kenapa kamu di operasi paru-paru
kamu bkn di operasi paru-paru karena rokok
bukan kan?
A : Karena roko
V : bener?
oke, aku percaya sama kamu deh...
tapi, jawab
kenapa kamu bisa di rawat kayak sekarang?

Aku memasang statku “AKU NGGAK PERNAH KASIAN SAMA KAMU!!! AKU PEDULI SAMA KAMU!!! KAMU UDAH JADI TEMEN BAIK BUAT AKU. DAN DIASAAT KAMU SAKIT, AKU GA PEDULI SAMA KAMU? TEMEN MACAM APA AKU? AKU NGGAK MANDANG PERTEMANAN SERENDAH ITU”

A : Apa?
V : kenapa kamu bisa dirawat kayak sekarang?
kamu kecapean?
A : Ya sakit
V : sakit apa?
A : Iya
V : ya udah kalo kamu nggak mau ngomong
ternyata kamu emang belum percaya saama aku....
-,-
dari kapan kamu sakit kyak gini?
A : Aku gamau temen aku kasian ma aku
V : aku udah bilang
aku nggak kasian sama kamu
aku cuma PEDULI sma kamu
apa ittu sama kayak aku kasian sma kamu?
kamu waktu itu udah peduli sama aku
ttg yg aku ngerjain tgs power point
kamu udah nemenin aku buat ngerjain tgs ppt
udah bwt aku ga terlalu stress ma kerjaan aku

“aku nggak pernah kasian sama kamu. Aku cuma peduli sama kamu. Kamu itu teman yang baik buat aku. Terus, waktu kamu sakit, aku nggak peduli sama kamu? TMN MACAM APA AKU INI? Aku nggak mandang pertemanan serendah itu….”

A : Iya karena aku bukan orang lemah
V : dan skrg disaat kamu sakit, aku ga peduli sama kamu?
bknnya kamu bilang kalo aku tmn kamu?
dan saat kamu sakit, aku ga peduli sma kamu
tmn macam apa aku ini?

***** memasang stat “Gwe bukan orang lemah yang perlu dikasihanin”
Aku kaget melihat stat itu…. 
V: Maav
-,-
A : Ya aku tau kamu peduli aku tau aku hargain itu
V : maav kalo aku terlalu ngotot
-,-
maav aku terlalu ngotot
maav aku terlalu ngotot
tapi asal kamu tau
aku ga pernah kasian sama kamu


Kadang kamu itu nyebelin, namun ada saatnya juga kamu nyenengin
Kadang kamu ngebetein, namun ada saatya kmau ngajak aku ketawa
Kadang kamu belagu, namun ada saatnya kamu jadi guru aku
Kemarin kamu masih menertawakanku, karena kalo aku mandi lama, renang lama, dan lain-lain yg berhunbungan dengan air aku suka bentol gatel-gatel seolah aku alergi air.
Kemarin kamu bilang aku payah karena aku nggak suka basket gara-gara siku tangan kiriku pernah ngegeser.
Kemarin kamu bilang ‘kasian’ karena di lututku ada lendir.
Kemarin kamu ngajarin aku jangan mau pake HP slide karena keypad gampang rusak
Kemarin kamu ngerasa tersindir karena aku bilang ‘kalo aku sih nyadar diri kenapa aku nggak mau pake touchscreen, karena aku jorok’
Aku masih nunggu kamu buat kamu boncengin pake ninja hitam terus kamu bakal pepetin aku ke bus, truk, atau mobil besar lainnya karena aku takut sama itu semua.
Aku ga akan berusaha buat Tika ga jutek lagi sama kamu, karena aku udah bilang, aku nggak kasian sama kamu.
Apakah besok kamu masih suka tampil nyebelin di ruang chat ku?
Apakah besok kamu masih suka ngebetein di ruang chat ku?
Apakah besok kamu masih suka tampil belagu di ruang chat ku?
Apakah besok ada orang pake kacamata yang berdiri malu dihadapan aku?
Apakah besok ada orang bertubuh tinggi yang berbicara kaku denganku?
Apakah besok ada kejadian seperti tanggal 10 september 2009?
Apakah besok ada kejadian seperti tangal 20 Ramadhan 1429?
Apakah besok aku bisa liat tertawamu melihat kepayahanku?
Apakah besok ada yang jadi guru buat ngajarin aku ttg HP?
Apakah besok ada yang ngerasa tersindir?
Apakah besok ada yang bilang ‘kalo kamu butuh bantuan bilang aja sama aku, selama aku bias Bantu, aku bantuin kamu’
Apakah besok ada yang menceritakan apa gunanya teman?
Apakah besok kamu mau ngajak aku naik motor ninja hitam kamu terus mepetin aku ke bus,truk, dan mobil besar lainnya supaya nggak takut?

Kamu emang bukan pisces, aries, aquarius, livfa, ferly. Tapi kamu itu temen aku yang peduli sama aku. Kamu itu temen yang baik buat aku. AKU BELUM SIAP KEHILANGAN KAMU…….

Sunday 15 August 2010

Vazha benci kalian...

Kalo Vazha udah nggak punya tenaga apa kalian peduli?
Kalo Vazha punya penyakit apa kalian peduli?
Kalo Vazha udah cape dan gak kuat apa kalian peduli?

Kalian nggak tau kan?
Kalo minggu ini, tadi pagi Vazha nangis.
Tau ga karena apa?
Karena kaliaannn........

Kalian juga ga tu, tadi Vazha nggak bisa duduk gara-gara pinggang sebelah kiri Vazha sakit, udah gtu kalo kaki Vazha digerakin sakit...

Apa sih peduli kalian sama Vazha?
Nggak ada....
Vazha benci sama kalian...
Vazha ini bukan robot...

Kalo udah kayak gini Vazha udah nggak pingin berhubungan dengan kalian. Vazha pengen ngakhirin semuanya, mungkin juga ngakhirin hidup Vazha.
Vazha udah putus asa buat ngadepin hidup....
Vazha udah cape.
Tadi Vazha udah ga kuat buat duduk.
Buat nafas aja kayaknya udah sesek.
Apa kalian tau itu semua?
Nggak kan kalian nggak tau apa-apa.

Sekarang, kalau kalian tau apa kalian mau peduli sama Vazha?
Mau ngeringanin sedikit aja beban Vazha?
Vazha juga pengen diem, pengen santei...
Vazha udah bener bener benci sama kalian....

Vazha udah nggak percaya sama kalian
Vazha udah nggak percaya sama yang namanya temen....

Sekali lagi, Tolong hargain donk kondisi Vazha....
Jangan mau enaknya aja...

Saturday 14 August 2010

Kalian.....

Mau kalian itu apa sih???? Apa mau kalian???? Aku bener-bener heran ma kalian. Kalian bilang "ko vazha kurus?" Nyadar donk!!! selama ini siapa yang buat Vazha kurus? Bukannya kalian? Kalian yang udah nyita waktu makan Vazha. Kalian juga yang udah buat Vazha lupa waktu makan. Kalian juga yang udah buat Vazha ga nafsu makan karena stress buat ngerjain tugas.
Mau kalian apa sih? Vazha udah bantu kalian supaya nilai kalian ada, atau membuat nilai kalian jadi lebih baik. Tapi apa? saat Vazha minta bantuan kalian, apa jawaban kalian? Nggak ada yang jawab. Semua diem. Dan akhirnya Vazha harus berjuang buat nyelesein itu semua.
Saat Vazha mendengar "Jangan kamu doang yang kerja, bagi-bagi dong ini kan tugas kelompok". Helooooo!!! Ini emang tugas kelompok masa terus masa yang peduli cuma 1 orang??? Mana kepedulian kalian? Jangankan peduli ma Vazha, peduli ma tugas aja nggak
Oke,... Saat tugas dapat nilai bagus, Vazha harap kaian nggak usah terima kasih ma Vazha. Terima kasih aja sama kaka Vazha yang udah bela-belain malem-malem pinjem komputer sama sodara Vazha. Udah gitu karena komputer sodara Vazha mau di pake, Vazha cuma bisa pinjem hanya 15 menit aja, buat mindahin data doank!!! Dan kalian tau apa yang selanjutnya terjadi?? Kaka Vazha cari pinjeman monitor cuma biar Vazha nggak ke warnet. Monitor Vazha play back nya emang rusak dan kalo diperbaiki nggak cukup 1-2 hari. jadi mau nggak mau Vazha nggak bisa ngerjain tugas di rumah karena nggak ada monitor. Karena usaha kaka Vazha, akhirnya temen kaka Vazha mau minjemin monitor, dan dia bilang "pake aja sampai kapanpun". Apa kalian tau tentang itu? Nggak kan kalian nggak tau apa-apa bahkan kalian nggak mau tahu sedikit pun. Yang kalian tau, Vazha nggak bisa ngerjain power point karena monitor Vazha nggak bisa nyala, play backnya rusak. Cuma itu aja yang kalian ketahui, itu juga kalo kalian ngedengerin.
Apa kalian bisa baca sms Vazha? Apa kalian nggak bisa bales sms Vazha? Sms yang vazha kirim sama kali nggak kalian bales. ada yang bales jawabannya nggak bisa pke vazha hargain, tapi vazha sangat kecewa dengan orang yang membutuhkan waktu untuk bales sms vazha. padahal cuma bilang bisa apa nggak. Apa kalian tau? Vazha butuh 2 hari buat mikir apa vazha perlu sms itu ke kalian?
Selama Vazha masih punya tenaga kalian nggak peduli sama Vazha. Selama Vazha sehat, kalian nggak peduli sama Vazha. Jadi kalian ini anggap Vazha apa? Anggap Vazha robot yang nggak punya hati, yang nggak bisa nangis, yang cuma bisa disuruh-suruh, yang nggak punya kegiatan selain ngerjain tugas, yang gak perlu belajar kalo mau ada ulangan? Sadar donk!!! Vazha ini manusia, Vazha juga butuh kesenangan, Vazha punya impian yang selalu terhalang, Vazha juga btuh belajar kalo ada ulangan.
kalo udah gini Vazha pengen milih sakit aja. Kenapa ginjal Vazha nggak pernah kambuh? Padahal kalo udah kambuh, artinya vazha nggak boleh cape, dan kalian bisa ngerti kalo vazha nggak bisa ngerjain tugas sendirian, Vazha nggak bisa full pake tenaga vazha. Kenapa Vazha nggak dikasih liver aja sih? biar kalo capek sedikit, langsung masuk rumah sakit, biar kalian tau kalo Vazha tu nggak sehat, Vazha tu punya penyakit, Vazha tu nggak bisa ngeluarin tenaga banyak. Apa dengan itu kalian bisa nyadar? Mungkin kalian nggak tau dan nggak mau tau.
Aku nggak tau, kalian ini temen macam apa sih? bukan kalian bukan teman, tepatnya kalian itu majikan yang nggak peduli sama vazha. Nggak peduli berapa tisu yang udah vazha buang, nggak peduli berapa waktu yang vazha buang, terlebih berapa kesempatan yang vazha lewatin buat ngerjar impian vazha.

Jika orang ingin menjadi sesuatu, aku menginginkan sesuatu.
Jika orang ingin menjadi orang yang berguna, aku ingin menjadi teman yang berguna
Jika orang ingin diperhatikan, aku hanya ingin dihargai
Jika orang ingin dimengerti, aku ingin memahami
Jika orang ingin santai, aku ingin sibuk
Jika orang ingin diam, aku ingin bertualang
Jika orang ingin tertawa, aku ingin menangis.


-yang baca terus tersinggung maav, soalnya, sama siapa lagi vazha cerita kalau bukan ma ke 4 sahabat Vazha (Dini, Riska, Risma, Tika)dan buat Vazha itu nggak cukup, jadi Vazha cuma bisa ngungkapin lewat goresan-