Wednesday 21 March 2018

Pilihan

Pilihan itu adalah jawaban kita kamu memilih, iya kan? Idealnya, pilihan itu ada karena kamu sudah memilih lebih dari satu pilihan...

Tapi buat aku... pilihan itu adalah nasib yang harus kamu terima...
Aku terdampar disini karena aku ga bisa milih....
Aku datang ke sini bukan untuk bertanggung jawab atas kesejahteraan karyawanku, aku di sini bertugas sebagai "entry data" karyawan baru. Tapi, karena senior dan spv ku menilaiku memiliki kelebihan yang lebih, akhirnya aku berada disini, dan temanku yang asalnya berada di posisiku tidak menyukai bagian kesejahteraan, dia hanya ingin menginput data-data karyawan. Lalu aku? aku yang datang telat, harus menerima pilihan yang ga bisa aku ubah.
Gimana? Ya mau gimana lagi. Aku disini harus terima. Bedanya dia berhak untuk memilih sedangkan aku nggak.

Sunday 18 March 2018

Berlari dengan Waktu


Hari ini lelah banget...
Gw yang kurang tidur, kerjaan menumpuk dan di saat begini gw masih tetap harus melakukan “second job” nya gw. Dear God, tbh.... gw udah nyerah bgt sama “second job” gw, gw rela deh ngelakuin apapun.... kerja banting tulang.... kaya gini tiap hari pun tak apa, yang jelas bisa terbebas dari “second job” gw TT

Well, disini gw bukan mau cerita tentang second job gw, tapi gw ingin bercerita tentang apa yang sudah terjadi selama 3 hari kebelakang. Dimulai dari hari Selasa yang gw cap sebagai hari buruk gw....

Selasa dan Rabu a.k.a tanggal 6 dan 7 gw dapat undangan untuk ikut training P3K yang diselenggarakan dan nantinya bakal dapat sertifikasi dari Kemenaker RI. Excited? Jujur aja gw sedih banget.... Dulu emang rasanya pengen banget jadi dokter, bisa menanganin gituan, tapi setelah menanganin gituan dan udah ada suster yang jaga di mini klinik perusahaan gw, hasrat gw jadi dokter dan menanganin yang gituan sirna.... Dan ketika gw dapet undangan ngikutin training itu, gw udah bayangin, saat ada yang kecelakaan dan yang sakit beban itu ada di gw. Gw udah ga bisa lagi nyuruh security buat bersihin lukanya. Hmmm... fyi, tanpa disadari apa yang selama ini gw lakuin, itu adalah bentuk P3K juga loh.

Emang selama ini apa yang lo lakuin?
Well, ketika ada yang kecelakaan, yang gw lakukan adalah datang ke klinik, terus nyuruh security or orang yang di sana buat ngurusin orang yang kecelakaan, nah bagian gw adalah ngurusin identitas si korban, bikin surat rujukan ke rumah sakit dan mempersiapkan kelengkapan administrasi si korban.
Dan survey membuktikan guys....
Ternyata apa yang gw lakukan itu sudah benar. Saat kita memberikan P3K, setidaknya dilakukan 2 orang. Yang satu nolong si korban, yang satu lagi nyari bantuan. Nah, gw ambil bagian nyari bantuan. Wkwkw... nyari bantuan gimana? Oiya dong.... nyari bantuan ke bagian kendaraan buat mina dianterin ke RS sana – sini. Dan juga yang penting ngurus kelengkapan administrasi. Tanpa itu semua... Lo bakal di tolak di RS.

Well, kali ini gw ga akan bahas apa yang gw lakukan selama P3K. Gw Cuma mau ceritain kesibukan gw selama tiga hari kebelakang ini. Dimulai di hari Senin, tanggal 5 Maret, gw yang nunggu tagihan dari BPJS Kesehatan yang tak kunjung datang. Idealnya, itu tagihan dikirim setiap tanggal 3, tapi berhubung tanggal 3 adalah Sabtu, jadi di tanggal 5 yang sepertinya mereka baru ngerekapin itu tagihan. Gw udah wanti-wanti sama spv BPJS, kalo gw ga bisa kirim tepat waktu kalo sampe tanggal 5 sore aja tagihan BPJS belum dikirim. Tanggal 6 dan 7 gw ada training P3K dari pagi sampe sore. Dan bener aja, itu tagihan BPJS baru dikirim jam 17.09 sore di tanggal 5. Ya kali, gw kan udah pulang ya....
Di tanggal 6 pagi, sebelum gw pergi, gw udah coba kerjain sedikit tu iuran, terus dikirim ke email gw, buat dikerjain di rumah.

Tanggal 6 setelah training selesai, gw pulang tepat waktu. Sesampainya di rumah, gw kerjain tuh iuran. Amazingnya, banyak banget nama karyawan yang ga ada karena perpanjangan kontrak, akhirnya gw pun menyerah, gw kerjain seadanya, berarti harus lanjut di kantor, karena gw ga punya aplikasi buat cek data karyawan. Gw ngerjain itu sampe jam 11 malem, dan gw melakukan hal yang lain sampe larut malem.... Sampe jam 2....

Tanggal 7 adalah tanggal terakhir gw ikut training P3K. Sebenarnya worried banget sama aktivitas gw tadi malem. Tidur jam 2, dan harus bangun kembali jam 5, berangkat jam set 7, nyampe kantor jam 7 kurang 10 menit terus ngasih wejangan sama orang-orang yang terlambat.

Setelah briefing punya waktu satu setengah jam buat ngerjain iuran dan sisanya adalah pergi lagi kesuatu tempat untuk training P3K lagi. Dan hari ini adalah praktek + ujian. Menyesal? entahlah... gw tidur jam 2, tapi ga ngapalin, malah ngerjain yang lain.

Trainging terakhir berakhir sampe jam set 6 sore, dan gw pulang ke rumah basah kuyup karena ujan. Huft... Lelah banget ini badan. Gw maksain mata buat nutup sebentar dan bangun tengah malam, tapi ga bisa.... Ga bisa tidur. Akhirya gw pun ngerjain yang lain, karena percuma mata ga tidur, kerjaan pun terbengkalai. Akhirnya gw mutusin buat "kerja". Kerjaan gw selesei lebih cepat, tapi amazingnya, gw ga bisa tidur lagi, dan baru terlelap sekitar jam 1 an. Dan rutinitas pun kembali berputar. Bangun jam 5 dan lain-lainnya.

Badan gw terasa lelah, tapi tidur pun gamau (mata tuh gamau nutup dan kesadaran menghilang). Gw dateng dan lanjut ngerjain iuran. Waktu belum teng jam, tapi cobaan menghadang gw. Gw di telp suruh ke klinik karena ada yang kecelakaan. Saat itu, ga ada kendaraan karena jam masih menunjukkan anter-jemput karyawan. Gw pun siapin motor sendir, dan... untunglah si suster udah dateng, jadi suster yang bawa dia ke RS.

Satu masalah teratasi, tapi masalah lain dateng. Spv gw nagih-nagih tagihan BPJS, hufft... bener-bener zero tolerance ya.... gw kan baru selesei trainig, terus ada kecelakaan, nanti lah dikirimnya, aga siangan. Sebelum makan siang. Lagian situ juga ngoceh di WA grup paling lambat tanggal 10 kan?

Cobaan lagi seneng nih nguji gw, ga lama dari situ, adalagi yang kecelakaan dan gw.... huft... gw harus menangani lagi, bikin rujukan dll. Yang ini sedikit kucing-kucingan, karena si pasien gamau dijait di RS, akhirnya dia kembali kerja. Hufft... kalo sobeknya kecil sih ga perlu dibawa, tapi ini sobeknya besar. Jadi, gw cari-cari dulu tu orang ada dimana. Dan tentu aja, area kerja gw luas banget. Harus nyari kemana coba. Bener-bener nyusahin kan. Pas ketemu sama si pasien, gw kasih wejangan deh sampe akhirnya dia mau dibawa ke RS.

Dua pasien yang kecelakaan sudah tertangani, dan gw pun bisa menyelesaikan iuran BPJS tepat waktu, sebelum jam makan siang, udah gw kirim ke spv. Tapi masalah tuh dateng kembali setelah jam makan siang. Huft... Gila ga? Petinggi bagian  GA dateng ke ruang gw dan nagih denah lokasi buat penempatan loker. Gw didatengin sama tamu besar, tapi sayangnya gw ha he ho, karena gatau apa-apa. Terus spv gw ceritain kalo dari kemarin si doi nyariin gw dan minta denah. Huft... perasaan gw training tuh cuma 2 hari.... tapi kenapa rasanya gw melewati banyak peristiwa penting. sampe-sampe gw baru masuk udah ditagih ini-itu.

Dulu jaman sekolah, kalo training-training gituan tuh seneng, yeee ga belajar... tapi kalo udah kerja... gw baru menyadari... itu bukan berarti terbebas dari pekerjaan kalian... tapi tanpa kalian sadari kalian sedang "menabung" tugas kalian dan melewati peristiwa-peristiwa yang penting. 



credit : onpic
Please take full credit for taking out