Wednesday 15 January 2014

Mengakui Kesalahan


Rama  : Jangan browsing sama OL aja
Gue    : Bosen Ram. Bawaannya.... Mana udah bete lagi sama MYOB yang terus-terusan ngulang, udah ngulang tuh ya, beda lagi, beda lagi, tapi akhrinya nggak di periksa sama Bapanya. Gimana ga gendok coba
Rama : Terus Lo nyerah?
Gue    : Bisa jadi...
Rama : Haahaha, Lo tuh ya, jawabannya. Jangan bimbang dong. Lo tuh kan A, lo mau malu-maluin spesies Lo? Lo gamau disebut “nyerah”, tapi pada kenyataannya lo nyerah. Va, nggak semuanya yang baik mesti ada di diri lo.  Gini deh, Itu Dosen kan nggak akan meriksa terus kenapa lo cape-cape mau ngulang?
Gue    : Karena gue nggak pede. Gue tau gue salah, dan temen gue bener. Terus gue nggak mungkin ngasihin yang salah ke dosen.
Rama  : Kenapa?
Gue    : Karena gue salah, sedangkan yang lain bener. Yang lain bisa bener, kenapa gue nggak?
Rama  : Nah, itu lo tau. Kenapa lo mesti ngeluh untuk kebenaran, kan itu juga untuk kebaikan lo juga.
Gue    : Gue cape. Hasilnya nggak sesuai apa yang gue harap. Padahal gue udah bekerja keras. Belum lagi liat temen-temen yang lain, yang tinggal pada copas.
Rama  : Va, semuanya ada hikmah. Hikmah yang ga terisrat
Gue    : Gue udah ngerjain 4 kali soal perusahaan MYOB, lebih deh kayaknya. Dari PD. Subur, Micronics, Kharisma Digital, yg ulangan, sama Respati. Tapi apa yang gue dapet, gagal-gagal dan gagal. Pengalaman gue ngerjain yang dulu tuh nggak ada hikmahnya. Ga ada yang bisa gue rasakan.
Rama : Belum dapet. Kalaupun dapet, gue yakin lo nggak akan mau ngakuin.
Gue    : *Iya*
Rama  : Jadi....
Gue    : apa?
Rama  : Jangan menyesali atau menggerutu hal yang nggak ada gunanya. Sekarang ya pikirin yang sekarang, yang udah, ya udah dan mulai lagi di lembaran yang baru, yang masa depan, ada waktunya Lo mikirin itu
Gue    : Hmmm, tapi kan gue juga butuh hiburan Ram
Rama  : Lo harus tau dimana lo bisa dapetin hiburan dan kapan lo bisa dapetin hiburan. Ya, lo pikir aja, kalo di kampus lo malah browsing yang sifatnya hiburan, berarti lo udah dapet hiburannya. Di rumah lo ngapain? Browsing juga? Terus belajarnya kapan? Katanya Lo janji ga akan males-malesan lagi. Lo udah mau berubah.
Gue    : *diem*
Rama  : Gue yakin, saat di rumah  nanti lo pasti perang batin. Perang batin antara belajar atau melakukan tugas yang ga wajib. Pada akhirnya, tugas yang ga wajib itu ga dikerjain, belajar juga ga selesei
Gue    : *diem*
Rama  : *Ngacak-ngacak rambut* Udah, jangan banyak pikir dan perang batin lagi. Jangan mencari alasan kalo lo itu benar. Kalo lo tau lo salah, akuin kesalahan lo dan berubahlah. Nggak perlu nyari alasan lagi kalo lo itu benar. Coba nerima kesalahan lo, dengan begitu, hidup lo bakal bahagia dan tenang. Mengakui kesalahan dan mau minta maaf itu kunci ketenangan hidup.