Sunday 30 December 2012

Maddah, buku terbaru Risa Saraswati

Risa Saraswati : Tentang Maddah Dan Cara Mendapatkannya...: Saat kuceritakan banyak hal tentang “Mereka” yang menjadi sahabat-sahabat kecilku dalam sebuah karya tulis berbentuk buku yang kuberi ju...

Friday 28 December 2012

Sahabat itu...


Rama   : Lo kenapa? Bete lo ga libur ya?

Gue      : Biasanya juga ga kali Ram.

Rama   : Nah justru itu jangan dibiasain. Tar jadi kebiasaan.

Gue      : Hmmm... entahlah, kayanya gue kena sindrom kangen sama sahabat gue.

Rama   : terus kenapa mesti bete?

Gue      : Gue ngerasa dia udah ga inget lagi sama gue.

Rama   : Tau dari mana?

Gue     : Gue bisa rasain dari kata-katanya dia sms. Singkat banget, gue tanya kenapa dia bilang gapapa. Padahal gue tau ram, dia ada sesuatu. Okelah kalo dia emang bilang ga ada apa-apa, itu artinya dia lagi males sama gue. Padahal ya, kalo dia lagi males sms-an sama gue ya bilang aja “Gue lagi ga pengen sms-an sama lo.” Lah in gue udah sms, 2 hari ga dibales, pas dibales, dingin banget, padahal di twitter dia ceria-ceria aja tuh. Yang bikin gue sakit, dia tetep ceria tuh bareng temen-temennya. Dia seneng. Okelah, gue tau gue ga bisa ngasih apa-apa yang berarti buat dia. Gue ga suka korea, gue gatau tempat nongkrong yang asik, gue juga ga suka jalan-jalan, dan gue ga begitu suka dekan wisata kuliner. Gue emang bukan partner yang baik. ...
            Tapi Ram, asal lo tau, kemarin dia muji-muji gue, kalo gue sahabat yang paling baik, tapi nyatanya. Itu omong kosong yang besar banget.

Rama   : Yaudahlah Va. Biarin aja...

Gue     : Ya, tar kalo dia ada butuh lagi baru dateng sama gue.

Rama   : hmmm.. va, gue ko nilai lo, lo tuh mau enaknya aja ya? Lo tuh terlalu memaksakan temen lo selalu ada disamping lo. Dan bisa nurutin semua mau lo.

Gue     : Maybe, lo bisa jadi bener, tapi Ram, gue selalu ngerasa, buat mereka aja, gue selalu ada, masa buat gue mereka ga ada. Sahabat macam apa itu?

Rama   : Va, sahabat itu bukan masalah seberapa banyak lo dan dia melakukan timbal balik, tapi seberapa sering lo ada disamping dia.

Gue     : Iya, dan itu artinya dia bukan sahabat gue.

Rama   : Percaya deh Va, hadir di sisi orang lain tuh bakal kerasa suatu hal yang membanggakan kalo lo denger kisahnya dari orang lain.

Gue     : Maksud lo?

Rama   : Sederhananya sih. Dia mungkin nganggap lo sahabat, tapi lo ragu. Lo boleh ga anggap dia sahabat, tapi jangan pernah ngalangin dia bercerita tentang kebaikan lo sebagai sahabat dia ke orang lain.

Gue     : Hmmm... emang mau dia banggain gue di depan temen-temen dia? Siapa sih gue Ram? Gue bukan siapa-siapa.

Rama   : Ini nih ga baiknya kemampuan sosialisasi lo rendah.

Gue     : ....

Rama   : Lo mengandalkan satu orang, lo anggap temen itu harus jadi sahabat lo. Asal lo tau ga semua temen harus jadi sahabat lo. Lo terlalu mengharapkan hal lebih dari seorang sahabat. Mungkin pikiran lo selalu mengatakan “gapapa gue ga punya temen, tapi gue punya sahabat yang lebih baik dari pada temen.”

Gue     : Iya, makannya gue teramat hati-hati untuk memberikan predikat seseorang itu sahabat. Dan sekarang gue menyesal udah ngasih predikat itu buat seseorang itu.

Rama   : Yang udah jadi pelajaran aja ya. Terus apa yang mau lo lakuin atau gimana sikap lo ke dia.

Gue     : ya biasa aja, gue ga akan mulai komunikasi kalo bukan dia yang mulai.

Rama   : tuh kan...

Gue     : Ram, gue ga mau dicuekin lagi. Dari pada tar dia cuek, makin aja gue ga suka. Jadi lebih baik kaya ginilah. Jangan bikin gue tambah ga suka sama dia. Oya, ada yang masih nge ganjel. Dulu gue pengen banget ngasih kado ke dia. Tapi Ram, lo tau? Gue udah ga niat semenjak dia berubah sama gue. Jadi tunggu tar aja deh, kalo dia respon positif ucapan gue, mungkin niat gue nambah lagi.

Rama   : Va,  gue tau lo. Tapi ini buat yang kedepannya ya. Jangan terlalu mengharap lebih dari seorang sahabat apalagi lo kenalnya atau deketnya baru-baru. Dan satu lagi, sahabat itu ga kaya pacaran, persahabatan itu lebih dari komitmen, dia ga butuh janji. Lo ga perlu bilang sama seseorang, “apa lo mau jadi sahabat gue” Ga va, persahabatan itu akan ngalir gitu aja, dan sebelum persahabatan itu terjalin, butuh proses, dari suka maupun duka. Contohnya, kaya lo sama Tika kan? Gue sama Cookie, Lando, Sid. Jangan mentang-mentang lo pacar gue, terus lo mesti bersahabat juga dengan mereka. Persahabatan itu bukan karena status atau paksaan Va.

Gue     : Iya, gue udah temenan deket sama Tika, kaya lo temenan bareng Cookie, Lando, Sid. Ya, kita temenan deket udah 7 tahun. Tapi butuh waktu 4 tahun buat kita saling mengerti kaya gini....

Rama   : So, jadikan pelajaran persahabatan lo dan tika itu buat persahabatan lo dengan orang lain. Persahabatan butuh pengertian. Dan satu lagi. Semua hubungan bakal indah kalo mereka “SALING” ga ada salah satu pihak yang diuntungkan atau dirugikan

Thursday 20 December 2012

Ga kerasa


Ga kerasa....

Iya ga kerasa blog aku udah berumur 3 tahun 7 bulan 17 hari. Ga kerasa banget sampe detik ini udah ada 91 ribu yang ngunjungin. Udah ada 494 posting, dimana komentarnya udah ada 450. Dan udah ada 40 followers.

Seneng?

Mmm, lebih ke terharu sih...

Ga kerasa banget, blog yang udah aku besarin, blog yang bener2 ga ada apa-apanya, sampe akhirnya ada apa-apanya. Banyak juga  orang yang udah tau blog aku, ini bsa keliatan dari traffic source dimana ada orang yang ngesearch di google pake blog aku, jadi misalnya lagi nyari topik essay, terus dia ngetikin di googlenya “essay diary vazha.” Seneng banget deh bisa berbagi dengan orang lain, artinya karya kita dihargai juga, dan dari 450 komentar itu, alhamdulillah, komentarnya baik-baik, ga ada yang ga enak. Komentarnya malah makin nambah aku buat nge pos  lagi, sampe ada juga yang nge- email, dan ngucapin thanks di twitter. Seneng banget.

Awal mula tau blog itu dari salma, dia yang ngenalin aku sama keseruan blog, sampe dia support aku dengan cara kunjungin blog aku terus, komenin terus. Awalnya juga posting blog Cuma iseng-iseng, posting juga semaunya, malah pernah beberapa bulan ga pos, Cuma waktku itu aku ga sengaja liat ke statistik, disana aku kaget banget, ternyata ada 1544 yang ngunjungin blog aku. Iya emang ga seberapa sih, tapi waktu itu udah 1 tahun aku bikin blog dan yang ngunjungin blog aku ada segitu, ya aku puas banget lah, itu kan aku masih amatir. Inget banget, waktu itu blog yang paling banyak dikunjungi itu “kebun binatang” sama klasifikasi hewan. Dari situ aku mikir orang-orang lebih membutuhkan materi pelajaran gitu, dan disitu aku semangat banget buat posting sampe akhirnya aku gila posting banget, dalam sehari bisa 10 postingan, dalam sebulan bisa sampe 40 postingan. Dan kerasa loh guys, dengan kamu sering nulis, kemampuan kamu bisa berkembang. Coba aja baca postingan yang dulu, bahasanya tuh masih acak-acakan, ga enak, beda sama sekarang, banyak juga loh orang yang ga percaya kalo postingan itu kata-katanya pure kata aku, soalnya katanya enak.

Inget banget, tiap februari adalah bulan spesial, dan di sana harus ada yang unik. Dulu aku posting 27 di tanggal 27. Dan tahun kemarin aku posting “uniknya Februari”, terus aku juga posting tentang ttg cerita aku, “Si Jenius dari Negeri Begomania” yang ceritanya belum kunjung selesei. Terus aku juga sekarang suka nulis “Gue dan Rama” dimana itu cerita tentang setan dan malaikat, dan ga usah ditanya, udah pasti Rama jadi malaikatnya, dan Gue jadi setan yang keras kepala *mana ada setan baik.” Terus yang paling berkesan waktu aku ga lulus STIS, terus ada yang komen, dan disana mala jadi komen-komenan sampe akhirnya saling kenal.
aa...

Hari ini aku mau ngucapin buat para reader yang udah setia baca blog-ku, tanpa kalian aku ga akan bangkit dan berkembang. Dan Cuma sama kalian aku  ngerasa di hargai J

Thanks guys....

You are the best...

Sunday 16 December 2012

That's Why I'm Here


Hari ini seperti biasa ngampus dianter Rama bareng si Yaris silevernya. Terus Rama malah masukin mobilnya ke area kampus dan tumben-tumbenan turun dari mobilnya dan ngajak ke taman belakang gedung kuliah.

Rama   : Blog lo keren deh Va. Kemarin gue searching tentang diary mahasiswa gitu, eh yang keluar malah blog lo, walaupun blog lo keluar di urutan ke empat.

Gue     : Hah, serius lo Ram? Wah kalo gitu gue mau rajin-rajin ah nge posting diary tentang mahasiswa gitu

Rama   : Yeh, lo tu gimana sih, ko blog dijadikan ajang curhat gitu sih.

Gue     : Siapa bilang Ram, buat gue blog itu segalanya. Ga selamanya curhat itu spam. Kita curhat kalo ada motivasinya sih berguna banget, soalnya banyak juga loh yang pengen tau pengalaman orang.

Rama   : Oh ya? Gue ko ga berpikiran kalo internet bisa dijadikan sebagai sharing pengalaman yang paling privacy dari seseorang.

Gue     : Ya, kalo saking frustasinya sih bisa aja lagi Ram. Pengalaman orang tuh bisa jadikan ukuran buat kita.

Rama   : maksud lo?

Gue     : Lo kan pernah bilang kalo bahagianya seseorang tuh ga diukur dari menang atau kalahnya seseorang, tapi diliat dari seberapa banyak seseorang memaknai hal-hal kecil di hidupnya. Dengan kita liat pengalaman orang, kita bisa ngukur seberuntung apakah kita dibandigkan orang itu, nah dari situ kita bisa mengintrospeksi diri kita.

Rama   : Oh, jadi sekarang tuh pengalaman juga bisa dijadiin hal yang guna ya buat orang lain?

Gue     : ya tergantung orangnya Ram. Kalo orangnya keras kepala dan gamau mengintrospeksi diri sih mana ngefek.

Rama   : Kalo lo sendiri gimana?

Gue     : Maksud lo?

Rama   : Lo juga kan agak ..... keras kepala. Lo sendiri nanggepin pengalaman itu gimana?

Gue     : ......
            Ya, Ram, sekeras-kerasnya orang pasti ada sesuatu  yang bakal bikin dia leleh juga. Ya, gue sih tipe orang yang amat menghargai pengalaman, jadi pengalaman itu hal yang penting buat gue. Pengalaman itu guru yang sebenarnya Ram.

Rama   : Lo itu ya, kalo masalah blog aja, bijak dan langsung interest gitu.

Gue     : Iya iyalah Ram, soalnya dengan orang baca blog gue apalagi orang itu mau berkomen di blog gue, gue ngerasa di hargai Ram.

Rama   : *liat jam tangan* Yuk ah, udah jam 7 kurang 5 menit nih, lo mesti masuk kelas.

Gue     : Serius lo Ram? Ko, lo bilangnya pas mepet-mepet mau masuk sih? Gue kan harus nyatuin tuga PTI bareng partner gue.

Rama   : That’s why i’m here. Gue tau lo ada tugas. Maka dari itu gue sengaja ngajak lo ke taman ini buat ngobrol, Lo tau kenapa? Biar tugas lo ga dicontekin sama temen-temen lo.

Gue     : ......

Rama   : Va, ga semuanya bantuan itu harus ditolong. Ubah mindset lo. Gue tau lo tuh kayanya terobsesi banget sama yang namanya “pinter” sampe lo berpikir apapun yang ada di dunia ini bakal lo dapetin kalo lo pinter. Tapi lo jangan punya pikiran kalo lo ga bisa pinter seengganya lo bisa buat orang lain bego dengan lo contekin pekerjaan lo ke orang lain.

Gue     : Bahkan gue ga berpikiran ke arah situ Ram. Gue ga sadar dengan gue nyontekin pekerjaan gue ke orang udah bikin gue pinter dan buat orang lain bego. Gue ga ada niatan kaya gitu Ram.

Rama   : Ya, baguslah kalo lo ga punya niatan kaya gitu, dan sebenarnya lo cuma pengen bantu mereka. Tapi tolong, mulai sekarang, lo jangan sia-siain hasil kerja keras lo.  Kerja keras lo buat dapetin jawaban udah nyita waktu yang lo sia-siain buat mimpi lo, lo ga sayang sama itu?

Gue     : Gue juga tau Ram, tapi kalo gue ga kasih liat tar gue disangkanya apa. Pelitlah, sombonglah, ga mau bantuin lah. Udah tau gue tuh ga bisa sosialisasi, kalo gue dapet cap itu, gue dapet apa Ram.

Rama   : That’s why i’m here Va. Gue tau lo, maka dari itu gue ga buat lo telat, tapi gue Cuma buat lo hampir telat, dengan begitu, mana ada orang yang nyontek pekerjaan Lo.

Gue     : Ram............. Thanks....


Thursday 13 December 2012

Hidup itu Simple


Rama : Perasaan tadi lo pake rok deh...

Gue   : Yup gue ganti.

Rama : kenapa?

Gue   : DIPROTES!!!!

Rama : Emang mereka ngatain lo kaya gimana?

Gue  : Bilang gue aneh lah kalo pake rok, bilang kalo gue ga pantes lah pake rok. Terus yang ini yang ga banget. Gue dibilang kaya anak kecil kalo lagi pake rok. Hmmm, mungkin alasan mereka bilang gue ga pantes karena gue kaya anak kecil terus mereka iri gitu? Padahal ya Ram, gue lebih seneng dibilang anak kecil. Anak kecil itu polos, gatau apa-apa, justru semakin gede tuh semakin egois, teori salah total kalo bilang semakin bertambah umur, semakin dewasa. Huh yang ada semakin bertambah umur semakin banyak masalah, semakain banyak masalah, bukan nambah dewasa yang ada malah semakin galau.

Rama : Terus lo langsung lepas rok lo?

Gue  : yaiyalah, toh mau gue pake rok mau ga, gue tetep fine fine aja. Suka keduanya

Rama : tumben lo nanggepin kata orang, biasanya lo kan cuek.

Gue  : Ram, masalahna yang ngomong tuh ga 1 orang, masa tiap orang yang dateng gue dibilangin kaya gitu. Kan risih nih telinga gue. Males gue denger ocehan mereka. Makannya, gue lebih milih buaat ganti aja. Kan beres ga ada yang ngomel-ngomel lagi.

Rama : Lo tuh ya, pundungan ... bener bener kaya anak kecil

Gue  : Ya Ram, terus gue mesti debat gitu sama mereka kalo gue juga bagus pake rok? MALEEESSs... Gue sih ambil gampangnya aja gue copot, masukin tas, terus gue pake jeans, toh mau pake jeans atau rok, sama sama nyaman juga. Hidup itu dibuat simple aja Ram, ga perlu banyak action, ga perlu banyak omong juga. ENJOY...

Rama : Iya, tapi lo juga harus denger saran mereka juga. Tapi walaupun begitu, lo harus ngikutin kata hati lo, jangan kata orang lo gimana-gimana terus lo ngubah sikap lo, jangan, BE YOUR SELF...

Sunday 9 December 2012

Bahagia itu Simple


Rama : Nggak seperti biasanya gue liat lo seneng kaya gini. Lo kenapa?

Gue  : Gue lagi happy Ram. Happy banget. Lo tau kenapa?

Rama : Kenapa?

Gue  : hari ini gue dapet banyak ucapan terimakasih dari orang-orang apalagi sahabat-sahabat gue. Bener kata lo Ram, bahagia sesungguhnya saat liat orang lain bahagia, apalagi bahagianya gara-gara kita.

Rama :Emang hari ini lo ngelakuin apa aja?

Gue  : pertama, gue kan ke rumah sahabat gue yang ada di Lembang. Gue kesana soalnya kemarin jumat ayahnya meninggal, ya sebagai sahabat yang baik gue mesti kesana dan setidaknya nemenin sahabat gue. Pas gue kesana nyokap sahabat gue dan sahabat gue seneng, mereka ga nyangka kalo gue bakal kesana, padahal mereka tau kelo rumah gue jauh banget. Ga banget juga sih tapi lumayanlah. Dan lo tau mereka bilang apa? Mereka bilang “Makasih udah dateng, jauh-jauh dateng kesini, makasih udah nyempetin.” Ah Ram, sejauh apapun rumah seseorang, tak ada rumah yang jauh bagi seorang sahabat. Terus mereka juga seneng waktu gue bawain donat, ya Ram, malu aja gue kesana tapi gue ga ga bawa apa-apa. Alhasil sampe detik ini sahabat gue ga berhenti berhentinya ngucapin terimakasih.

Rama : yang kedua?

Gue  : yang kedua, gue bantuin sahabat gue ngerjain tugas, disana juga gue nyerita sama sahabat kalo gue berniat  mengambangkan hobi dan menyalurkan bakat gue. Terus sahabat gue dukung gue. Dan waktu dia udah mau pergi, gue bilang makasih, dia malah bilang, “Ko makasih? Harusnya gue yang bilang makasih, lo udah banyak bantuin gue. Makasih ya Va.”

Rama : Lo bisa rasain kan Va, kebahagiaan itu simple. Bahagia itu gimana kita nyikapin sesuatu. Kaya cerita lo tadi. Padahal lo Cuma dapet ucapan terimakasih. Tapi kayaknya ucapan terimakasih itu suatu kebanggaan buat lo.

Gue  : Oya satu lagi Ram. Lo tau ga? Gue ngerasa terharu banget, waktu ada temen kampus gue yang ga terima waktu gue dibilang jahat. Dia bilang, “Ih eva tuh baik tau” padahal temen gue juga bilang jahatnya juga bercanda, gue lagi main-main sama dia. Dan temen gue yang ini juga pernah bilang sama gue. “Gue gatau harus bilang apa atau berbuat apalagi. Lo terlalu baik sama gue Va, Disaat gue kaya gini, disaat gue butuh bantuan dan gatau mau minta bantuan sama siapa, lo masih mau bantuin gue. Thanks ya va.” Lo tau Ram? Jujur aja badan gue bergetar. Sebegitu berharganyakah gue dimata dia?

Rama : Lo sekarang bisa ngerti kan arti bahagia itu apa?

Gue  : Of course... Kebahagiaan itu bukan masalah menang atau kalah, tapi seberapa banyak kita memaknai hal kecil dalam hidup kita.

Saturday 8 December 2012

Terbaik



Aku pernah bilang kalo aku emang bukan orang yang terbaik apalagi orang yang terbaik. Tapi cukup anda tahu, bahwa aku adalah yang terbaik dan yang paling baik untuk sahabatku

Selamat Jalan ....


Kenapa sih harus ada kelahiran kalo toh ujung-ujungnya ada kematian? Hari ini aku dapet kabar dari sahabat aku, kalo papahnya meninggal. Sedih? Bangetlah. Itu emang bukan papa aku, dan aku juga belum pernah ketemu sama papanya temen aku, tapi gatau kenapa sedih banget. Ah padahal sahabat aku pernah bilang kalo papanya tuh pengen ketemu sama aku, dan sampe akhirnya beliau meninggal-pun aku ga ketemu sama papanya.

Masih inget waktu papanya di rumah sakit, aku pengen banget ngejenguk beliau, pengen juga nemenin anaknya di rumah sakit, gimana pun juga anaknya sahabat aku. Terus anaknya Cuma bilang kalo aku ga usah jenguk, dan akhirnya Cuma nitip salam. Terus beliau Cuma bilang ke aku lewat anaknya, “udah ga usah kesini, kuliah aja yang bener.” Gatau kenapa aku ngerasa kata-kata itu kaya doa buat aku. Makasih Om, aku pasti bakal kuliah yang bener, ah tapi aku masih pengen ketemu sama om, dan sampe om pergi pun aku belum liat muka om. :’(

Terus aku juga tau awal perjalanan gimana beliau sakit, di operasi, sampai sembuh gimana. Dari waktu pas deket deket SNMPTN aku baru dikasih tau kalau beliau itu sakit, terus udah operasi keadaannya membaik walaupun harus menjalani serentetan terapi dan beliau milih terapi herbal.  Sampai akhirnya beliau sembuh dan jujur aja aku ga terlalu seneng ngedengernya :’(. Beliau sakit kanker, dan aku paling benci denger kata sembuh dari seorang penderita kanker, bukannya apa-apa saat orang itu sembuh, bukan sembuh yang dia dapetin tapi kematian yang akan ia hadapi. Aku tau hidup mati Cuma ada di tangan Tuhan. Tapi aku sering ngedenger dan menyaksikan dengan mata aku sendiri. Saat penderita kanker itu sembuh, ga lama kemudian kankernya menyerang lagi dan ga lama kemudian ia ....
Meninggal...............

Aku benci sama kanker dan  semua orang di sekitar aku meninggal gara-gara kanker. Sahabat aku hingga akhirnya papahnya sahabat aku pun meninggal gara-gara KANKER.

Baru kemarin aku dateng ke rumah sakit bromeous, emang bukan jenguk papahnya sih, tapi malah main sama anaknya. Pengen banget masuk ke ruangannya padahal udah ada di rumah sakitnya, ngelilingin rumah sakit bromeous. Nunggu jam besuk, eh pas waktunya jam besuk malah main ke Gramed sama makan di kedai mie aceh. Pas balik, itu udah mau ujan dan jam besuk juga abis. Terus sahabat aku ngajakin aku dan nawarin aku buat make payungnya dia tapi payungnya ada di rumah sakit. Pas kesana juga aku Cuma bisa nunggu di ruang tunngu. Sampe akhirnya pas sahabat aku keluar dari ruangan malah ngobrol dulu di lorong rumah sakit bromeous. Ngeberisikin orang sakit. Cekikikan, ngakak lah ah pokonya berasa tu tempat tempat tongkrongan.

Pas pulang dari rumah sakit, aku dapet kabar dari sahabat aku kalo mamanya pengen ketemu sama aku. Hhhh, sempet nyesel kenapa ga nunggu jam besuk sesi 2 juga....

Dan hari ini , tepatnya jam 20.31 dapet sms, “Va ayah aku meninggal”
Cuma cengo, diem, kaget, ga percaya. But, IT IS REAL. Begonya, tadi pagi sahabat aku neleponin aku dan taulah aku belum dibeliin HP sebelu UAS selesei, bener-bener nyesel. Langsung flashback..... sampe meninggalnya pun aku belum pernah liat mukanya. Padahal aku pengen banget ketemu. Dari cerita sahabat aku beliau orang yang hebat, dan pantas untuk dikagumi. Inget gimana sahabat aku nangisin papahnya, dan dokternya bilang kalo mau nangis jangan di depan papahnya. Masih inget gimana sahabat aku nangis, rela diem berjam-jam di kamar mandi gara-gara ia terlalu sayang dan gamau kehilangan sesosok yang sering ia sebut ayah.

Selamat jalan Om...
Semoga Allah menempatkan Om di tempat yang terbaik dan tempat yang paling baik....
Yang tenang disana....

Thursday 6 December 2012

My Viewers


Hihihihi.....
Tau ga sih guys, ini udah paling rekor banget deh. Bayangin ya, hari in blog aku yang ngunjungin ada 1000 lebih. Ya ampun ga percaqya banget ko bisa sih sebanyak itu??? OMG....
Here... liat statistikku. 

Ini statistik pas aku liat jam 10 pagi. gila yang berkunjung ada 242


Ini statistik pas aku liat jam 8 malam.  gila udah 1544

Wednesday 5 December 2012

Menulis Novel Dalam 30 Hari? Bisakah?


Menulis Novel Dalam 30 Hari? Bisakah?

1 Novel dalam 30 Hari?

Kamu bisa, asal gabung di
Noura Books Academy Writing Camp!
 
Menulis satu novel dalam 30 hari itu bukan mimpi lagi. Memang butuh komitmen sih, tapi kalau dapat trik dan tips dari penulis yang hebat, kamu pasti bisa! Apalagi NOURA BOOKS, mau bikin acara keren ini:
 
Noura Books Academy Writing Camp
 
Gimana cara ikutannya?
Syarat untuk tahap  seleksinya begini:
1.       Warga Negara Indonesia
2.       Aktif di akun jejaring sosial
3.       Aktif menulis blog
4.       Mengisi formulir di sini
5.    Mengirimkan ide cerita novel romance remaja yang ingin ditulis selama pelatihan dan 30 hari setelahnya
6.     Bersedia datang ke kantor Noura Books, Jagakarsa, dan mengikuti pelatihan intensif 2 hari 1 malam di Vila Mizan, Ciawi, Bogor
7.     Bersedia mengisi surat pernyataan keseriusan mengikuti pelatihan (untuk yang belum memiliki KTP surat harus diisi oleh orangtua peserta)
 
Ketentuan acaranya:
1.     Akan terpilih 10 orang peserta pelatihan dari tahap seleksi.
2.    Pelatihan dilaksanakan selama dua hari satu malam di Vila Mizan, Ciawi.
3.   Peserta akan diberi materi dan pelatihan oleh 3 orang pemateri yakni penulis berpengalaman yang telah ditunjuk oleh Noura Books. Setiap peserta akan merealisasikan ide cerita masing-masing dengan bimbingan pemateri dan editor Noura Books selama 30 hari setelah pelatihan.
4.     Bimbingan secara online melalui FB group private
5.    10 orang peserta akan mendapatkan paket berupa kaos polo eksklusif NBA, paket buku Noura Books senilai Rp 200.000, dan sertifikat pelatihan
6.     Setelah 30 hari, peserta harus menyerahkan naskahnya kepada Noura Books.
7.     Noura Books akan memilih 3 (tiga) naskah terbaik untuk diterbitkan pada 2013.
8.    Tiga peserta yang terpilih naskahnya tersebut akan berhak atas kontrak penerbitan dan advance royalti sebesar @ Rp 2.000.000,-
9.    Tujuh karya lainnya akan diterbitkan minimal dalam bentuk buku digital via mizan.com dengan sistem Print on Demand. Tak menutup kemungkinan jika ketujuh naskah ini juga diterbitkan dalam bentuk buku reguler, lho!
 
Jadwal rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:
1.       Tahap seleksi: 24 November – 9 Desember 2012
2.    Pengumumam peserta pelatihan: 13 Desember 2012 di website, blog, serta akun FB dan twitter NouraBooks
3.       Pelatihan intensif: 15-16 Desember 2012
4.       30 Hari penulisan novel: 17 Desember 2012-  15 Januari 2013
5.       Tahap seleksi novel terbaik: 15 Januari 2013 -21 Januari 2013
6.       Pengumuman 3 novel terbaik: 22 Januari 2013
 
Pemberi materinya? Ini nih yang penting banget. Kamu akan dapat kesempatan superlangka untuk belajar dari:
1.       Orizuka, penulis novel remaja Oppa and I dan Inifitely Yours.
2.       Primadonna Angela, penulis novel remaja Belanglicious dan How to be a Writer.
3.       Tasaro GK, penulis novel romance Galaksi Kinanthi.
 
Dan,  buat info aja, nih. Peserta acara ini tidak dipungut biaya alias GRATIS!!
 
Jadi, buruan daftar! Kesempatan nggak datang dua kali, lho!
 




gue bakal selalu baik di mata SAHABAT SAHABAT GUE!!!


Rama   : Lo yakin dengan keputusan lo?

Gue     : Yakin ga yakin sih Ram.

Rama   : Hhh, lo punya pendirian tuh ya...

Gue     : Gue galau Ram. Kalo gue keluar, gue emang bebas dan kebebasan gue itu loh... ga bisa dibayar oleh apapun. Tapi gue juga harus nerima kalo gue tar dikucilin

Rama   : Emang lo ga ada niatan buat masih bertahan

Gue     : Nggak, udah muak gue. Kayaknya gue ga akan kumpul aja deh.

Rama   : Gimana kalo lo dipanggil terus di introgasi gitu?

Gue     : Yaudah Ram gue mau bilang kalo gue ngerasa terkekang disini. Dia sering bilang kalo angkatan gue selalu ngecewain kita. Tapi apa pernah dia mikirin kalo gue juga kecewa sama dia? Ga kan.

Rama   : Emang lo kecewa apa?

Gue     : Kecewa sama angkatan 2011. Pada muka 2 semua mereka.  Mereka yang ngajarin kita jangan ngerjain ini itu, jangan kumpul, kumpul di moment tertentu doang. Tapi pas begitu kumpul organisasi mereka justru yang ngompor-ngomporin kita. Oya, dan satu lagi alasan utama gue pengen keluar. Gue ikut organisasi bukan untuk dimarah-marahin. Kenapa sih mereka selalu nyari kesalahan kita? Mereka salah aja, mereka gamau memperbaiki kan?

Rama   : Lo jangan bilang gitu, mungkin aja mereka mau memperbaiki.

Gue     : Tapi????

Rama   : Tiap orang punya cara tersendiri Va buat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mereka perbuat.

Gue     : Tapi Ram, gue tuh ga pernah dapet feedback dari mereka. Kenapa sih harus kita terus yang ngehargai mereka? Kenapa ga saling? Kenapa sih harus kita terus yang tau mereka? Kenapa ga saling? Saling itu kan lebih enak. Sekarang gini ya, kalo seandainya kaka kelas juga tau nama-nama kita, tar juga pasti kita malu, liat kaka kelas aja kenal, masa gue nggak. Mereka selalu bilang mereka kaka kita. Lo tau kan Ram, sesalah-salahnya adik pasti bakal di bela.  Lah ini adenya ga salah, disalah-salahin. Adenya salah di kompor-komporin. Pendidikan macam apa itu? Satu lagi yang buat gue udah ga ngerti jalan pikiran mereka. Gue social phobia Ram. Gue ga suka ketemu sama banyak orang. Gue ga nyaman kumpul dengan banyak orang. Dan mereka ga pernah ngerasain gimana sih rasanya social phobia itu.

Rama   : Justru lo harus ngilangin social phobia lo.

Gue     : iya sih, tapi Ram, caranya ga kaya gini juga kan? Gue udah cape. Gue sakit, gue stress aja mereka ga mikirin gue. Tapi kenapa gue harus menjadikan mereka sebagai prioritas utama yang udah nyita pikiran gue. Gue sadar ko Ram, gue ga baik buat organisasi gue. Ada acara, gue Cuma berkontribusi lewat uang bukan tenaga, gue keliatan ga respect. Tapi ya Ram, balik lagi aja sih, mereka selalu mikir kita salah kalo kita keluar. Pernah ga sih mereka mikir, kita keluar mungkin alasannya karena mereka. Kayanya ga deh.

Ram     : possitive aja va

Gue     : udah. Ah ram, gue ini hidup jamannya SBY, bukan jaman Hitler dan Nazi yang wajib cinta berlebihan sama negaranya. Gue cinta sama organisasi gue, tapi kalo mereka kaya gini, gue makin ga cinta Ram. Okelah mungkin mereka udah mendang gue apa, gue ga baik buat mereka, tapi , cukup mereka tau, gue bakal selalu baik di mata sahabat-sahabat gue.

Saturday 1 December 2012

Mereka Selalu Mengecewakan Kita


@Hilarious


Sid       : Kalian.... ckckck romantis banget deh, pacaran sambil ujan-ujanan

Jules    : *jitak kepala Sid*

Sid       : *mengerang, sambil ngelus-ngelus kepalanya.*

Cokie   : Kenapa Sid, Lo sirik sama mereka? Hahaha

Gue      : Siapa yang ujan-ujanan sih Sid

Rama   : *nyodorin cokelat panas ke gue* Mana mungkin gue biarin ni anak ujan-ujanan

Dan tau ga apa yang Rama lakuin? dia naro handuk ke atas kepala gue, terus ngacak-ngacak rambut gue gitu, intinya ngeringin rambut gue.

Aida    : Loh, terus kenapa lo bisa basah kuyup gitu, mmm, tapi ko Rama ga?

Gue      : Gue diujanin Ai sama organisasi gue

Sid       : Serius Lo?

Gue      : Kalo gue bercanda, gue ga akan basah kuyup begini Sid

Jules    : Lo ko masih bertahan sih sama organisasi lo?

Gue      : Gue udah pengen keluar Jules, tapi... ya keluar dari sana ga segampang masuknya

Lando  : Syal Lo?

Gue      : Dicabut

Cokie   : Ko bisa?

Gue     : Ya, karena angkatan gue udah banyak bikin kesalahan sama mereka. Kesalah yang menurut gue, itu bukan kesalahan. Dan yang terpenting adalah, angkatan gue udah buat organisasi kecewa.

Aida    : Tapi syal lo bakal kembali kan?

Gue     : *ngangkat bahu* kalo kita udah ga ngecewain mereka baru deh, tapi gue juga ga ngarep itu kembali ko. Uang 25 ribu ga bisa bayar kebahagiaan dan kebebasan gue.

Sid       : *geleng-geleng* Kebiasaan deh

Cokie   : Maksud lo?

Sid       : Kebiasaan seorang penguasa, mereka  selalu bilang “Jangan kecewakan kami” padahal mereka selalu mengecewakan kita

Accio Luck: My Priority Scale

Accio Luck: My Priority Scale: Makin lama gue makin merasa kehilangan alasan kenapa gue harus berada di tengah-tengah kumpulan orang berambisi ini.  Memang alasan aw...

Blog THIS banget