Sunday 29 January 2012

Soalnya feeling gue Ari bakal sama "GUE"



sesuai janji gue kemarin, gue bakal balik lagi bawa "sedikit" bocoran tentang JUM, dan sekarang gue tepatin! kalian seneng kan seneng ??!! ngaku deh ngaku! girang kan gue kasih bocoran ??! iya kan ??! (gue kayak mau ngebunuh yaa) hahahaahh =D umm, bocoran ini bukan gue yang asal nebak loh yaa, selain gue bukan dukun, gue gak punya hati buat nebaknya, soalnya kalo gue sih jujur nebaknya Ari itu gak bakal sama Tari... kenapa ???? soalnya feeling gue Ari endingnya sama gue #plak -_____- intinya bocoran ini gue dapet dari hasil kongres luar biasanya mbak Esti di Istora Senayan kemarin. gue gak dateng langsung ding, cuma kalian tau lah mata2 gue ada dimana2 ^_^v peace bro sist!! intinya lagi, percaya gak percaya inilah bocorannya, cekidott! Nb : gue bikin per-kolom yaa biar gak riweeuuh.. Nb lagi : siapin tissue guys, gue sejak tau bocoran ini udah ngabisin tissue 2 bal T.T

Pertama...
di JUM nanti Tari sempet jadian sama Ata (belum jelas karna apa) tapi endingnya Tari tetep sama Ari kok :)

Kedua...
yang Ata bilang di akhir JDE bakal bikin Tari lebih sering nangis (kalo lupa, mending baca lagi di halaman2 terakhir JDE) itu si Ata gak nyakitin Tari secara fisik kok, si Tari kena dampaknya aja secara batin gitu.

Ketiga...
soal dendam Angga, ternyata orang yang "bermasalah" sama Angga di masa lalu itu Ata, bukan Ari! makanya itu selama ini Angga gak sampe ngabisin Ari kan ?? soalnya waktu Angga liat mata Ari, dia gak liat sorot mata yang sama dengan orang yang "bermasalah" sama dia di masa lalunya itu. Angga pernah digebukin (semacem tawuran gitu) tapi ternyata yang gebukin itu Ata, bukan Ari!

itu tiga poin penting tentang bocoran yang dikasih mbak Esti, bocoran2 kecil yang lain ada lagi : bokapnya Ari bakal muncul di JUM dan masalah keluarga Ari bakal terungkap, Vero bener2 bikin hari demi hari Tari gak tenang (udah cukup Ver, inget dosa lo ckck)

gue yakin poin pertama yang paling bikin kalian GALAU ampun2an, iya kan iya kan ??!! sama berarti huhuu :( dan yang gue tangkep dari bocoran ini, kayaknya ARI SAMA TARI BAKAL TERSIKSA BATINIAH BANGET YAA T.T huaaaaa *nangis di pojokan* *pingsan* tapi tapi tapi semuanya gak jadi masalah, GUE YAKIN DAN PERCAYA SAMA KEKUATAN CINTA MEREKA!! toh pada akhirnya mereka bakal bahagia, dunia serasa milik berdua, yang laen ngontrak :p

oke, kayaknya cukup segini dulu dongeng gue di subuh yang cerah ini (catatan : gue posting ini jam 4 subuh) karna title gue sebagai insomners sejati >,< kalo ada salah2 kata gue minta maaf, kepada Allah gue selalu mohon ampun.. see you for the next entry guys :*
100% di dapet lagi dari blognya Ka Yoan 
Aku setuju banget deh sama kata Ka Yoan yang bilang Ari tuh ga bakal sama Tari, tapi bakal jadian sama GUE.... Itu banget lah... HAhahahh

Bocoran lengkap Jingga dan Senja the Series

Kemaren gue sempet ngumpulin ulang bocoran-bocoran tentang Jingga untuk Matahari (sekuel ketiga JDS series) karena gue anggep postingan-postingan gue kemarin belum lengkap kalo dibandingkan sejuta info yang di dapet pas meet & greet bareng Esti Kinasih kemarin (maklum, derita fans yang nggak dateng m&g gini nih, serba telmi) singkatnya kemarin gue buka JMS dan nemuin mereka-mereka yang rajin banget nyatetin info2 yang mereka denger secara langsung pas acara, nah dari situ gue baru punya ide buat ngumpulin fakta2 sekecil apa pun tentang bocoran kek, masa depan karya Esti Kinasih lainnya kek, apalah pokoknya. nah disitu gue dibantu Fianny Eldiana, makasih bantuannya fi :') bocoran ini udah gue mix dari segala macem sumber, salah satunya grup tercinteee JMS :* cekidottttt...


  • Jingga untuk Matahari terbit sekitar bulan februari 2012 pas hari Valentine.
  • Nanti di novel JUM ceritanya bakalan lebih keras, gelap dan menegangkan.  
  • Di JUM, Ari bakalan berubah secara fisik dan kelakuan buat nyelametin Ata.
  • Di SMA Airlangga, ada 2 kubu, yaitu Ari dan Ata. Lalu, Ari dan Ata akan saling melawan.
  • Selama 9 tahun nggak ketemu, Ari itu nggak tau kalau Ata mempunyai jiwa kepimimpinan.
  • Ata itu punya jiwa kepimimpinan yang naluriah, jadinya banyak yang tunduk sama Ata. Kalau Ari lebih menggunakan uang untuk banyak yang tunduk sama dia.
  • Di JUM, Gita bakal disandera oleh Ari, namun Gita dibebaskan oleh Ata. Angga dan Ata akan berteman dan 1 kelompok.
  • Setelah Ata bersekongkol dengan Angga, Ata bakal ngasih Tari ke Angga.
  • Ata sama sekali nggak suka sama Tari. Ata malahan ngerasa masalah ini harus diselesaikan sebelum Ata mempunyai pacar.
  • Di JUM nanti, sesuai janji Ata, Tari bakalan lebih banyak nangis.
  • Trus kalo ada yg nanya kenapa Tari itu berani bgt sama kakak kelas, jawabannya kalo Tari dibikin jadi cewek lemah ceritanya pasti nggak seru.
  • Nanti bakalan ada satu sosok baru muncul di novel JUM, sosok baru itu akan menjadi kunci dan menyelesaikan semua permasalahan di novel itu.
  • Nah buat yg pada penasaran tampang Ari, Ata, Tari itu kayak gimana tenang aja coy, tenang!!! soalnya ada rencana JUM bakal dijadiin film, horeee \^o^/ (baru rencana yaa gaysss!)  
  • Pokoknya JUM bakalan lebih menegangkan dan lebih banyak kejutan lagi.
  • kak Esti itu terinspirasi sosok MATAHARI SENJA dari 4 cowok ketua ekskul pencinta alam di sekolah ka Esti dulu. nah 4 karakter cowok itu di mix dan akhirnya jadilah sosok MATAHARI SENJA/ARI.
  • Oh iya ka Esti itu terinspirasi bikin tokoh yg namanya MATAHARI JINGGA, MATAHARI SENJA, dan JINGGA MATAHARI itu karna dia suka naik gunung, soalnya pas naik gunung moment yg paling ditunggu itu liat sunset dari puncak gunung.
  • Dan inspirasi satu lagi dari lagunya Iwan Fals yg judulnya "Mata Dewa" dan di lagu itu ada lirik/kata-kata "matahari jingga".
  • Di JUM akan ada banyak kejutan. Dan menurut perkirakan yang naksir sama Ari bisa jadi bakalan belok naksir sama Ata.
  • Kak Esti : "kalian belum tau aja kelebihan Ata. Aku aja yang suka sama Ari, begitu nulis Ata, langsung suka sama Ata" #jleb -_-
  • Nah kabar baik nih buat yg suka Ridho dan Oji. Ka Esti bakalan bikin novel baru buat mereka berdua. horeee!!!
  • Ka Esti bilang sekarang (awal Desember) naskah JUM udah hampir selesai dan Insya Allah bakal dikasih ke GPU akhir desember (lalu), dari proses penyerahan naskah itu masih ada lagi proses lainnya. bakalan ada proses editing, penetapan layout, pencetakan, dll. nah yg paling lama itu proses pencetakan karna makan waktu hampir 3 mingguan.

Sekalian info buat kalian yang pengen PreOrder novel Jingga untuk Matahari katanya udah bisa loh di Gramedia masing-masing daerah, soalnya takut kalian keabisan ujung-ujungnya nangis bombay :p POnya mulai tanggal 7 januari - 28 februari di Gramedia kota masing-masing, kalian juga bisa pesen kaos Jingga untuk Matahari yang unyu banget itu, warna orange, dibungkus dengan cantik banget bikin melting :')

100% copas dari blognya Ka Yoan

Saturday 28 January 2012

Cerita dan Kehidupan

Cerita dan kehidupan...
2 kata yang saling berkaitan. Cerita diangkat dari kehidupan, dan kehidupan seperti cerita.

Kehidupan dan cerita bisa disebut kisah. Kehidupan adalah kisah yang kita lalui, sedangkan cerita adalah kisah yang kita buat dan belum tentu kita mengalaminya atau melaluinya.

Cerita dan kehidupan tentu memiliki prinsip yang berbeda. Cerita memiliki prinsip "sulit memulai mudah mengakhiri". Coba saja anda membuat cerita. Jarang tuh orang buat cerita awalnya kaya gimana, pasti yang dipikirin tuh akhirnya, dan bawaannya pengen cepet-cepet nyampe puncak atau akhir, jadi ceritanya ngebut gitu.... Walaupun kita ngebayangin, 'pokoknya pertemuan cewe dan cowo itu di taman dan lagi pada sedih'. Itu bisa dijadikan awal, tapi masa ujug-ujug (tanpa sebab, dan alasan), pasti adalah basa-basinya. Dan itu cukup memutar otak. Beralih tentang kehidupan, kehidupan memiliki prinsip "mudah memulai sulit mengakhiri". Namanya manusia, yaaa yang dipikirin kesenangan, dan sekarang, ga pernah tuh mikirin entar gimana, yang ada gimana entar, dan sedihnya di akhir mereka gamau nerima resiko padahal segala sesuatu itu ada resikonya, kalo kita melakukan sesuatu berarti kita siap menerima resikonya. Contohnya nih, kasus yang nge trend di kalangan remaja. Si cowo memutuskan ingin nembak cewe. Otomatis resiko yang di dapet tuh antara ditolak dan diterima. Terus nih, misalnya tuh cewek nerima, jadilah cewek dan cowok itu menyandang status pacaran. Mereka memulai pacaran, berarti mereka siap nerima resiko selama pacaran itu. Baik berantem, seneng, dan kata yang dibenci yaitu PUTUS. Tapi liatlah fakta, kita gamau kan nerimanya? Kita malah galau, padahal hubungan kita dah berakhir. Hubungan berakhir bukan berarti kita ga boleh ngobrol atau deket lagi, tapi yang dimaksud berakhir adalah hubungan kita berdua yang berstatus sebagai pacaran. Tapi faktanya kita ga terima kan? Mengakhiri hubungan itu sulit, mengakhiri status pacar aja belum selesei malah nambah status baru sebagai mantan yang galaulah, cemburu ma cewek atau cowoknya, padahal kan hubungan kita sebagai pacar dah habis, kalau makanan mah e.d atau expiredate. Kita bisa menjalin hubungan lagi secara sehat dengan cara berteman dan tak membahas masa lalu. Masa lalu itu cukup dipelajari saja bukan dibahas mencari sebab musababnya.

Cerita bisa dibuat dari kehidupan, tapi kehidupan tidak bisa dibuat dari cerita, jikalau bisa itu hanyalah kebetulan dan kehendak mahakuasa.

Friday 27 January 2012

Si Jenius dari Negeri Begomania #35

Fan baru tersadar saat papahnya menggedor-gedor pintu. Jam 06.30!!! Tanpa pikir panjang, fan segera beranjak dari tempat tidur lalu membereskan dengan kilat dan asal-asalan. Ia segera membuka pintu kamar mandi, dan mandi secepatnya.
Setelah mandi, ia segera ganti baju, ia akan mengambil tas nya. Tapi ia lupa, bahwa ia belum menyiapkan pelajaran. Fan hanya mengambil binder, buku fisika, tempat pensil, sisir,
dompet, dan hp, lalu memasukkan ke tas. Fan keluar dari kamarnya, lalu memakai sepatu dengan cepat. Setelah itu ia pergi ke lemari makan dan mengambil 1
roti rasa cokelat. Papahnya hanya menggelengkan kepala melihat anaknya yang serba terburu-buru. Pukul 06.53 ia mengambil kunci mobil, lalu keluar. Sambil berjalan menuju tempat parkir mobil, fan menyisir rambutnya.

Fan memasuki mobilnya dan menjalankan mobilnya dengan kecepatan tinggi. Jalanan menuju sekolah fan lenggang karena jalanan yang dilaluinya bukan jalan raya. Jalanan itu tidak begitu lebar, namun cukup untuk 2 mobil. Fan tak pernah ragu menyusul mobil yang berada di depannya. Sesekali ia berhenti ketika ada orang yang hendak menyeberang. Selama perjalanan, fan memakan roti yang tadi ia bawa. Tangan kanannya memegang roti dan tangan kirinya memegang setir.

Fan melihat jam tangan. Jam tangan menunjukkan pukul 7 pas. Fan semakin gelisah. Saat lampu merah berubah warna menjadi hijau, fan segera menancap gas. Ia mempercepat kecepatannya. Sebentar-sebentar ia melirik jam tangannya, jarum penunjuk detik terus berputar, bahkan fan merasa jarum penunjuk detik itu berputar sangat cepat.

Akhirnya fan sampai di perempatan menuju sekolahnya. Ia terjebak lampu merah kembali. Kali ini jam tangannya menunjukkan pukul 07.07, fan mengambil hp nya dan mencari nama aldi di phone books-nya.

Fan : di, lo dah pergi?
Aldi : belum, lagi sarapan
Fan : gue titip mobil di rumah lo ya!
Aldi : oke!

Rumah aldi sangat dekat dengan sekolah fan, tepatnya di sebelah gerbang belakang sekolah fan. Gerbang belakang sekolah fan tidak ada yang menjaga, dan tidak pernah di gembok. Tapi apabila ketahuan kesiangan atau cabut di jam sekolah, tak tanggung-tanggung dengn siapa ia berhadapan. Ia langsung berhadapan dengan kepala sekolah karena parkir mobil kepala sekolah berada dekat dengan gerbang belakang.

Jam 07.13, fan sampai di rumah aldi, dan aldi sudah menunggu di depan gerbang rumahnya.

Aldi : sini mobil lo, tar lo ambil kuncinya
di satpam gue aja ya
Fan : thanks ya di *turun dari mobil lalu berlari*

Saat ia akan membuka pintu kelas, tiba-tiba ada yang memegang pundaknya. Fan memejamkan matanya, dan ia mendengar "jam segini baru dateng?" Fan membuka matanya, ia tahu itu bukanlah suara guru. Seseorang yang tadi berbicara itu sedang membawa setumpuk buku, dan melewati fan kemudian berbicara lagi, "hebat ya lo, ga kena hukuman." Fan geram, namun ia tidak ingin meladeni dan membuat masalah apalagi dengan orang itu, ferdian.

Ferdian : mau belajar ga lo? Cepet duduk, kerjain halaman 37 di buku tugas

Dengan wajah cemberut, fan pun duduk di tempatnya, di sebelah dira.

Wednesday 25 January 2012

Si Jenius dari Negeri Begomania #34

Fan duduk di bingkai jendela dan menekuk kakinya. Ia meraih ponselnya dan menempelkan ke telinga.

Ari : ada apa fan?
Fan : ko lo tau sih besok gue ulangan fisika? Gue aja baru inget pas liat daftar pelajaran.
Ari : oya? Padahal gue asal ngomong loh.
Fan : bakat jadi dukun lo. Oh iya, besok lo ada pelajaran fisika ga? Kan bukunya ada di gue.
Ari : itu buku punya lo kali.
Fan : hah? Punya gue?
Ari : liat aja

Fan beranjak dari bingkai jendela dan menuju meja belajar. Ia membuka buku fisika dan matanya terbelalak saat membaca nama yang tertera di bukunya itu adalah nama dirinya. Ia juga melihat kertas berisi rumus dan jawaban-jawaban, ia kemudian memandangi kertas itu.

Ari : fan?
Fan : iya ini buku gue, tapi gue ga inget kenapa ini buku bisa ada sama elo
Ari : waktu itu lo maen ke rumah gue, terus buku lo ketinggalan. Setelah itu, gue simpen terus di jok belakang terrano, gue pikir nanti kalo lo pake terrano lo bakal ngambil.
Fan : terus di dalem buku ini ada kertas gitu, punya lo?
Ari : buat lo
Fan : ko?
Ari : fisika lo ancur banget
Fan : *diam*
Ari : waktu itu gue liat ulangan fisika lo ancur banget, akhirnya gue buatin kumpulan rumus plus ngerjain soal-soal, siapa tau jadi inspirasi. Kenapa sih lo bisa ancur kaya gini?
Fan : lo juga.
Ari : tapi kan gue masih masuk 5 besar walaupun badung kaya gini juga. Nah elo? Lo kenapa sih?
Fan : gue gatau *ketus*
Ari : masalah temen?
Fan : mungkin
Ari : emang ada yang nyakitin lo?
Fan : ga ada sih. Ri, semua orang butuh pelampiasan. Elo badung gara-gara masalah bonyok kan? Nah sekarang kalo gue tanya, lo tuh kenapa sih masih badung? Masalah lo ma nyokap dah lama kan? Emang lo bisa jawab? Gue tau ri, pertemenan tuh sepele. Tapi tetep, buat gue temen tuh penting di kehidupan gue.
Ari : gue cuma ga pengen lo ancur.
Fan : jadi lo sama kaya orang lain mandang gue? Ri, gue tau, gue emang bego. Tapi lo harus liat, gue bego dalam hal apa? Kenapa sih semua orang nganggap orang seni tuh bego? Mereka tuh hebat, ekspresif, kreatif.
Ari : fan, lo boleh jadi orang yang pura-pura bego, tapi nilai lo jangan dibawah 50 dong. Lo dapet 50-65 kan udah tergolong bego, nah nilai 70-75 lo ga tuntas.
Fan : hahaha... Yaudah deh gue berubah, tapi entar pas mau lulus. Hahaha. Nah elo sendiri kapan mau berubah?
Ari : kalo nyokap balik ke rumah
Fan : *diam*
Ari : hahaha,.. Bercanda. Fan, bonyok lo masih sayang ma lo, peduli, nah gue? Mereka sibuk sendiri. Jadi buat apa gue berubah? Gue rasa gue sekolah cuma syarat doang.
Fan : gue bisa balikin nyokap lo lagi
Ari : *diam*
Fan : gue bakal lakuain apa aja. Ri, kita harus berubah sama-sama.
Ari : ladies first. Hahaha. Sana tidur lo, nanti ngantuk.
Fan : ri
Ari : hmm?
Fan : makasih ya
Ari : buat?
Fan : nyelametin gue di depan bokap
Ari : gue ga akan biarin lo pergi dari sini
Fan : thanks
Ari : nice dream
Fan : nice dream too. *menutup telepon*

Monday 23 January 2012

Pa Prima tuh ya kalao ngasih tugas.....

Hari ini super duper bete banget nih....
Aku gaptek banget sama yang namanya teknologi, ditambah ga mendukung fasilitasnya.Waktu itu mau instal corel, alhasil bukan corel yang terinstal melainkan komputer aku ga bisa nyala. Oh GOOOOOOD thanks banget ya udah nambah penderitaan saya,

Makannya, mulai sekarang kalau ada sesuatu yang saya ga bisa dikerjain di kompi rumah, lebih baik saya pergi ke warnet aja, mencari aman dan melindungi komputer saya.

Saya mau cerita tentang hari ini yang begitu menyebalkan. Hari ini saya ke warnet buat ngerjain tugas dari pak prima. Jadi gambar yang udah dinilai dan dipilih sama pa prima kita scan terus warnain di komputer. Caranya???? CARI SENDIRIIIIII. Bagus banget ga tuh guru ngasih tugas? Mana ga mikir lagi emang di tiap komputer ada aplikasi corel draw ma photoshop? Jangankan itu, emang di tiap rumah ada komputer?
Kaga mikir banget sih. Tau gini sih harusnya sebelum masuk sekolah, sekolah buat persyaratan, syarat diterima di SMA **** harus memiliki komputer yang didalamnya terdapat aplikasi corel draw dan photoshop. Ga kaya gini tau!!!!!!

Oke, saya ngerti kita itu harus berusaha dulu. Seperti saya, saya rela nyari warnet yang punya tuh aplikasi *kapok install corel* dan emangnya gampang apa? ga tauuuu, susah banget. kan kalo punya tuh aplikasi di komputer kita bisa belajar, dan ga ada kata ga bisa soalnya udah ada fasilitasnya. Oke intinya ni postingan ngaler ngidul... da saya lagi kesel

Kekeselan saya tuh ditambah soalnya pa prima tuh kalo ngasih tugas ga pernah pake otak, mentang-mentang pengantin baru. Bayangin ya, dia ngasih tugas kita ngolah gambar di komputer, gambarnya aja masih ada di buku gambar dan buku gambarnya ada di bapak. Dan bapak tuh ga pernah masuk sekolah. MIKIR dong pa. Jangan marah-marah aja kalau muridnya ga ngerjain tugas, orang bapanya aja geje,......

Beruntung deh kalao kalian ga punya guru kaya saya. SUJUD SYUKUR TAH.....

Sunday 22 January 2012

HAPPY BIRTHDAY....

Ga selamanya nambah itu emang indah...
Tapi menyaksikan penambahan itu indaaaah banget...
Ngeliat orang terdeket kita bahagia...
Ngeliat orang yang paling mengerti kita mengucapkan harapan-harapannya...
Mungkin semua gatau apa arti ngeliat harapan-harapan dan kebahagiaan itu, tapi...
Tapi dia yang selalu nemenin aku
Cuma dia yang peduli aku
Cuma dia yang ngeyakinin aku
Cuma dia yang aku percaya
Cuma dia yang mau temenan sama aku...
Temenan bukan karna aku "psikologi"
Temenan bukan karena aku kuat daya ingatnya
Temenan bukan karena aku jago fisika
Temenan bukan karena aku jago bahasa inggris
Temenan bukan karena aku jago matematika
Bukan jago bahasa indonesia
Jago sejarah
Jago kimia
Jago olahraga
Jago agama
Jago biologi....

Cuma sama dia aku ngerasa aku bukan manusia yang ga punya kelebihan
Cuma sama dia aku ngerasa berguna

Tapi....
Aaaa...
Aku udah ngecewain dia
Aku bener-bener ngerasa bersalaaaah....
Padahal belum tentu taun depan aku bisa hari h atau h+1 tatap langsung di tahun barunya...

Aku udah nyianyiain mana di tahun ke 3 kita pake putih abu.... -.-

Maaf...

Untuk seseorang yang jadi sahabat setiaku...

HAPPY BIRTHDAY...

Si Jenius dari Negeri Begomania #33

Pukul 2 pagi, fan baru pulang, ia memasukkan mobilnya ke garasi kosannya. Setelah fan masuk ke dalam kosannya, ari menginjak kopling dan menginjak gas, namun saat ia melihat jendela fan yang menyala, ari segera menginjak rem, dan memindahkan perseneling ke gigi 0, kemudian ia mengambil buku fisika di jok belakang mobil dan turun dari terranonya.

-lantai 2 no 7-
Fan : *membuka pintu, kemudian matanya terbelalak* papah... *ucapannya nyaris tak terdengar*
Papah : *mengecilkan volume tv dan beranjak dari sofa* jam segini baru pulang?
Fan : iy.. ya pah..
Papah : jadi selama ini kelakuan kamu kaya gini?
Fan : bu.. Bukan *menggerakkan tangan* bukan gitu pah..
Papah : lalu? *melipat tangannya di depan dada*
Ari : *setengah berlari menghampiri fan* fan... *menoleh pada papah fan* eh pah.. *menganggukan kepala, dan mencium tangan papah fan*
Papah : eh ri, sehat?
Ari : alhamdulillah, papah?
Papah : alhamdulillah, gimana ayah kamu?
Ari : oh, ari gatau, soalnya dari minggu kemarin belum pulang
Papah : ayah kamu tuh ya, masih sama aja kaya dulu, ga berubah
Ari : *tersenyum*
Papah : ohiya, ngapain kamu malem-malem kesini?
Ari : oh, ini *menunjukkan buku fisika* punya fan ketinggalan *menyerahkan buku fisika pada fan*
Fan : *mengerutkan keningnya dan mengambil buku* punya gue?
Papah : ya ampun ri, padahal besok aja dikembaliinnya.
Ari : besok fan ada ulangan fisika pah, takutnya ada apa-apa *melirik fan yang kebingungan* walaupun tadi udah belajar, ya takutnya syarat ulangan harus ada buku paketnya atau apalah.
Papah : *menggelengkan kepala* kamu tuh ya fan, ceroboh banget. Nyusahin ari aja, udah tadi belajar bareng, dianterin buku lagi.
Ari : gap...
Papah : padahal ya, kamu nginep aja di rumah ari
Ari : gapapa pah. Pah, fan, ari pulang dulu ya
Papah : eh, ko pulang? Nginep disini aja ri, udah malem
Ari : gausah pah. Ari pulang aja. Pulang ya pah Fan! *pergi*
Fan : *masuk ke dalam kamar dan menutup pintu* papah ko dateng ga bilang-bilang sih? Kan fan bisa jemput di bandara
Papah : *duduk di sofa* papa baru nyampe bandara jam setengah 10. Besok kan kamu sekolah.
Fan : papah besok pergi?
Papah : iya, mau ketemu temen lama
Fan : emang meetingnya kapan?
Papah : 3 hari lagi.
Fan : *menggantungkan kunci mobil di tempat gantungan deket tv* nih kuncinya, takut besok papah mau pake
Papah : papah bisa manggil mang tata.
Fan : bukannya mang tata ada di villa kita yang di puncak?
Papah : ya, panggil aja, lagian papah males nyetir, apalagi bandung sekarang macet banget. Hoam... Papa dah ngantuk, tidur ya. Kamu juga cepet tidur.

Papah fan pun menuju ke kamar. Kosan fan lebih mirip apartemen, setiap ruangan memiliki 2 kamar tidur, 1 dapur kecil berbentuk mini bar, 1 kamar mandi, dan ruang tengah. Setelah papa fan pergi, fan mematikan lampu dan menuju kamar.

Saturday 21 January 2012

Si Jenius dari Negeri Begomania #32

Ari sengaja memberhentikan mobil jauh dari keramaian atau garis finish. Kemudian ari melepaskan seatbelt dan memeluk fan. Jantung ari berdetak kencang, dan ia juga bisa merasakan detakan jantung fan yang lebih cepat dan keras darinya. Ari merasakan pundaknya basah. Ia segera melepaskan pelukannya, memegang kedua pundak fan dan menatap kedua bola mata fan yang berwarna azzure turunan papanya. Azzure itu tak setenang biru laut, tak seceria biru langit.

Ari : lo ga apa-apa?
Fan : *menggeleng dan menahan air matanya*
Ari : *merangkum pipi fan dan ibu jarinya mengusap air mata fan* kita menang fan *senyum*
Fan : iyaiyalah, lo harus menang, bahkan lo lebih dari sekedar pemenang.
Ari : terus kenapa lo nangis? Gue tau ini bukan sepenuhnya tangis haru
Fan : *memegang tangan ari sambil melepaskan rangkuman tangan ari* gue... *dengan suara bergetar, dan tangannya meremas tangan ari* gue takut lo kenapa-kenapa.
Ari : *tersenyum geli*
Fan : *melepaskan tangan ari* lo kenapa senyum? Lo ga sadar? Tadi mobilnya zacky nyeret mobil lo, terus dia nyerempet mobil lo sampe ada sedikit percikan api. Zacky curang, licik!!
Ari : *tangannya memegang kepala fan dan ibu jarinya mengelus keningnya* di arena balap ga ada yang namanya curang. Curang itu waktu elo bayar biar elo menang.
Fan : ih ko...
Ari : *memeluk fan* itu sebabnya gue ga pernah ngizinin lo balap. Lo ngerti kan sekarang? *melepaskan pelukan, menatap fan lalu tersenyum dan menciumnya keningnya* kita gabung ya *memundurkan mobilnya*
Fan : *mengangguk dan menatap lurus ke depan*
Ari : ayo turun *melepaskan seatbelt fan dan membuka pintu*
Zacky : gila man, lo keren banget *salaman ala cowo*
Ari : lo juga. Hampir aja lo menang

Zacky dan Ari pun mengobrol

Dino : *membuka pintu depan mobil ari dan mengulurkan tangan*
Fan : *meraih tangan dino dan turun dari mobil*
Aldi : *menepuk pundak fan* lo gapapa?
Fan : *tersenyum*
Dino : saran gue, lo jangan ikut-ikut lagi ya

Fan, dino, dan aldi menghampiri ari dan zacky.

Zacky : .... Hahahaha *berhenti tertawa dan melihat fan*
Ari : *melihat kemana mata zacky terfokus*
Zacky : ri *menunjuk ari* pacar lo *menunjuk fan* keren *mengacungkan ibu jari* abis. Perfect, lo keren, raja nge trek, dan pacar lo... *menggelengkan kepala* gila gila... Lo nge trek, dia ada di sebelah lo. Gede juga nyalinya
Ari : hahahaha
Aldi : *menahan tawa agar tidak membludak*
Dino : *menahan tawa agar tidak membludak*
Fan : *bingung* eh,.. *mengulurkan tangan* selamat ya zack, lo hebat
Zacky : hebatan pacar lo kali
Fan : pacar? Pacar gue anak basket, bukan raja nge trek
Zacky : hahaha, lo tuh ya ngelesnya pinter banget. Sory ya fan *menepuk pundak fan* gue mesti balik

Zacky menjabat tangan fan, aldi, ari, dino ala cowo secara bergantian.

Aldi : lo ga akan ikut besok? Lumayan tuh pameran mobilnya, ada keluaran terbaru
Zacky : mercedes benz ya? Tapi gimana lagi, gue ada urusan nih, ga bisa ditinggalin.
Dino : hahaha, lo tunggu hasilnya aja.
Zacky : sip, gue duluan ya *melangkah 4 langkah lalu menoleh ke belakang* malem selasa depan ade gue ulang taun. Kalian dateng ya. Oh iya fan.
Fan : *matanya membulat*
Zacky : nyali lo gede juga, eh... Atau jangan-jangan lo jago nge trek juga, boleh dicoba tuh. Duluan ya *melambaikan tangan dan pergi*
Fan : *matanya bersinar, dan tersenyum lebar*
Ari : lo ga boleh ke arena balap. Lo boleh ngebut di jalan raya sewajarnya, tapi lo ga boleh ke arena balap. Lo boleh balap asal sama gue, dino, aldi *merengkuh pundak fan dan pergi*

Tuesday 17 January 2012

Si Jenius dari Negeri Begomania #31

Dino menutup pintu mobil dengan ragu. Fan pun tersenyum pada ari. Fan tidak peduli dengan kekhawatiran ari dan dino dengan keberadaannya disamping ari. Ari tersenyum kikuk. Ia membuka kaca mobil ketika mobil zacky sudah berada di samping kanan mobil ari. Zacky pun membuka kaca mobil yang berada di sebelah kiri kemudi kemudian mengangkat tangannya sambil tersenyum, ari pun melakukan hal yang sama. Kemudian senyum zacky semakin lebar saat fan memiringkan kepala dan tersenyum pada zacky. Zacky pun menggerakan kelima jarinya dan disambut dengan gerakan bibir "hei" oleh fan. Kemudian ari menganggukan kepala sambil tersenyum dan menutup kaca mobil, begitu pun dengan zacky.

Ari menghembuskan nafasnya dengan berat. Sebisa mungkin ia menahan diri untuk melirik fan, karena akan membuatnya semakin khawatir. Arena balap tidaklah sesenang yang fan bayangkan, untuk itulah ari tidak pernah mengizinkan fan terjun ke arena balap.

Ari menderu-derukan mobilnya. Matanya menatap tajam kedepan dan mencoba mengusir rasa khawatir terhadap fan. Ari memindahkan tongkat persenelingnya. Fan menarik nafas dalam-dalam, ia merasakan ketegangan, ia baru merasakan inilah arena balap sebenarnya. Setelah bendera diangkat, ari segera menginjak gas dalam-dalam. Mobilnya berdampingan dengan mobil zacky, namun mobil ari lebih unggul daripada mobil zacky. Ari terus mempertahankan posisinya, ia memindahkan tongkat persenelingnya. Zacky pun tak mau kalah, ia memacu mobilnya lebih cepat. Sudut mata kirinya menangkap ketegangan yang terlukis di wajah fan. Ari melihat fan sebentar dan mencoba menenangkan dirinya sendiri. Membawa seorang cewek ke arena balap, terutama fan merupakan beban baginya. Ia takut terjadi apa-apa pada fan. Mata ari kembali fokus ke depan saat ujung mata kanannya menangkap mobil lain yang mendahuluinya. Ia segera memindahkan perseneling dan memacu mobilnya lebih cepat. Akhirnya mobil ari sejajar kembali dengan mobil zacky. Ari menambah kecepatan mobilnya hingga mobilnya unggul kembali. Seketika itu fan dan ari merasakan guncangan, fan segera mencari penyebabnya. Ari tetap fokus dan fan mengartikan ari tetap tenan dalam kondisi seperti ini, padahal ari setengah mati menahan kekhawatirannya, ia ingin segera memeluk fan dan memastikan fan tidak apa-apa. Fan memekikan nama ari saat mobil zacky menubruk mobil ari lebih keras. Fan segera menutup mulutnya, ia sadar bahwa pekikannya tadi mengganggu konsentrasi ari. Guncangan itu pun berhenti, namun tak lama kemudian zacky memepetkan mobilnya pada mobil ari dan membuat mobil ari akan keluar dari jalur arena balap. Ari menancap gas agar mobilnya bisa keluar dari tekanan itu. Tapi usaha ari sia-sia. Ia menginjak rem lalu menginjak kopling dam meraih tongkat perseneling, mobilnya mundur yang membuat mobil zacky berada di depannya. Setelah lepas dari tekanan zacky, ari segera memutar setir dan meraih tongkat perseneling kemudian ditancapnya gas kuat-kuat. Kini mobil ari berada di lajur kanan, dan berusaha menyusul mobil zacky yang tertinggal tidak terlalu jauh. Melihat wajah fan yang pucat, dan tubuhnya bergetar, ari segera menggenggam tangan kanan fan. Fan yang merasakan hangat di tangan kanannya, segera menoleh ke samping kanan. Dilihatnya ari yang sedang menggenggam tangan kanannya dan tersenyum, kemudian matanya kembali fokus ke depan sambil meletakkan tangan fan di atas tongkat perseneling. Tangan fan berada dalam genggaman tangan ari. Ari pun berkata, "ada gue disini". Ari memacu mobilnya dengan cepat, ia tak sabar sampai garis finish dan memeluk fan. Fan melihat ke kiri, ia melihat mobil zacky dilaluinya. Mata fan terarah kembali ke depan, di depan matanya ia melihat sorak sorai para penonton. Jantungnya berdegup kencang. Ari segera menginjak kopling dan memindahkan tongkat perseneling. Fan merasakan tangannya yang ikut menggerakan tongkat perseneling, inilah arena balap, inilah rasanya mengoper gigi di arena balap. Garis finish pun semakin dekat dan.......

Mobil ari pun melalui garis finish pertama

Monday 16 January 2012

Si Jenius dari Negeri Begomania #30

Fan : *menghampiri Ari yang baru keluar dari mobilnya*
Dino : hey fan.
Aldi : *mencari sesuatu* mobil lo parkir dimana?
Fan : disana *menunjuk ke arah mobilnya diparkir*
Aldi : jangan disitu, sekarang yang dateng banyak, takutnya lo susah keluar nanti.
Fan : *mengambil kunci mobil dan menyerahkan pada aldi*
Aldi : *menerima kunci mobil fan dan pergi*
Dino : gimana mobil lo? Dah mantap?
Ari : lumayan lah.
Dino : *menepuk pundak ari* yaudahlah, buat sekarang seadanya dulu, masih untung tu mobil bisa beres sekarang.
Fan : lagian kenapa juga harus buru-buru?

Mata dino dan ari menatap fan yang tadi berbicara dengan polos.

Fan : eh.. (Salting) gue gatau apa-apa, jangan liatin gue kaya gitu dong.
Ari : *terkehkeh*
Dino : fan, sekarang ari mau balap lawan zacky yang dari jakarta itu, dia ga punya banyak waktu di bandung. Makannya harus cepet selesei
Fan : zacky yang cakep itu? *matanya membulat*
Ari : *terkehkeh, kemudian menggeleng* cakepan gue
Fan : hhh, sekarang mana zackynya?
Dino : *melihat jam tangan* bentar lagi paling. Eh ri, emang mobil lo kurang apanya?
Ari : sebenernya sih udah jauh lebih baik dari yang kemarin, cuma gue ngerasa belum puas aja. Lo mau nyoba? *menggerakkan kepala pertanda mengajak dino masuk. Ari masuk ke dalam mobilnya dan duduk di jok kemudi*
Dino : *memegang pegangan pintu mobil*
Fan : *memegang tangan dino yang sedang memegang pegangan pintu mobil* biar gue yang di depan
Dino : *berpikir* gue mau bukain buat lo *membuka pintu mobil*
Fan : makasih dino *tersenyum manis dan masuk ke dalam mobil*

Ari mengambil ancang-ancang, untuk mengemudikan mobil balapnya. Fan siap-siap menghitung waktu. Setelah sampai di garis finish, fan berbicara

Fan : 5 menit 53 detik, oke, sekarang giliran gue
Ari : *menatap fan*
Fan : eh diem aja, cepet turun.
Ari : *turun dengan ragu dan duduk di sebelah fan*
Fan : din, jangan lupa ngitung *sambil mengetuk-ngetuk jam tangan*
Dino : *khawatir* jangan lupa juga pas...
Fan : pasang seatbelt, fokus kedepan, injak kopling, *menarik napas dan menahannya* oper ke gigi 1 *memindahkan tongkat perseneling* lepas kopling..... injak gas ..... pelan-pelan. Din, lo siap ngitung *tanpa menoleh pada dino dan mengatur stopwatch pada jam tangan* 1 2 *melepaskan kopling dan menginjak gas pelan-pelan* ti... ga

Mobil yang dikendari fan pun melesat bagai anak panah. Fan begitu lihai mengendarai mobil balap ari. Setiap kelokan ia lalui dengan cepat, dan menimbulkan suara decitan. Dino yang bertugas menghitung waktu, memperhatikan jam tangan dan fan secara bergantian. Garis finish pun sudah terlihat. Fan segera meraih tongkat perseneling dan menginjak gas lebih dalam. Setelah garis finish dilaluinya, ia menginjak rem, menginjak kopling, meraih tongkat perseneling, dan menarik rem tangan.

Fan : *melihat jam tangan* 5 menit 37 detik! Gimana? *menatap ari dan dino bergantian* jadi, gue udah boleh ke arena dong
Dino : *diam*
Ari : *keluar dari mobil dan duduk di jok kemudi yang diduduki fan*
Fan : *bergeser* coba liat stopwatch lo *mengambil stopwatch dino* tuh kan malah lebih cepet 2 detik. Jadi? *sambil mengembalikan stopwatch pada dino*
Ari : *menatap fan serius* kecepatan ga cukup jadi modal lo turun ke arena balap *membetulkan posisi mengarah ke depan dan menunduk*
Fan : maksud lo?

Dino: *turun dari mobil, lalu membukakan pintu fan*
Fan : *menatap dino*
Dino : fan *lembut* zacky udah dateng
Ari : biarin fan disini
Dino : tapi ri...
Ari : biarin fan disini

Sunday 15 January 2012

Pengaruh Globalisasi Terhadap Sosial Budaya


Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai (values) yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal. Atau kebudayaan juga dapat didefinisikan sebagai wujudnya, yang mencakup gagasan atau ide, kelakuan dan hasil kelakuan (Koentjaraningrat), dimana hal-hal tersebut terwujud dalam kesenian tradisional kita. Bagi bangsa Indonesia aspek kebudayaan merupakan salah satu kekuatan bangsa yang memiliki kekayaan nilai yang beragam, termasuk keseniannya. Kesenian rakyat, salah satu bagian dari kebudayaan bangsa Indonesia tidak luput dari pengaruh globalisasi. Globalisasi dalam kebudayaan dapat berkembang dengan cepat, hal ini tentunya dipengaruhi oleh adanya kecepatan dan kemudahan dalam memperoleh akses komunikasi dan berita namun hal ini justru menjadi bumerang tersendiri dan menjadi suatu masalah yang paling krusial atau penting dalam globalisasi, yaitu kenyataan bahwa perkembangan ilmu pengertahuan dikuasai oleh negara-negara maju, bukan negara-negara berkembang seperti Indonesia.


Pandangan Globalisasi social Budaya
1.      Simon Kemoni, sosiolog asal Kenya mengatakan bahwa globalisasi dalam bentuk yang alami akan meninggikan berbagai budaya dan nilai-nilai budaya. Dalam proses alami ini, setiap bangsa akan berusaha menyesuaikan budaya mereka dengan perkembangan baru sehingga mereka dapat melanjutkan kehidupan dan menghindari kehancuran. Tetapi, menurut Simon Kimoni, dalam proses ini, negara-negara harus memperkokoh dimensi budaya mereka dan memelihara struktur nilai-nilainya agar tidak dieliminasi oleh budaya asing
2.      Seorang penulis asal Kenya bernama Ngugi Wa Thiong’o menyebutkan bahwa perilaku dunia Barat, khususnya Amerika seolah-olah sedang melemparkan bom budaya terhadap rakyat dunia. Mereka berusaha untuk menghancurkan tradisi dan bahasa pribumi sehingga bangsa-bangsa tersebut kebingungan dalam upaya mencari indentitas budaya nasionalnya. Penulis Kenya ini meyakini bahwa budaya asing yang berkuasa di berbagai bangsa, yang dahulu dipaksakan melalui imperialisme, kini dilakukan dalam bentuk yang lebih luas dengan nama globalisasi.

Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan
  • Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
  • Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism), dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.
  • Berkembangnya turisme dan pariwisata.
  • Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain.
  • Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film dan lain lain.
  • Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti Piala Dunia FIFA.
  • Persaingan bebas dalam bidang ekonomi
  • Meningkakan interaksi budaya antar negara melalui perkembangan media massa
Contoh Pengarug Globalisasi terhadap sosial Budaya



1.      Dahulu orang bermain permainan tradisional yang mengutamakan kebersamaan tetapi sekarang orang cenderung bermain computer, PS









 

2.      Dahulu orang memakan makanan tradisional, dan jarang makan makanan siap saji, tapi sekarang banyak orang yang memakan makanan junk food yang tidak menyehatkan

 







 







3.    Dahulu orang beramai-ramai nonton wayang, atau Tv di desa, tapi sekarang semuanya dapat menonton Tv sendiri-sendiri di rumahnya   

 







 








4.      Dahulu, orang mengutamakan kerjasama, gotong royong, tetapi sekarang banyak orang yang mengutamakan pekerjaan
 
















5.      Dahulu, perempuan memakai pakaian yang tertutup, tetapi sekarang banyak perempuan yang memakai pakaian yang terbuka

 










 





6.      Sekarang ada kecenderungan di kalangan anak muda yang lebih suka menggunakan bahasa Indonesia dialek Jakarta seperti penyebutan kata gue (saya) dan lu (kamu). Selain itu kita sering dengar anak muda mengunakan bahasa Indonesia dengan dicampur-campur bahasa inggris seperti OK, No problem dan Yes’, bahkan kata-kata makian (umpatan) sekalipun yang sering kita dengar di film-film barat, sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nonton Lovasket


Guys, tau lovasket ga? Novel karya Luna Torashyngu. Dan novel ini pernah dijadiin FTV di trans TV tahun 2008. Nah loh yang tau ini novel tapi gatau ada FTV nya nyesel banget tuh ga nonton. Nah yang tau FTV tapi gatau ini berasal dari novel kasian banget, soalnya novelnya lebih rame dari FTV nya. Nah, kalau kamu yang gatau keduanya, parah, nyesel, dan kasian banget, soalnya ini novel kereeen abis. Buat kamu yang ga suka olahraga terutama basket dan males baca teorinya, lovasket motivasinya. Dan buat kamu yang pengen tau arti pertemanan lovasket solusonya.

Gini ya guys. Aku mau cerita tentang nonton lovasket. Aku kenal lovasket waktu awal kelas XI, 20 Juli 2010. Tapi aku baru tau semua tentang behind the scene lovasket waktu aku mampir ke blog nya ka Luna. Nah, dari situ aku baru tau kalo lovasket 1, udah pernah DITAYANGIN 10 JULI 2008 DI TRANS TV. Shock lah liatnya. Aku ga nonton, dan mana telat lagi baca novelnya. Itu novel terbit tahun 2007, nah aku baru baca tahun 2010, deket-deket lovasket 2 realise, ampun deeeeh. karena penasaran sama FTV ny, dari situ aku suka berharap, semoga lovasket bisa tayang kembali, hmm biarin deh telat, basi juga, dari pada ga sama sekali. Dan setiap aku nonton bioskop trans tv, aku suka berharap, "LOVASKET ya ALLAH...". Dan horray, anda belum beruntung.

Suatu hari, tepatnya tanggal 29 Desember 2011, aku lagi nyuapin keponakan aku yang namanya acha,  Dia yang megang remote tv sambil nanyain, "Ini angka belapa? ini buat apa?". Yap, sambil nyuapin aku juga dengan sabar jawab satu-satu pertanyaan dia. Nah, karena sudah merasa bosan, dia simpen deh tuh remote. Nah, akhirnya aku ambil alih, karena geje juga kali ya nonton yang gatau apa acaranya. Melihat waktu itu jam 2, dan melihat kemarin-kemarin jam 2 itu di trans lagi acara bioskop indonesia, akhirnya aku pindahin ke trans dengan harapan yang tayang lagi lovasket. Dan pas aku liat lagi "moshi-moshi", emang sih sempet kecewa karena yang tayang bukan lovasket, karena ga ada yang rame, akhirnya aku tonton itu juga. Nah, ga lama kemudian, iklan deh. Nah pas iklan, aku liat, ada Sheza Idris yang lagi jingkrak-jikrang terus meluk VJ Alben. Udah gitu ada orang yang lagi main basket. Aku jadi inget sesuatu, “Jangan-jangan lovasket Terus aku liat judulnya, dan LOVASKET, aku liat hari apa, ternyata Jum’at, aku langsung liat jam berapa, ternyata jam 13.30, terus aku baca mundur, aku liat tanggalnya, dan iklannya habis…. Aku tau besok hari Jum’at, tapi aku gay akin lovasket tayang jum’at, besok, gimana kalau lovasket tayang Jum’at minggu depan? Akhirnya aku langsung sms tika deh.

Selama, kemarin, aku ga pernah nemu-nemu iklan lovasket, setelah sms-an dengan tika yang heboh, “Va, trans” hhh, tapi trans tv ga ngizinin aku buat liat iklan lovasket. Yap, dan akhirnya aku baru liat iklan lovasket lagi, pas banget mau acaranya. Aku ingetin tika supaya nonton, tapi sayang, dia lagi ga ada di rumah, dia lagi bareng sama mama nya. Yaudah deh yang penting kan dulu dia sempet nonton, beda banget sama aku. Oke, nonton dimulai, dan deg deg deg….

Altavia Vs Adhira, Vira yang dimainkan oleh Hayra lagi nge-drible bola, mmmm, ini keganjilan pertama, di novel kan lagi final dan di gor gitu. Selesai tanding, Vira dan temen-temennya di ruang ganti mau adain party gitu, dan kalau di novel, party nya itu clubbing, kalo disini cuma makan, dan semuanya pergi ninggalin stella yang diperankan oleh gracia inri. Oke, langsung bahas keseluruhan aja kali ya. Secara kesuluruhan ini FTV terlalu cepet *yaiyalah kan dikejar waktu*, tapi aku menyayangkan banget nih, ga ada hera dan pas rei nembak Vira itu loh… Kok bagian yang pentingnya dihilangkan sih? Itu kan bisa nimbulin ambigu banget. Oke lah kalau yang lain pada di cut, dan pasti yang rada lemot dan belum baca novelnya, bengong-bengong “ko gini?” ya kurang begitu ngeh dan ngerti. Tapi yang bagian ini tuh ya… bener-bener penting deh. Saat Rei nembak Vira, sebenarnya ada lanjutannya, dan di novel pun ditaro di belakang alias jadi epilognya. Sebenarnya Rei itu bukan nembak Vira, pas begitu Rei bilang ke Vira, “Aku suka kamu”, ga lama kemudian Rei itu tersenyum terus bilang “Gue bisa ngucapin kata itu sama semua orang, kecuali…. Niken” dan inget ya sodara-sodara rei nembak Vira di resto bukan di arena streetball. Itu kan penting banget, soalnya di akhir Niken jadian sama Rei, dan Vira jadian sama ka Adji, kakanya Niken, jadi kan yang lain pada bingung *kalo inget Rei nembak Vira, atau yang mendalami ni film* pasti jadi pada mikir, “Bukannya Rei ama Vira?”. Oke, walaupun banyak yang di cut *namanya juga novel di ke film-in* tapi overall, semua bagus… Dan yang aku  suka waktu Diana cerita sama Vira, di kamar mandi, walaupun seharusnya Diana itu ada di lantai tertinggi sekolah Altavia. Disana Diana nangis, dan aku juga ikut nangis. Heheheh, dapet deh feel-nya. Udah gitu pas Vira dating ke kuburan Diana, dan ketemu Stella terus Vira bilang, “Kemana temennya Diana saat Diana butuh?” Itu nge jleb banget dan merinding. Kalau kalian mikir aku lebe, berarti kalian tuh ga pernah nempatin temen di tempat tertinggi. Sadar dong, apa kalian bener-bener ada 24 jam saat temen kalian susah? Saat temen kalian bener-bener butuhin kalian? Oke, secara ga langsung kata-kata Vira tadi nyepet banget. Terus yang buat aku nangis lagi, waktu grand final SMA 31 lawan Altavia. Waktu Debi masukkin bola ke ring, dan itu detik-detik terakhir sampe lemparnya aja di garis 3 point, dan kalau tuh bola masuk, SMA 31 bisa menang. Bola berputar-putar di atas ring, dan BOLA NGGAK MASUK. Dan SMA 31 pun kalah.Itu nyesek banget, SMA altavia tuh curang, Stella buat cedera Vira sampai dia ga main di quarter 4. Udah gitu Stella tuh sombong tapi mereka tetep menang. Oke guys, kali init uh novel ngajarin kita, kerja keras pun ga cukup buat kita menang, tapi kalau kita udah usaha dan berdoa, berarti itu ujian dan bukan yang terbaik untuk kita. Tapi ya, kalian harus bener-bener baca Novelnya, pertemanannya dapet banget, perjuangan sampai grand final pun kerasa. Gimana saat tim basket SMA 31 penuh dengan konflik, dan akhirnya Rida mau masuk lagi tim basket karena dia pengen nunjukin sama SMA Altavia kalau mereka bisa menang, dan di akhir, semifinal Rida merubah kata-katanya “Dulu aku masuk tim basket karena aku ingin ngalahin Altavia, tapi sekarang aku bangga masuk tim ini lagi, karena tim ini punya pemain Hebat, yaitu kamu”, sambil meluk Vira. Tapi sayang itu ga ada di FTV. :’( dan di FTV ga diceritain atau digambarin kehebatan Vira, paling Cuma dapet MVP doing. Padahal pengatur serangan SMA 31 tuh Vira, bukan Rei, pokoknya kalau kalian baca novelnya, kalian terkagum-kagum sama Vira dank alia tau arti perjuangan, dan pertemanan.