Friday 30 November 2012

IRI???

Ini udah jadi kebiasaan kalo pulang ngampus, aku pulang baren Kristin sama Puput. Ya, kita pulang dengan motor kita masing-masing. Udah gitu, aku duluan keluar, aku nunggu mereka aja di gerbang, dan tadi tuh gatau kenapa kok pas jalan kosong mereka ga nyebrang ya? okelah aku duluan yang memulai. Dan itu aku yang di depan, Puput sama Kristin di belakang aku.
                                          
Puput  : Oh gitu, sekarang Eva udah mulai suka ngebut?
Aku     : *ngebut? perasaan biasa aja deh, terus liat ke speedometer, dan... tara pas di turunan, aku ngejalanin 30 km/jam* Kenapa? Gamau disusul ya?

Hahah, ternyata bener ya aku ngebut, ya lumayanlah... tapi ya harusnya si puput juga seneng dong aku kan ada kemajuan. -.-“ dulu kan pasti paling cepet ngendarain 20km/jam, muehehhe... kalo sekarang paling cepet 50 km/jam. Dan ini suatu kemajuan, aku pergi dari rumah ke kampus Cuma 10 menit, biasanya 20 menit. hahahah

Sekuat Apapun Gue, Gue Masih Butuh LO


Rama   : Lo....

Waktu itu Rama heran banget, dan beungetnya rama itu loh... ah serem... terus Rama keluar dari mobilnya, ke bagasi ngambil kaos gitu, terus ini bagian yang buat aku melting banget, dia lepas jaket dia terus nyeret aku ke WC yang ada di mesjid. Terus Rama bilang, “Ganti baju lo.” Udah ganti baju, aku pulang deh bareng Rama pake mobilnya dia

Rama   : Lo..... Gue tau lo pengen banget ujan –ujanan, tapi ga kaya gini juga kan? LOOK!!!! Baju lo basah. Lo mau demam? Lo mau masuk angin? Okelah kalo lo emang mau sakit, tapi please, ubah mind set lo. Lo harus sayang sama diri lo sendiri.

Gue     : Aduh Ram, siapa juga yang ujan-ujanan, orang gue diujanin Ram.

Rama   : Hah? Maksud lo?

Gue     : Tadi gue kumpul organisasi Ram. Lo inget kan kemarin gue bolos, ga kumpul karena gue mentingin akun gue. Nah konon katanya kemarin yang dateng itu Cuma 71 orang dari 155 orang. Ya kakak senior ngamuklah, yang tadinya mau games jadi marah-marahin.

Rama   : Ko bisa sampai banyakan gitu yang ga hadir?

Gue     : Gataulah, tapi gue rasa alasan utamanya adalah males, dan alasan pendukungnya ngerjain tugas. Ya, gue sih ngerasa sebanyak-banyaknya tugas kalo lo  mau ngorbanin waktu lo, gue yakin lo pasti bisa ngerjain semuanya.

Rama   : Lo sendiri kenapa gamau ngorbanin waktu lo?

Gue     : Ram, lo taulah gue udah ngejudge organisasi gue kaya apa. Dan mulai sekarang, mmm ga sekarang juga sih udah dulu-dulu, organisasi bukan prioritas utama gue, prioritas gue kuliah itu belajar, terus ngerti sama tiap mata kuliah apapun. Dan gue gamau semua itu terganggu cuma sama hal sepele, hal yang gue aja ga suka. Walaupun organisasi bukan prioritas utama gue, bukan berarti gue nyuekin organisasi. Kan senior juga yang bilang, “kalian tuh ada saatnya ngumpul, ada saatnya juga buat tugas.” Terus nih ya Ram, ada lagi yang lebih parah, mereka bilang “Udah, kalian tuh kalo ngumpul pas moment-moment tertentu aja. Kaya pas dibagi syal, baju, sama jaket.” Toh, sebagai adek yang baik, ya jelas gue ngikutin apa kata senior, dan lo tau Ram, pas kumpul, dengan seenaknya mereka marah-marahin kita kenapa ga kumpul, padahal mereka sendiri yang bilang kita tuh paling rajin di angkatan sebelum-sebelumnya dan kita juga ngumpul pas moment tertentu aja. Sekarang, mana omongan mereka? Pada BULSHIT semua.

Rama   : Terus tadi lo ngapain aja?

Gue     : Ya, gue baris di lapangan. Dateng-dateng denger suara.....

Korlap (Koorditor Lapangan) : ADA YANG TAU KENAPA SAYA KUMPULIN KALIAN DISINI?JAWAB!!! KESALAHAN KALIAN ADA 3. PERTAMA, DI JAM SAYA SUDAH JAM 05.15 PADAHAL JANJI KALIAN DATANG JAM 05.00. KEDUA, JUMLAH KALIAN TIDAK MEMENUHI JANJI YANG KALIAN BUAT DENGAN SAYA. KETIGA, WAKTU KEMARIN KUMPUL KALIAN GA KUMPUL. KENAPA? KALIAN SUDAH MENGECEWAKAN SAYA DAN SAYA MERASA DILECEHKAN!!!!

Idih Ram, orang di jam kita, kita ke lapangan tuh jam 5 kurang. Serius deh. Terus, yang masalah janji itu, siapa sih yang buat janji, gue ga ikutan tuh, lagian yang gue denger dari yang kemaren ngumpul tuh, angkatan gue cuma sanggup kumpul 120, tapi tu Korlap pengennya 130, udah ditego juga tetep aja keukeuh sama 130. Terus ya Ram, tu Korlap manggil angkatan 2011 dan dengan semangatnya mereka masuk ke lapangan. Tau ga Ram, gue berani taruhan, tu kaka pasti mulutnya udah berbusa banget, udah gatel pengen marahin kita, dan of course, setelah mereka dateng mereka ngompor-ngomporin kita gitulah. Udah gitu kita suruh tutup mata, renungin kalo syal yang mereka kasih tuh bentuk rewards dari mereka karena kita pantes buat dapetinnya, terus mereka juga bilang kalo itu syal susah banget buat  kita dapetin. Gue akuin, itu syal emang susah didapet, tapi inget ya itu syal bukan dari mereka, dari kita juga, kita bayar Ram 25 ribu, terus dengan bangganya mereka bilang, “ITU SYAL DARI KITA” Oh,  mana harga diri mereka, ngaku-ngaku aja. Bukan gue nyepelein, alah 25ribu, alah Cuma syal doang. Ga Ram, tapi aneh aja dimana-mana rewards itu dapet gratis gitu, lah ini kita bayar terus kita dikasih rewards yang dari uang kita juga. Aneh banget. Berasa ngebeli itu rewards tapi mereka yang ngaku-ngaku itu dari mereka. Udah suruh renungin, syal kita yang kita tempel di tangan, mesti kita lepas. Dan gue? Oh dengan senang hati gue lepas. Dan ini yang mesti lo tau,di bagian ini adalah bagian yang dramartis banget. Ujan turun lumayan gede, dan kita tetep di lapangan . Terus Ram, ada acara paksa-paksaan buka syal, gue aja pas buka, antarsenior rebutan gitu ngambil syal gue, terus gue di pelototin gitu sama senior. HELLO syal udah gue lepas, dan tangan gue tuh udah ke bawah, dan asal mereka tau gue ga keberatan tuh syal gue dilepas. Malah gue seneng, ga ada beban dan ga ada lagi acara khawatir-khawatiran dimana syal gue. Begitu syal diambil, junior tutup mata dan dinasehatin, dan lo tau saat tu korlap ngomong, gue bantah semua omongan dia dalam hati gue.

Korlap : MAU KERAS MAU SANTAI? JAWAB YANG KERAS! KENAPA KALIAN KECEWAKAN SAYA? SAYA MERASA KALIAN DILECEHKAN

Gue      : ngecewain lo, lo bilang? Pernah ga sih kalo lo mikir lo sering ngecewain gue? Salah satu alasan lo kecewa karena angkatan gue ngaret, angkatan gue ngaret Cuma berapa menit sih? 15 menit, walaupun 15 menit tetep aja itu ngaret, tapi liat dong anggota organisasi lo ngaret berapa jam?Lo inget kan wakatu acara farewell, lo janji kalo pulang maksimal tuh jam 11.15 malem, lo janji itu, tapi nyatanya kita semua baru pulang jam jam setengah satu malem.berapa jam lo ngaret? Hah? CUMA 75 MENIT KOK.

Udah gitu ya Ram, ada angkatan 2011 yang nemuin itu syal di parkiran dan mereka bilang kita udah ngebuang itu syal. Suudzon banget ga sih mereka? Ga mungkinlah kita buang itu syal. Ga mungkin banget, kita emang kurang suka sama organisasi tapi ga mungkin kita ngebuang itu syal. Udah gitu, kita suruh tutup mata, renungin tentang syal gitu

Korlap : TOLONG HARGAI SAYA, KALAU KALIAN GAMAU HARGAI SAYA, TOLONG HARGAI ORGANISASI SAYA.

Kurang ngehargain apa sih Ram gue sama organisasi gue. Gue diminta kumpul sampe calon kaang gue mohon-mohon, gue kumpul. Ya walaupun gue tau gue salah karena gue nunggu dipaksa, tapi Ram, gue udah ga betah ada di lingkungan organisasi gue. Gue udah pengen keluar, makannya gue ga kumpul. Sekarang kalo temen gue yang minat ikut tu organisasi kesel sama orang-orang kayak gue, mereka salah total. Mereka harusnya berterimakasih sama orang-orang kaya gue, orang-orang kaya gue tuh nyelametin mereka. Gue ga pernah ngalangin mereka buat terus bertahan di organisasi, tapi ya ini gue, gue udah cape sama organisasi, makannya kalo dipaksa aja gue mau dateng, itu juga demi temen angkatan gue. Terus nih Ram, lo tau sendiri kan, hal yang paling gue benci itu syal. Lupa naro aja bikin gue stress, jantung gue mau copot, nyarinya tuh lebay banget. Saking takut ilangnya, syal itu barang yang paling gue benci di dunia ini. Kurang ngehargai? Ram, coba kalo mereka ga kaya gini, gue bisa ko loyal sama mereka. Tapi mereka tuh nganggep hal yang loyal tuh ya ngumpul terus tiap ada kumpul. Ya Ram, gue ga pernah kumpul bukan berarti gue ga loyal. Mereka udah di doktrin kali ya sama Hitler, Nazi, waktu zaman mereka kan, mereka ngewajibin, warga negaranya harus cinta negaranya berlebihan.

Rama   : Lo diujanin Cuma buat renungan aja?

Gue      : Kali, gue ga ngerti juga sih kenapa mereka ngehujanin gue. Itu hukumannya kali.

Rama   : Iya tapi kan hukuman juga ga kaya gini. Gue ga terima lo diujanin.

Gue     : Udah Ram, yang penting hari ini gue ngerasa lega. Syal gue udah dicopot. Lo tau ga sih, pake syal itu beban banget.

Rama   : Ya, tapi kan ada cara lain gitu buat ngambil syal-nya, ga pake acara ujan-ujanan. Gue bener-bener ga ngerti sama jalan pikiran senior lo.

Gue     : Apalagi gue Ram. Lo tau ga? Tu korlap bilang sama angkatan 2011 kalo mereka harus jagain kita, tapi nyatanya pas ujan yang neduh duluan mereka. CUIH,,,, sayang dari mana? Jagain dari mana? Kaka gue aja ga pernah biarin gue ujan-ujanan.

Rama   : Dan gue, gue juga ga akan pernah biarin lo ujan-ujanan.

Gue     : Aduh Ram, lo tuh ga usah sekhawatir itu, gue kan kuat Ram. LOOK!!! Gue ga apa-apa.

Rama   : Iya tapi kan sekuat-kuatnya cewek dai ga sekuat cowok.

Gue     : Sekuat-kuatnya gue, gue masih ngebutuhin lo kok Ram.  

Saturday 24 November 2012

Pasar


Pasar Persaingan Sempurna, Monopolistik, Monopoli, dan Oligopoli
Latar Belakang           : Pasar merupakan salah satu dari berbagai sistem, institusi ,prosedur, hubungan sosial dan infrasturktur dimana usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Menurut organisasinya, pasar dibedakan menjadi empat, yaitu pasar persaingan sempurna, pasar monopolistik, pasar monopoli dan oligopoli.
Tujuan                         : Mengetahui perbedaan dan persamaan antara pasar persaingan sempurana, pasar monopolistik, pasar monopoli dan oligopoli.
Persamaan dan Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna, Monopolistik, Monopoli, dan Oligopoli
­­­­
Pasar Persaingan Sempurna
Monopolistik
Monopoli
Oligopoli
Penentu Harga
Price taker
Price setter
Price setter
Price setter
Sifat
Dapat keluar masuk pasar
Dapat keluar masuk pasar
Sulit masuk ke dalam pasar
Sulit keluar masuk pasar
Barang
Homogen
Bukan barang close subtitute
Homogen
Homogen
Harga jual produk
Harga sesuai dengan harga pasar atau lebih rendah dari harga pasar
Harga ditentukan dari citra perusahaan
Harga ditentukan oleh produsen
Harga tidak mudah berubah
Jumlah penjual
Banyak penjual
Banyak penjual
Tidak banyak penjual
Tidak terlalu banyak
Promosi Iklan
Diperlukan
Sangat diperlukan
Kurang diperlukan
Sangat diperlukan
Cara memperoleh keuntungan maksimum
Jumlah barang yang diproduksi/ dijual
Usaha non harga
Jumlah barang yang dijual dan penetapan harga jual barang tersebut
Menetapkan harga jual terbatas
Contoh
Pasar hasil pertanian
Yamaha dan Honda
PT. PLN, PT Pos dan Giro
Exxon, Chevron, Texaco
Kelebihan
1.    Konsumen atau masyarakat mempunyai pilihan yang lebih banyak terhadap barang dan jasa yang diperlukan.
2.    Bagi produsen mempunyai kebebasan yang penuh atas corak pilihan dalam menggunakan faktor-faktor produksi.
3.    Memaksimumkan efisiensi.

1.     Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
2.    Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
3.    Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
4.    Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.

1.  Lebih efisien dalam penggunaan input lebih rendah
2.  Jumlah output lebih sedikit
3.  Perusahaan dapat menentukan harga barang.

1.      Memberi kebebasan memilih bagi pembeli.
2.      Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.
3.      Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual.
4.      Adanya penerapan teknologi baru
5.      Penjual dapat mengendalikan harga

Kelemahan
1.  Inovasi produk tidak membawa manfaat yang kekal atau jangka panjang, karena setiap produk baru mudah ditiru.
2.  Menimbulkan biaya sosial bagi masyarakat sebagai dampak dari penggunaan sumber daya yang terdapat di sekitar lingkungan industri.
3.  Biaya produksi semakin tinggi. Untuk menyesuaikan dengan pasar persaingan sempurna memerlukan perubahan produk yang berakibat naiknya harga produksi.
4.  Distribusi pendapatan tidak selalu rata

1.    Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2.    Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3.    Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen

1.      Harga barangnya lebih tinggi atau mahal dibandingkan dengan pasar tradisional

1. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli
7. Produsen bisa melakukan kartel


Thursday 22 November 2012

Tau apa mereka tentang kebahagiaan GUE



Rama   : Kenapa? Masalah organisasi lagi?

Gue     : yah, seperti yang lo tau lah. Senior gue pada bulshit semua. Entah apa yang ngebuat mereka ngomong semuanya di depan junior mereka. Lo tau? Gue suka ngerasa kalo mereka ngomong itu di depan juniornya biar juniornya banyak yang ikut organisasi, dengan begitu mereka bisa bales dendam. Ya, itulah tujuan utamanya, bukan karena mereka pengen kita sebagai penerus tapi lebih ke masalah pribadi. Kalo juniornya pada ga ikut, mereka mau marah-marah sama siapa coba?

Rama   : Emang kerjaan mereka tuh marah-marah ya?

Gue     : Bukan marah-marah lagi Ram. Waktu kumpul, ya semacam ospek organisasi gitu, mereka pasti bakal marah-marah. Kita datang ke lapangan di tatap wajah garang mereka. Apa maksud coba? Emang salah kita apa sampe mereka natap kita kaya gitu.

Rama   : Itu kan cuma acting, anggap santai aja lagi.

Gue     : Iya tapi tetep aja ga suka. Lo tau mereka bilang, masuk organisasi tuh hiburan banget buat kita. HHH, tiap kumpul dapet tatapan kayak gitu dibilang penghibur? Dibilang hiburan? Mikir dong, siapa yang terhibur dan siapa juga yang jadi penghibur.

Rama   : Seengganya lo jadi penghibur.

Gue     : Buat mereka? NO WAY

Rama   : kenapa sih lo benci banget sama organisasi lo?

Gue     : Lo, tau? Organisasi suruh kumpul, gue ikut kumpul, mereka pengen gue bayar, gue bayar langsung tanpa ditagih, senior pengen disapa, gue sapa. Gue lakuin apa yang dipengenin organisasi. Justru sekarang gue pengen tanya, apa yang organisasi lakukan buat  gue? Apa mereka tau apa keinginan gue? Ga kan. Mereka egois, mereka mentingin diri mereka sendiri. Gue selalu nyenengin mereka, tapi mereka? Bukan  gue ngarep balas jasa dari mereka, tapi please gue cuma butuh satu. Gue pengen mereka membiarkan gue buat ngelakuin sesuka gue, karena gue tau apa yang terbaik buat gue. Tau apa sih mereka tentang gue. Gue tuh ga penting, yang ada gue harus hapal dan tau tentang mereka. Mereka selalu bilang kita keluaga, lo punya kaka kan? Apa harus lo tau tentang kaka lo duluan? Yang ada kaka lo yang duluan tau tentang lo, karena dia lahir lebih dulu dari lo.

Rama   : Yaudah, ga ada salahnya kan lo kenalin mereka duluan, dengan begitu mungkin aja mereka jadi kenal lo.

Gue     : Mungkin. Tapi kalo kenalannya kepaksa gitu sih males guanya juga. Gue ga pernah maksa mereka jadi temen gue, dan gue juga ga mau berteman dengan mereka karena syarat.

Rama   : Jadi harapan lo buat organisasi lo apa? Lo pengen apa?

Gue     : Gue pengen mereka ngebebasin gue buat ngelakuin apapun. Kalo emang ga bisa, gue Cuma minta satu aja. Please biarin gue buat beli novel. Jangan ganggu keuangan gue dengan bayar danus atau nombok gitu, kalo pun iya, please, sebulan jangan lebih dari lima puluh ribu. Gue rasa, dengan uang 50ribu kita udah berkontribusi banget sama mereka. Lo bayangin ya, organisai ga kerja bisa dapet duit 50ribu sebulan, tau gitu mending gue jadi organisasi aja enak.

Rama   : Kenapa lo pengen banget sih beli novel tiap bulan?

Gue     : Lo tau? Novel itu segalanya buat gue, disana gue bisa dapet apa yang gue mau walaupun Cuma khayalan, tapi disana gue bisa dapet dan temuin kebahagiaan gue. Dengan duit 50ribu gue bisa dapet semuanya, sedangkan gue bayar ke organisasi, apa yang bisa gue dapetin? Tau aoa mereka tentang kebahagiaan gue? Yang ada organisasi malah minta lebih, bukannya bersyukur. Mereke  mikirin apa sih tentang kebahagiaan gue? Bahkan gue rasa mereka ga pernah mentingn kebahagiaan gue.

Rama   : Hmm, lo bisa ngambil sisi positifnya, lo keren, lo udah bisa bahagian mereka, jarang ada orang yang bisa ngasih kebahagiaan buat orang lain.

Tuesday 20 November 2012

Kesabaran

Gue      : Makin hari gue makin enegh sama organisasi Ram.

Rama   : Kenapa?

Gue     : Gue ini jurusan akun bukan manajemen pemasaran atau administrasi niaga, ngapain sih gue mesti jualan?

Rama   : ya, mungkin organisasi lo pengen lo belajar usaha kecil-kecilan

Gue     : Selebay itukah? Ram, lo tau ga sih, senior selalu bilang bahkan terkesan menjanjikan kalo organisasi ini buat lo happy, bisa buat lo keluar dari kejenuhan lo belajar, nyatanya? Tiap hari  organisasi tuh bikin kita stress. Lo tau? Gue jadi sering ngelamun semenjak ikut organisasi, ngelamun besok gue mesti nombokin apa lagi? Besok gue mesti beli apa lagi? Lo tau? Gue lebih milih jenuh belajar dari pada ikut organisasi.

Rama   : Terus kenapa lo mesti bertahan di organisasi lo?

Gue     : Ram, kalo gue orang pinter, gue udah keluar dari organisasi, gue ga butuh mereka. Masalahnya, gue orang biasa. Buat dapet nilai A aja susah, terus kalo gue ga ikut organisasi nilai yang keluar makin susah. Gue juga ga ngerti sih Ram, tapi menurut kabar yang beredar, organisasi ini bisa bikin nilai kuliah lo sulit keluar. Itu kan namanya pemaksaan Ram. Itu udah ngelanggar hak asasi.

Rama   : Kenapa lo ga protes aja?

Gue     : Ya, andai gue punya nyali buat itu.  Gue pasti bakal lakuin itu dari dulu.

Rama   : Temen lo?

Gue     : ya, temen gue juga ada yang protes juga, tapi lo tau apa tanggapan dari mereka? Mereka Cuma bilang kalo dulu juga mereka ngerasain apa yang kita rasain dan suatu saat nanti kita juga bakal ngerasain gimana ada di posisi mereka.

Rama   : Iya, itu bener, lo mesti sabar aja buat nunggu itu. Semua ada tahapannya.

Gue     : Terus kalo mereka pernah ngalamin posisi kita, kita juga mesti ngalamin hal yang serupa dengan mereka? Apa esensi semuanya? Apa dengan kaya gini buat mereka lebih baik? Mereka bilang kalo mereka sayang sama kita. Harusnya, kalo mereka sayang sama kita, mereka ga akan ngebuat kita kayak gini, mereka ga akan mempersulit kita. Dan sekarang mereka juga terkesan maksa nyuruh kita ikutin yang pernah mereka alami, padahal kita ga pernah liat kebaikan dari kegiatan itu di diri mereka. Kalo udah kaya gitu, itu namanya bukan sayang, tapi bales dendam.

Rama   : Udah, yang penting lo dapet pelajaran dari semuanya va. Ya, mungkin bener apa yang dikatain lo tentang tujuan mereka ngelakuin ini semua tuh bales dendam apa mereka bener-bener sayang. Tapi, coba lo jangan liat dari tujuan mereka itu apa, tapi lo pelajarin satu-satu dari setiap langkah yang lo jalani.

Gue     : ga ada pelajaran yang bisa gue ambil selain kesabaran gue nyikapin mereka Ram, gue udah terlanjur benci sama organisasi gue. Lo tau? Gue bisa aja nyebutin sama semua orang, sebenarnya apa sih organisasi yang gue ikutin? Tapi gue inget, dengan gue cerita sama lo tentang organisasi itu, secara tidak langsung gue udah ngejelekin organisasi yang gue ikutin. Gue masih hargain perkataan mereka kalo kita mesti jaga omongan tentang organisasi ini, kita mesti kontrol diri, kalo mau share atau nyeritain organisasi kita, ya usahain posting yang bagusnya aja. Makannya gue ga pernah sebutin nama organisasi ini kalo gue lagi sama lo di tempat terbuka dan umum kaya gini, gue sangat menjaga nama baik organisasi gue, dan ngenesnya apa yang gue dapetin? Gue ga pernah dapet pengahargaan dari organisasi itu. Mereka pengen dijaga, tapi apa mereka juga ngejaga perasaan gue? Saat gue udah nyerah sama semuanya, apa  yang bisa mereka lakukan, mereka Cuma bilang kita juga pernah ngalamin apa yang lo rasain. Jawaban yang menurut gue kurang bermutu, bukan buat gue tambah semangat atau termotivasi, tapi bikin gue males buat ngelakuin itu karena gue aja ga pernah liat kebaikan dari diri mereka berkat apa yang mereka lakuin di organisasi.

Rama   : Gue paham masalah lo. Tapi sekarang anggap ini adalah ujian va. Ujian buat lo. Dan lo mesti lulus dari ini semua. Saat lo udah lolos dari semuanya, lo harus bisa nyandang predikat sebagai orang sabar. Tunjukin sama semua orang terutama yang nantinya bakal jadi junior lo, lo harus tunjukin sama mereka, dengan junior lo ikut acara ini, junior lo bisa dapet pelajaran kesabaran, dan hasilnya kaya lo.