Tuesday 20 November 2012

Kesabaran

Gue      : Makin hari gue makin enegh sama organisasi Ram.

Rama   : Kenapa?

Gue     : Gue ini jurusan akun bukan manajemen pemasaran atau administrasi niaga, ngapain sih gue mesti jualan?

Rama   : ya, mungkin organisasi lo pengen lo belajar usaha kecil-kecilan

Gue     : Selebay itukah? Ram, lo tau ga sih, senior selalu bilang bahkan terkesan menjanjikan kalo organisasi ini buat lo happy, bisa buat lo keluar dari kejenuhan lo belajar, nyatanya? Tiap hari  organisasi tuh bikin kita stress. Lo tau? Gue jadi sering ngelamun semenjak ikut organisasi, ngelamun besok gue mesti nombokin apa lagi? Besok gue mesti beli apa lagi? Lo tau? Gue lebih milih jenuh belajar dari pada ikut organisasi.

Rama   : Terus kenapa lo mesti bertahan di organisasi lo?

Gue     : Ram, kalo gue orang pinter, gue udah keluar dari organisasi, gue ga butuh mereka. Masalahnya, gue orang biasa. Buat dapet nilai A aja susah, terus kalo gue ga ikut organisasi nilai yang keluar makin susah. Gue juga ga ngerti sih Ram, tapi menurut kabar yang beredar, organisasi ini bisa bikin nilai kuliah lo sulit keluar. Itu kan namanya pemaksaan Ram. Itu udah ngelanggar hak asasi.

Rama   : Kenapa lo ga protes aja?

Gue     : Ya, andai gue punya nyali buat itu.  Gue pasti bakal lakuin itu dari dulu.

Rama   : Temen lo?

Gue     : ya, temen gue juga ada yang protes juga, tapi lo tau apa tanggapan dari mereka? Mereka Cuma bilang kalo dulu juga mereka ngerasain apa yang kita rasain dan suatu saat nanti kita juga bakal ngerasain gimana ada di posisi mereka.

Rama   : Iya, itu bener, lo mesti sabar aja buat nunggu itu. Semua ada tahapannya.

Gue     : Terus kalo mereka pernah ngalamin posisi kita, kita juga mesti ngalamin hal yang serupa dengan mereka? Apa esensi semuanya? Apa dengan kaya gini buat mereka lebih baik? Mereka bilang kalo mereka sayang sama kita. Harusnya, kalo mereka sayang sama kita, mereka ga akan ngebuat kita kayak gini, mereka ga akan mempersulit kita. Dan sekarang mereka juga terkesan maksa nyuruh kita ikutin yang pernah mereka alami, padahal kita ga pernah liat kebaikan dari kegiatan itu di diri mereka. Kalo udah kaya gitu, itu namanya bukan sayang, tapi bales dendam.

Rama   : Udah, yang penting lo dapet pelajaran dari semuanya va. Ya, mungkin bener apa yang dikatain lo tentang tujuan mereka ngelakuin ini semua tuh bales dendam apa mereka bener-bener sayang. Tapi, coba lo jangan liat dari tujuan mereka itu apa, tapi lo pelajarin satu-satu dari setiap langkah yang lo jalani.

Gue     : ga ada pelajaran yang bisa gue ambil selain kesabaran gue nyikapin mereka Ram, gue udah terlanjur benci sama organisasi gue. Lo tau? Gue bisa aja nyebutin sama semua orang, sebenarnya apa sih organisasi yang gue ikutin? Tapi gue inget, dengan gue cerita sama lo tentang organisasi itu, secara tidak langsung gue udah ngejelekin organisasi yang gue ikutin. Gue masih hargain perkataan mereka kalo kita mesti jaga omongan tentang organisasi ini, kita mesti kontrol diri, kalo mau share atau nyeritain organisasi kita, ya usahain posting yang bagusnya aja. Makannya gue ga pernah sebutin nama organisasi ini kalo gue lagi sama lo di tempat terbuka dan umum kaya gini, gue sangat menjaga nama baik organisasi gue, dan ngenesnya apa yang gue dapetin? Gue ga pernah dapet pengahargaan dari organisasi itu. Mereka pengen dijaga, tapi apa mereka juga ngejaga perasaan gue? Saat gue udah nyerah sama semuanya, apa  yang bisa mereka lakukan, mereka Cuma bilang kita juga pernah ngalamin apa yang lo rasain. Jawaban yang menurut gue kurang bermutu, bukan buat gue tambah semangat atau termotivasi, tapi bikin gue males buat ngelakuin itu karena gue aja ga pernah liat kebaikan dari diri mereka berkat apa yang mereka lakuin di organisasi.

Rama   : Gue paham masalah lo. Tapi sekarang anggap ini adalah ujian va. Ujian buat lo. Dan lo mesti lulus dari ini semua. Saat lo udah lolos dari semuanya, lo harus bisa nyandang predikat sebagai orang sabar. Tunjukin sama semua orang terutama yang nantinya bakal jadi junior lo, lo harus tunjukin sama mereka, dengan junior lo ikut acara ini, junior lo bisa dapet pelajaran kesabaran, dan hasilnya kaya lo.  

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥