Tuesday 14 June 2011

Kesuksesan

Pernah ga sih kamu ngerasa kamu ga punya bakat atau sesuatu yang dibanggain?

Pernah ga sih kamu ngeasa, setelah kamu menemukan apa kelebihan atau bakat kamu, kamu menjadi down lagi, dan kamu menganggap dan ngerasa itu bukan bakat, kamu akan merasa kecil karena kemampuanmu itu ga ada apa-apa?

Pernah ga sih kamu ngerasa, kenapa bakat aku tuh ga kepake, justru yang kepake tuh sesuatu yang kamu benci dan kamu selalu gagal dalam menjalankan sesuatu itu.

 

Mungkin setiap orang pernah ngerasain hal seperti itu. Ya termasuk saya sendiri yang kecewwa terhadap keadaan saya. Jujur aja ya, terkadang saya benci sama diri saya sendiri dan orang yang “mengajari saya”.

Mungkin cerita ini emang ga penting, tapi saya ingin berbagi pengalaman, kisah, dan cerita dengan kalian.

 

Ada ga sih manusia yang terlahir tanpa bakat?

 

JAWABANNYA TIDAK

 

Tuhan menciptakan manusia dengan adil, secara seimbang. Coba deh, kamu perhatiin seorang atlet. Dia mempunyai prestasi yang luar biasa, dan biasanya dia kurang di bidang lain. Kamu perhatiin orang yang badannya kurang tinggi. Mereka selalu minder akan tinggi badannya, namun lihatlah mereka, banyak mereka yang pintar, cantik, menarik, disukai oleh teman. Jadi, Tuhan maha adil dalam memeberikan bakat kepada manusia.

 

Saya selalu merasa, dalam mengembangkan bakat, potensi, kemampuan kita, banyak cobaan dan ujian yang kita hadaapi. Saya bias bicara seperti inikarena saya mengalaminya.

 

Apa sih yang kamu rasain waktu kamu denger kata REMEDIAL?

 

Sakit banget kan, rasanya guru tuh ga ngehargain usaha kita semaleman yang belajar. Kalo buat mereka yang nyontek atau kerjasama sih, nggak tau ya, apakah menyesalnya sama dengan orang yang bener-bener kerja sendiri atau ga. Yang pasti semuanya bakal ngerasa sakit denger kata itu. Apalagi ya, kalau kamu memperhatikan dan melihat kenyataan bahwa orang yang mencotek ke kamu nilainya lebih tinggi dibandingkan kamu, udah gitu orang yang sehari-harinya suka nyontek, ga pernah ngerjain PR, nilainya selalu dibawah kamu, dan ternyata dia ga remedial!

 

Itulah yang dinamakan factor keberuntungan. Dan aku bukan termasuk orang yang menang dalam factor keberuntungan. Kadang aku pengen marah, kesal, kenapa sih keberuntungan tuhga pernah dipihak di aku?

 

Ya, hal pait menurutku dan sebenarnya positif adalah aku harus mengakui bahwa Tuhan tuh sayang sama aku. Tuhan ngasih peringatan + pembelajaran dari peristiwa ini. Dan yang aku dapet pembelajarannya adalah jangan pernah mengharapkan keberuntungan karena dibalik keputus-asaan ada sesuatu yang lebih baik dibandingkan keberuntungan itu.

Aku suka sakit kalo ngedenger kata SUKSES, hhhh… apa itu sukses? Apa harus begini untuk mendapatkan kesuksesan? Apa yang bisa ngejamin kesuksesan itu? Itu pertanyaan yang ada di benak aku. Aku ga mau aku kaya gini, susah-susahan tapi hasilnya nol. Aku ga sukses ya walaupun ga sukses-sukses banget aku bisa lah ngerasa senang. Hhh… kayanya pernyataan aku ini berlaku untuk semuanya deh, mana ada orang yang mau jerih payahnya itu ga membuahkan apa-apa.

 

Jadi inget saat November 2010 lalu, saat aku dinasehatin dan diomongin oleh orangtua aku, kalo aku itu terlalu sibuk buat mikirin tugas dang a ada waktu buat ngapalin. Dan yang buat aku nangis waktu aku dibilangin “MAU JADI APA KAMU?”

Hh.. aku mikir apa aku ga bisa bahagiain orangtua aku? Saat itu aku punya keyakinan, bahwa kesuksesan itu tidak dinilai dari nilai, tetapi dari usaha untuk mendapatkan nilai itu, kesuksesan tidak diukur dari sebuah nama, melainkan bagaimana cara membesarkan sebuah nama. Aku selalu ngerjain tugas kelompok, dan biasanya SENDIRI, ya yang peduli hanya sedikit, tapi itu kalo kelompoknya dibagi sama guru (keseringan dibagi sama guru sih). Dan aku yakin, aku yang ngerjain tugas kelompok itu untungnya ke aku juga, aku jadi berpengalaman dalam mengedit, aku memahami materi. Ya, tapi setelah dirasakan, itu Cuma guna buat wawasan aku doang yang jarang dipake di sekolah jadi tak heran kalo kata “REMEDIAL” begitu familiar dalam hidup aku.

 

Kadang aku selalu nyalahin dengan sekolahku, dan keinginan orangtuaku yang menyekolahkan ku disana. Tapi saat berhadapan dengan orangtua, kata “Udah resiko aku kalo aku sekolah disana!”. Kata-kata itu ga bisa aku keluar. Kata-kata itu selalu terbungkam dalam mulutku. Apalagi saat diatanya “MAU JADI APA KAMU?” Rasanya aku kehilangan kepercayaan dari orangtua. Aku nangis sambil chat. Lalu sang motivatorku mengobrol denganku

 

E : Aku bosen kayak gini terus. Selalu aja aku yang ngerjain tugas, dan aku serasa nyelametin orang aja. Tapi bagian aku butuh, mereka tuh serasa ga mau bantuin aku. Ditambah yang aku ga terima mereka nilainya lebih gede dari aku. Jadi ga heran kalo aku remedial terus. Sakitnya kalo nilai tugas bagus, tu tugas dianggap milik “kita” yang udah jelas-jelas aku yang ngerjain.

A : Sabar ya…

E : Sabar-sabar. Al, aku tuh lagi diomongin ama orang tua. DINASEHATIN. Ampe nangis!!

A : Kenapa?

E : Abis mereka nanya, mau jadi apa aku nanti, mikirin tugas orang mulu?

 A : Denger ya, orang sukses tuh ga bisa diukur dan diprediksi dari nilai yang mereka dapetin sekarang bagus. Justru, rata-rata dari usaha mereka yang kaya kamu itu.

E : Tapi aku cape kayak gini terus. Ditmabah mama papa aku ngomong tentang ini lagi.

A : Hey yang nantinya sukses tuh kamu juga. Yang ngerasain ya kamu juga, bukan buat orang lain, bukan buat aku. Tapi kamu sendiri yang bakal bangga sama usaha kamu itu. Udah jangan nangis mulu. Aku paling ga bisa liat cewek nangis

 

Hmm…

Sulit diterima, tapi emang bener. Hhh,,,, mungkin untuk mnerepakna prinsip seperti itu, kita harus yakin dahulu. Jangan pernah takut kalo kita ga akan sukses! Hhh… tapi atuda kalo gini aja, yang ada buat down mulu.

 

MAU JADI APA?

 

Ya, mau sebenernya mau jadi apa sih?

Kalian tau aku ini masuk program IPA tapi aku juga remed semua program IPA nya, hanya biologi yang selamat.

 

Matematika….

Jujur aku sedih kalo aku masuk remedial tingkat berat. Perasaan waktu semester 1 nilai aku lebih parah dari kleas 2, tapi aku masih lulus lulus aja tuh! Di kelas 1 aku ga remed 1 kali, tapi yang lainnya nilai aku ancur, 55 kebawah. Nah di kelas 2 aku 2 kali ga remedial dan yang lainnya kurang diki, 60 keatas lah. Dan aku UAS nya bisa!!!!! Tapi begitu tau aku masuk kelas remedial tingkat berat aku down banget dang a percaya juga. Kalaupun aku remedial, ya aku terima juga sih, asal tingkat yag ga berat banget.

 

“Kalian itu jangan pengen praktis aja. Di kuliah, di kerja justru mendalami kenapa ini bisa begini, bukan praktis langsung jawab oh ini pake yang ini”

 

Hhhh…, aku malah benci sama perkataan itu. Ya, yang ngomongnya ma mungkin maksudnya baik, tapi lihat kenyataan!!! Mungkin semua mikir “Da kita ma SEKOLAH, SMA bukan KULIAH, bukan juga KERJA”

 

Kimia….

Aku sedih juga. Ah, aku emang selalu sedih kalo kimia. Aku sama Salma yang selalu bawa barang kalo praktek. Aku yang selalu ngerjain laporan. Dan Salma yang suka ngeprint. Aku sama Salma yang suka susah payah kerja pas praktek dan aku juga yang selalu REMEDIAL….

Hh… apa perlu aku mohon-mohon dan mengungkap semuanya.

“BU!!! SAYA GA PERNAH NYONTEK, SELALU NGERJAIN TUGAS, TUGAS KELOMPOM SEKALIPUN! APA IBU GA NGASIH KERINGANAN BUAT SAYA???”

Apa perlu saya seperti itu? Sayangnya saya seperti itu dalam hati saya.

Di semester 2 ini saya senang dengan kehadiran PPL. Dan aku juga ngerti sama kimia. Dan ulangannya juga Alhamdulillah aku bisa ngerjain, diatmabh +++nya dari nilai tugas baik Latihan atau Paper gitu dan Alhamdulillah juga mendapat nilai A. Aku berharap, kalo aku ga remedial, aku berharap nilai aku bisa ditutupin sama tugas +++ nilai ulangan waktu materinya diajarin PPL.

Tapi, ini adalah sebuah kenyataan!!!!

Selasa, 14 Juni 2011 di pagi hari

Aku melihat nama ku tertanda di kolom remedial. Yang membuat aku sakit, dan down banget. Padahal selama sama PPL aku ngerti dan bisa ngerjain soalnya. Ditambah aku nyesel dan ngerasa lagi-lagi aku nyelametin dan hanya memperbagus niali orang lain aja. Temen sekelompok aku ga  pada remed. Sudah kubayangkan nilai yang menggiurkan yang berhak mereka terima ditambah nilai TUGAS KELOMPOK YANG BIASANYA CUMA AKU SAMA SALMA YANG NGERJAIN.

 

Fisika….

Aku senang mendapat kabar fisika ga ada remedial tapi 1 kelas tes ulang karena gurunya belum mengajarkan. Aku hanya mengerti fluida yang awal-awal. Dan itulah yang diulang. Dan tadi… Pengumuman menyimpang dari pernyataan itu. REMEDIAL berlaku, jadi ga semua orang tes ulang. Dan ga usah ditanya aku juga masuk kedalam salah satunya. Aku mikir, nilai ulangan fisika pertama aku 80, lalu yang kedua 100. UAS ga usah ditanya jelek, dan pada nebak. Tapi bukannya nilai harian lebih pengaruh???? Masalahnya temen aku ada yang nilai ulangannya remedial atau pas-pas an. Tapi pas pengumuman namanya ga tertera.

 

NGERTI??

Ngertti itu ga cukup!!!

Mungkin kalo disertai nyontek atau ada kegiatan penyamaan jawaban baru cukup.

Pengen banget nangis waktu semester 1 pas remedial fisika. Temen-temen aku pada ngumpul di meja aku dan ngeliat aku ngerjain + nyalin. Mereka bilang, “Va, kamu teh bisa ngerjain kenapa kamu remedial, dan ada disini?”

 Dari cerita ketiga diatas bisa disimpulkan kan betapa geblegnya aku!!!

Selalu remed!!

Ga pernah ada keberuntungan kaya orang lain!!!!

 

Tapi aku sempet sadar, mungkin aku kurang berusaha…

Tapi aku udah belajar ampe malem. Dan herannya, semua materi yang akup pelajari waktu belajar aku ngerti dan kalo ulangan bisa ngerjain.

Aku kurang berdoa…

Tapi tiap malem aku suka ngaji, dan berdoa dapet ilmu yang barokah

 

Tuhan mau nunjukin kemampuan aku belum keluar semua, sebenarnya aku punya bakat buat bisa pelajaran itu, aku hanya kurang usaha. Layaknya setiap aku psikotes atau apapun, kemampuan berbahasa aku tinggi, dan persentasinya  diatas 50% dan anehnya itu persentasi buat nguasain bahasa (belajar bahasa asing gitu). Tapi ya, kalo kalian tau, nilai bahasa asing aku tuh selalu jelek. Ya, aku punya bakat, tapi bakat aku kurang digali. Tapi aku gatau gimana ngegalinya. Udah usaha tetep aja.

Tapi hasil yang aku peroleh selalu gagal. Aku juga suka belajar dari kegagalan aku itu. Tapi tetep aja.

 

Kata Salma, “Kita tuh harus belajar sama berusaha, kalo dapet nilai jelek berarti usahanya kurang, kalo dapet nilai jelek lagi berarti kita lagi diuji sama Allah”

Kalau kasusnya kaya aku gimana? Selalu diremed, tapi aku juga selalu berusaha supaya bisa ampe tidur malem. Itu perjuangan aku. Apa aku diuji juga? HH???/ tapi masa wee terus-terusan.

 

KESUKSESAN ITU APA???

 

Kadang aku pengen nutup telinga kalo membahas kesuksesan apa. Banyak yang bilang kalo aku lagi cerita tentang kisah aku, perjalan aku, bilang gini, “tar kamu sukses” *amiiin*

Tapi sumpahlah cape dan nyakitin banget. Aku emang egois. Aku ga mau, orang yang nyontek yang ga original, yang usahanya kurang dari aku malah lebih sukses dari aku. Ya, kalo dia sukses, aku LEBIH SUKSES baru aku terima…. Soalnya aku pengen pengorbanan itu sama hasilnya. Semakin sakit, semakin manis

2 comments:

  1. orang bilang orang yang bener2 gagal itu orang yang berenti berusaha... kayaknya bener. percaya deh, orang yang suka nyontek itu susahnya diakhir2 *ngalamin sendiri pas kemaren UKK berusaha jujur* semangat terus va!

    saya hanya lewat~

    ReplyDelete
  2. hahaha...
    Iya, mungkin itu ma cuma ketakutan aku aja. Tapi da gmimana ga takut, abis selama ini ga ada hasil. Hehehe. Ya mending pelajaran itu diberikan sekarang, dari pada aku udah kerja...
    Makasih nuyu, ttp semangat juga ya :)

    ReplyDelete

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥