Sunday 15 December 2013

#10

Halo guys, kali ini aku mau jelasin tentang mata kuliah aplikasi pemrosesan. Hampir semua materi berupa praktek sudah dilaksanakan. Dan tinggal-lah ke kerja mandiri yang buat jantung deg-deg-an, karena ini tanggung jawabnya besar banget. Satu ruangan ada 15 orang. Nah satu orang menjabat 1 bagian. Nah, 1 ruangan itu memegang 1 jabatan. Jadi, kalau 1 jabatan salah, ya merembet ke semuanya.

Oiya, mungkin bagi kalian yang kuliah di jurusan akuntansi bertanya-tanya apa itu aplikasi pemrosesan akuntansi? Ko saya nggak belajar. Mata kuliah ini hanya diberikan untuk program diploma saja, bahkan tidak semua program diploma akuntansi mendapatkan semua ini. Dan aku adalah orang yang bersyukur mendapatkan mata kuliah ini. DI sini, aku bisa jadi tau bagaimana prakter teori pengantar akuntansi 1 dan 2.
Cekidoooot >>>>

Pada dasarnya setiap perusahaan dagang memiliki 4 bagian.
1.    Bagian Pembelian
2.  Bagian Penjualan
3.  Bagian Keuangan
4.  Bagian Akuntansi

1.    Bagian Pembelian
a.   Staf Bagian Pembelian à Menyiapkan pesanan dan pembelian dan memeriksa kebenaran faktur
b.   Staf Bagian Gudang à Mengajukan permintaan pembelian
c.   Staf Bagian Penerimaan Barang à Memeriksa kualitas dan jumlah barang dari pemasok, membuat laporan penerimaan barang dan menyerahkannya ke bagian gudang dan bagian utang

2.  Bagian Penjualan
a.   Staf Bagian Penjualan à Melayani pembeli dan menyiapkan faktur
b.   Staf Bagian Pengiriman Barang à Menyiapkan barang yang dipesan, menyiapkan surat jalan
c.   Staf Bagian Bengkel (kebetulan perusahaan dagangnya, jualan kendaraan bermotor) à Melayani pelanggan,  melengkapi work order, dan menyerahkan work order kepada bagian pembuatan barang

3.  Bagian Keuangan
a.   Staf Bagian Kasir Penerimaan
b.   Staf Bagian Kasir Pengeluaran

4.  Bagian Akuntansi
a.   Staf Bagian Utang
b.   Staf Bagian Piutang
c.   Staf Bagian Persediaan
d.   Staf Bagian Jurnal dan Buku Besar


Oke, itulah posisi-posisi dalam perusahaan yang akan saya praktekan nanti tanggal 17 Desember. Saya sendiri kebagian sebagai Staf Bagian Penerimaan Barang. Oke, mungkin segitu ilmu yang bisa saya bagi. Nah, nanti kalo ada kabar terbaru, akan saya update informasinya )

No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥