Sunday 6 September 2015

Istilah dan Pengertian dalam Sistem Informasi Akuntansi

  1. Aktivitas Pengendalian adalah Kebijakan dan prosedur yang membantu menjamin bahwa arahan manajemen dilaksanakan.
  2. Akuntansi adalah Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisisa data-data keuangan untuk menyediakan informasi keuangan yang diinginkan dan diperuntukkan untuk membanu manager, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.
  3. Buku Besar adalah Kumpulan rekening-rekening yang digunakan untuk menyortisasi dan meringkas informasi yang telah dicatat dalam jurnal.
  4. Informasi adalah Data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang bermanfaat bagi pengguna dan dapat mempengaruhi pengambilan keputusan saat in iatau mendatang.
  5. Informasi dan Komunikasi adalah pengidentifikasian, pengungkapan dan pertukaran informasi yang memungkinkan setiap orang dapat melaksanakan tanggung jawab mereka.
  6. Jaringan Komunikasi adalah saluran yang digunakan untuk meneruskan pesan dari satu orang ke orang lain.
  7. Lingkungan Pengendalian adalah kondisi lingkungan organisasi yang menetapkan corak suatu organisasi dan memengaruhi kesadaran akan pengendalian.
  8. Metode SDLC (System Development Life Cycle / Siklus Pengembangan Sistem) adalah standarisasi yang diformalkan, serangkaian kegiatan yang didokumentasikan yang digunakan untuk mengelola proyek pengembangan sistem.
  9. Penentuan Risiko adalah proses yang meliputi identifikasi, analisis, dan pengendalian risiko yang dihadapi oleh manajemen yang dapat menghambat pencapaian tujuan organisasi.
  10. Pengawasan adalah kondisi dimana seluruh sistem pengendalian organisasi harus dimonitor untuk menilai mutu dari sistem pengendalian tersebut.
  11. Pengembangan sistem adalah bagian dari kerangka jaminan kualitas organisasi yang membahas pengembangan seluruh sistem informasi (tidak hanya software).
  12. Pengendalian detektif adalah pengendalian yang dilakukan untuk memberi petunjuk dimana letak terjadinya masalah.
  13. Pengendalian internal adalah suatu proses yang melibatkan struktur organisasi, metode, dan ukuran-ukuran yang dirancang untuk mencapai tujuan, efektivitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan, dan ketaatan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.
  14. Pengendalian preventif adalah pengendalian yang dilakukan untuk mencegah masalah.
  15. Sistem adalah sekumpulan elemen yag memiliki sub-sistem yang lebih kecil dan saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama
  16. Sistem basis data adalah kumpulan basis data dengan para pemakai yangmenggunakan basis data secara bersama-sama, personal-personal yang merancang dan mengelola basis data, teknik-teknik untuk merancang dan mengelola basis data, serta sistem komputer yang mendukungnya.
  17. Sistem informasi akuntansi adalah sub-sistem dan sistem informasi manajemen yang menguah data transaksi bisnis menjadi informasi akuntansi dan keuangan yang berguna dalam membuat keputusan.
  18. Sistem informasi akuntansi buku besar adalah proses interaksi yang dilakukan antara struktur organisasi, metode dan pengendalian yang menjadi pusat sistem-sistem lainnya melalui sistem informasi yang akan menjadi sumber input untuk sistem pelaporan manajemen.
  19. Sistem manajmen database adalah kumpulan file yang saling berkaitan bersama dengan program untuk pengelolanya.
Source :

  1. Hall, Sistem Informasi Akuntansi, Edisi 4 Buku 1, Jakarta, 2007
  2. Sarosa, Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta, 2009
  3. Kusrini dan Koniyo, Tuntunan Praktis Membanagun Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server, Yogyakarta, 2007
  4. Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Yogyakarta, 2007
  5. Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, 2006
  6. http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi
  7. Maretha, dkk, Akuntansi Dasar 1 Ringkasan Teori dan Soal, Semarang, 2008
  8. Purwanti dan Indah, Siklus Akuntansi, Yogyakarta, 2001
  9. Rama dan Jones, Sistem Informasi Akuntansi Edisi 18 Buku 1, Jakarta, 2008
  10. Susanto, Sistem Informasi Akuntansi, Jakarta, 2008
  11. Kristanto, Konsep dan Perancangan Database, Yogyakarta, 2007
  12. Kusrini, Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data, Yogyakarta, 2007
  13. Mulyadi, Sistem Akuntansi Edisi 3, Yogyakarta, 1993
  14. Gelinas et all, Accounting Information System 9e, United States of America, 2012
  15. Rai, Perencanaan Audit Kinerja: Survei Pendahuluan, Jakarta, 2008
  16. Gelinas, et all, Acquiring, Developing, & Implementing Accounting Information System Edition 6, United States of America, 2005


Credit : Shein Shein
Please take full credit if you wanna copy this


No comments:

Post a Comment

Comment = respect = encourage ^^
Thank you ♥♥♥♥♥